#KEBBloggingCollab,  3 + 1 Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan,  Kesehatan

3 + 1 Penyakit yang Sering Menyerang Di Musim Hujan dan Cara Pencegahannya


Walaupun marketing, aktifitas kerjaku lebihh banyak dilakukan sambil duduk. Ya, mau ke costumerduduk di jok mobil. Tiba di sana, duduk juga. Beda banget deh waktu masanya kuliah di mana waktuku habis digunakan berjalan, berlari dan memanjat. Semenjak kerja dan salahnya jarang olahraga juga, aku jadi sering capek. Padahal nih menjaga kesehatan itu penting. Banget. Beberapa tips tentang menjaga kesehatan untuk para karyawan sudah diulas oleh Mba Firda di sini.


Btw, bahas soal kesehatan, akhir-akhir ini Cikarang diguyur hujan. Tanah kering kembali gembur. Udara panas tidak begitu menyengat karena awan tengah kelabu di atas sana. Tapi kesehatan kita jangan sampai ikutan kelabu juga karena cuaca hujan yang kehadirannya memang selalu dinantikan. Kesehatan harus tetap dipelihara dan dijaga. Kalau sudah sakit, mana enak?

Tidak ada nikmat yang lebih nikmat selain sehat.


Di musim hujan, daya tahan tubuh rentan menurun sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit yang sering banget muncul di musim penghujan. Terutama untuk para karyawan harus benar-benar diperhatikan. Apa saja si penyakitnya?

  1. Sakit Kepala


Saat kehujanan akan rentan sekali terserang sakit kepala. Hal ini dikarenakan tubuh terlalu kaget menerima perubahan suhu secara mendadak. Saat suhu di kepala menjadi dingin, organ lainnya mengeluarkan energi besar untuk mengeluarkan suhu dingin tersebut.


Oleh karena itu saat kehujanan segerakan mandi dengan air hangat. Sebisa mungkin hindari kehujanan. Selalu sedia payung saat berpergian.

  1. Flu


Kurangnya sinar matahari membuat virus tidak mudah mati. Salah satunya adalah virus Flu Influenza menjadi lebih mudah berkembang saat musim hujan. Terutama saat berdekatan dengan yang sedang mengidap flu, penularannya bisa lebih cepat. Terutama untuk bayi dan anak-anak yang daya tahan tubuhnya tidak seperti orang dewasa.

Untuk pencegahannya, usahakan tangan tetap higienis. Terutama saat makan. Jangan menyentuh mulut dan hidung saat tangan dalam keadaan kotor. Sering makan sup hangat, agar suhu tubuh ikutan hangat. *kaya dipeluk kamu*

  1. Demam Berdarah


Penyakit satu ini harus mendapat perhatian khusus menginjak musim penghujan. kembangbiak nyamuk Aedes aegypti akan meningkat karena banyaknya genangan air yang ditimbulkan oleh hujan. Terutama saat lingkungan menjadi kotor akan memperburuk keadaan.  Karenanya, kebersihan lingkungan harus tetap dijaga. Jangan simpan benda-benda yang akan minumbulkan genangan air hujan. Jangan biarkan nyamuk Aedes aegypti bersorak ria dalam melancarkan aksinya.


Berhubung penderita penyakit ini hanya bisa dideteksi saat periksa ke dokter, oleh karena itu waspadai tanda-tanda berikut ini, bintik merah ditangan tak kunjung hilang selama tiga hari disertai demam. Jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter.

Ketiga penyakit di atas tidak boleh diabaikan begitu saja. Jangan pernah menyepelekannya. Dalam kondisi apa pun harus tetap menjaga kesehatan. Sehat itu nikmat. Selain ketiga penyakit di atas, ada satu penyakit yang tak kalah berbahayanya. Malas.

Ya. Menurut aku si penyakit yang tak kalah mematikan dari penyakit jantung adalah malas. Karena malas akan menimbulkan penyakit lainnya, bahkan penyakit jantung itu sendiri. Malas menjaga pola makan dan berolahraga tentunya akan menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Memang tak langsung terasa saat itu juga, karena mungkin membutuhkan waktu lima tahun lebih efek dari pola hidup yang sembarangan. Mengingat hal tersebut aku sendiri mau mulai untuk menjadwalkan olahraga, minimal seminggu sekali.



Di musim penghujan, cuaca dingin, membuat kita malas melakukan aktifitas. Betul gak? Pasti pengennya selimutan di kasur. Terutama kalau hujannya di pagi hari, pergi sekolah, kerja, berolahraga, pasti kurang semangat. Karena aku sering mengalaminya. Udah dandan cantik, saat mau berangkat hujan malah turun. Gimana mau semangat kerja, baru mau berangkat saja udah malas.

Duh, bahaya sekali kalau penyakit malas dipelihara. Aku makan apa kalau gak kerja? Gimana bayar kosan, uang kuliah, pulsa internet? Mending kalau semuanya ada yang nanggung si enak. Jangan sampai deh terlena sama si malas. Satu, dua, kali si wajar asal jangan keterusan. Gak asyik loh bermalas-malasan. Lama-lama malah bosan sendiri. Untuk melawan si malas ini yuk kencangkan niat lagi untuk tetap melakukan aktifitas seperti biasanya walau hujan menemani. Syukur kalau aktifitas malah nambah, asal tetap jaga kesehatan.

Berhubung kekebalan tubuh menurun di musim hujan, jangan lupa untuk tetap makan-makanan yang sehat dan bergizi, konsumsi  vitamin C dan usahakan berolahraga, minimal lari-lari kecil keliling komplek. Udara pagi di musim hujan itu segar loh.
__________________
Artikel ini sebagai tanggapan untuk post trigger Lima Cara Menjaga Kesehatan BagiKaryawan oleh Mba Firda Winandini  #KEBBloggingCollab Kelompok Dian Sastro

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.