Bali,  Nusa Penida,  Traveling

Satu Jejak yang Tertinggal itu, Memanggilku untuk Kembali ke Bali

Aku pertama kali ke Bali itu Januari 2016. Di mana aku meninggalkan satu jejak yang telah membuat diri sendiri malu di depan para turis asing karena terpeleset. Ya, jejak itu adalah pantatku. Hohooo… Bolehlah baca postingannya di sini.

Karena keindahan Bali yang tak pernah lepas lalu-lalang dari ingatan, jejak si pantat itu rasanya memanggil untuk menengoknya. *tsah*. Ke Bali waktu itu juga karena mengejar waktu, hanya bisa mengunjungi Bedugul, Tanah Lot dan Pasar Ubud. Padahal banyak banget yang pengin aku kunjungi di Bali. Salah satunya adalah explore Nusa Penida yang digadang-gadang sebagai pulau yang unik dan eksotis. Nusa Penida sendiri merupakan kepulauan kecil yang di dalamnya terdapat pulau Nusa Gede, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Dan ini dia beberapa tempat eksotis yang pengin aku nikmati di Nusa Penida.

  1. Pantai
Bali memang terkenal dengan pantai-pantainya yang Indah. Terutama nih di Nusa Penida, ada beberapa pantai yang bikin hati meleleh kaya lihat kamu. *ekhm*.

ü  Crystal Bay Beach

sumber gambar www.balifunky.com
Salah satu pantai yang populer dikalangan wisatawan. Diapit oleh dua tanjung yang tidak begitu besar. Di sini wisatawan dimanjakan dengan sunset-nya. Terutama nih bisa snorkeling, diving, swimming dan berjemur santai. Hal pertama yang akan aku lakukan di sini yaitu snorkeling. Alsannya simple karena aku belum pernah snorkelingsama sekali. Diving juga belum pernah ding, karena perjalanan ngebolangku lebih banyak dihabiskan di dalam hutan. Kalau berenang mah sering di sungai. Berjemur apalagi, di tengah sawah yang panasnya gak beda jauh dengan saat di pantai. So, habis asyik snorkeling, diving, lanjut berjemur deh biar tambah item. Sorenya sambil menikmati coklat hangat menyaksikan sunset kedua di Bali. Sunset pertamaku yang aku lihat di Bali adalah saat menginjakan kaki di Tanah Lot.

ü  Angel’s Billabong

sumber gambar www.gonusapenida.com

Pada tahu kan arti dari nama di atas? Yups… Ujung dari sebuah sungai yang buntu. Eits, tenang aja kok cintaku buat kamu mah gak akan pernah buntu. *ea*. Btw,sudah pernah mengunjungi ujung sungai? Aku si belum, pernahnya ke Hulu sungai doang. Makanya Angel’s Billabong yang disebut-sebut sebagai bidadarinya Nusa Penida ini menjadi salah satu list yang wajib dikunjungi. Air tawar menjadi air asin. Wuihh… sensanyi pasti alahay banget ini. Di sini juga boleh berenang loh. Yes, berenang lagi.

ü  Broken Beach

sumber gambar www.balifunky.com

Broken Beach atau Pasih Uug ini menurutku sangat unik. Berjalan di atas tebing yang bolong. Yakin ini mah gak bakalan bikin ngeri, malah bikin asyik. Boleh gak ya, duduk di tengah-tengah tebing yang bawahnya bolong itu sambil menikmati pemandangan di sekelilingnya? Kalau boleh juga aku mau bawa tali Karmantel untuk repling. *hoho*

  1. Susur Goa
Dari kecil, karena memang rumahku dekat dengan beberapa goa yang eksotis, dan kebetulan di Nusa Penida juga ada. Tentu saja jadi salah satu destinasyyang bikin penasaran.

ü  Goa Giri Putri

sumber gambar www.balifunky.com

Di dalam Goa ini terdapat bangunan candi untuk pemujaan terhadap dewa Siwa. Selain itu di sini juga dapat menikmati keindahan stalagtite dan stalagmite. Aku tuh selalu kagum dengan stalagtite dan stalagmite. Dua sodara kembar yang gak bisa dipisahin. Biasanya nih di goa-goa kapur pasti akan ditemukan stalagtite yang muncul dari atas gua meruncing ke bawah karena adanya proses kalsium karbonat yang mengendap dan mineral lainnya. Nah, biasanya juga suka ada air nih yang menetes dari stalagtite, sehingga muncul lah stalagmite dari permukaan goa. Di sini aku mau puas-puasin foto stalagtite dan stalagmite-nya buat koleksi. Karena sepengetahuanku setiap goa selalu berbeda keindahan stalagtite dan stalagmitenya.

ü  Gala-Gala Underground House

sumber gambar www.gonusapenida.com

Kalau goa satu ini buatan manusia loh. Kala itu pada tahun 1961 selama 15 tahun seorang petani yang juga seorang pertapa menggali tanah yang hanya bermodalkan linggis dan kotoran sapi yang dibakar untuk mempermudah proses penggalian batu kapur. Goa tersebut dijadikan tempat tinggalnya yang akhirnya menjadi objek wisata yang menarik perhatian wisatawan. Juga menarik perhatianku. Bagaimana ya sensasinya tinggal di underground. Sirkulasi udaranya gimana ya? Pengap gak ya?

  1. Teletubbies Hills
sumber gambar www.gonusapenida.com

Seperti yang aku sebutkan di atas Bali ini kan lebih terkenal dengan pantainya, terutama di Nusa Penida yang pantai-pantainya pada eksotis. Ternyata nih di Nusa Penida juga terdapat bukit-bukit yang menyerupai bukit Teletubbies. Asyik nih setelah menjelajah pantai-paintai di Nusa Penida, mengunjungi gua dan berakhir di Teletubbies Hills sambil bernostalgia dengan Tinky-Winky, Dipsy, Laa-Laa dan Po. Terutama saat musim hujan, hijaunya rerumputan bikin adem. Gak cuma rumput tetangga loh yang lebih hijau, Nusa Penida juga jauh lebih hijau.

Nusa Penida ini memang unik dan eksotis abis ya. Apalagi tempat-tempat yang aku sebutkan di atas, udah gak sabar ingin dipijak. Seminggu gak bakalan cukup nih kayanya untuk eksplor Nusa Penida. Bakalan seru lagi kalau keliling Nusa Penida dengan mengendari mobil sendiri. Terutama aku yang pastinya liburan ke Bali bareng sama Jasmine. Mau gak mau harus sewa mobil. Lebih leluasa juga saat melancong ke sana-sininya. Gak usah hawatir juga untuk sewa mobil, karena di Bali banyak kok tempat sewa Mobil dan harganya ramah di kantong.

_____________________
Sumber tulisan :
*www.balifunky.com
*www.gonusapenida.com

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.