Crafting,  Mizuhiki,  Seni,  Seni Jepang,  Tradisional

[Crafting] Mizuhiki, Seni Simpul Tradisional yang Unik dari Jepang

Kalau bicara soal Jepang pasti banyak hal-hal yang sedap untuk dibahas. Ya. Kali ini aku mau ngebahas soal Mizuhiki. Penasaran apa itu Mizuhiki? Yuk… simak bareng-bareng.

Waktu melepas masa lajang kemarin *ekhm* dapat kado dari Presiden kantor pusat. Sebuah benda persegi panjang berwarna putih tulang dihiasi simpul tali yang sangat indah. Aku pikir itu souvenir untuk pajangan atau sejenisnya karena Sacho ini kalau ngasih oleh-oleh antara makanan atau souvenir. Karena penasaran nyoba dibuka deh tuh, ternyata isinya wow…. Sungguh tak terduga. *kaya mendadak nih.. hihiii* Baru deh ngeh kalau yang bersampul unik itu amplopnya orang Jepang.

Amplop dari Jepang

Mizuhiki ini sebuah seni sampul menyampul tali dekoratifyang sudah ada sejak zaman Asuka (550-710 Masehi)1 – Bukan Asoka, loh. *korban film india* Dikutif dari wikipedia,waktu zaman Asuka ini, berbarengan dengan zaman Kofun. Sehingga kedua zaman ini saling bertumpang tindih. Dalam sejarah dulu tertulis bahwa kedua zaman ini disatukan menjadi zaman Yamato – sekilas info.

Simpul Mizuhiki/ gbr : wsmizuhiki.amebaownd.com

Pada dasarnya, tali dekoratif Mizuhiki yang berbentuk benang ini terbuat dari kertas beras. Tahu kan kertas beras? Permukaannya itu kasar. Digunakan untuk kertas lukisan, kipas tangan, lampion dan lainnya. Biar kertasnya itu kuat harus sediakan juga lem dan tanah lihat. Tapi, tenang aja sekarang zaman udah maju. Benang untuk Mizuhiki tak perlu bahan tambahan yang disebutkan tadi, sudah tersedia benang/kabel elastis yang siap digunakan.

Untuk Mizuhiki sendiri bukan amplopnya, ya. Melainkan simpul talinya yang meyerupai pita atau bentuk lainnya. Mizuhiki tidak hanya digunakan sebagai penghias amplop. Pun, untuk barang-barang hadiah lainnya.

gbr : japan-mizuhiki.com

gbr : sousaku-glass.ocnk.net
Tertarik untuk membuat Mizuhiki? Aku pengin banget nih bikin amplop pernikahan seperti Jepang punya. Bikin terobosan baru di Indonesia biar gak bosen amplopnya itu mulu. Kalau beli produk Jepangnya langsung mahal tahu. Jangan salah harganya lumayan nguras kantong hanya untuk selembar amplop. *otak marketing*

Oh.. iya aku juga baru sadar kalau di note book ada jenis-jenis Mizuhiki untuk amplop. Otak aku emang rada-rada lola setelah satu tahun setengah baru ngeh. *efek lihat sepintas* Nah, loh ada yang mau bantu nerjemahin? Mizuhiki untuk amplop pernikahan, menjenguk orang sakit, kematian itu beda-beda loh. Akan ada pembahasan detailnya – coming soon.



Terima Kasih Sudah Berkunjung

_________________________________

1. Sumber : http://japanesestation.com/

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *