Kuliner,  Oleh-Oleh Indonesia,  Omiyago

Icip-Icip Olahan Kepiting dan Salak Dari Balikpapan

Balikpapan salah satu kota di Kalimantan Timur ini adalah salah satu kota penghasil kepiting di Indonesia loh. Terbukti dengan berbagai jenis makanan yang berbahan dasar kepiting. Juga olahan makanan yang berbahan dasar salak. Berikut ini beberapa olahan makanan dari kepiting dan buah salak.

1. Rebon Rajungan


Untuk rebon sapi itu sudah biasa banget kan ya. Ternyata nih kepiting yang diolah menjadi rebon itu gak kalah enaknya. Rasa kepitingnya itu terasa banget. Paling enak disajikan dengan nasi hangat.

2. Peyek Kepiting


Peyek kepiting sendiri terdiri dari rasa original, pedas dan blackpaper.kebetulan nih dalam paketnya aku dapat yang spicy. Tapi gak begitu terasa si pedasnya. Malah penasaran dengan yang rasa original dan blackpapernya. Untuk tampilannya sendiri, Peyek Kepiting ini berbentuk bulat dan bertekstur. Rasa kepitingnya khas banget. Cocok di makannya dengan makanan berkuah seperti baso, soto dan lainnya.

3. Cimi-Cimi Kepiting

Sumber gbr : omiyago.com


Kalau snack yang satu ini gak beda jauh dengan dengan stik, hanya olahannya saja yang memakai bahan kepiting. Untuk rasanya memang beda. Tentunya rasa kepiting. Cemilan ini cocok banget dihidangkan saat kumpul keluarga.

4. Cake Salak Kilo Almond


Ini baru pertama kalinya aku makan cake salak. Dan rasanya enak, gak nyangkut di tenggorokan. Gak kalah enaknya deh dari bolu. Untuk rasa salaknya sendiri si tak begitu kerasa. Bisa dihidangkan buat sarapan atau cemilan. 

5. Sambel Ulek Salak

sumber gbr : omiyago.com


Inovasinya keren juga nih, salak diolah menjadi sambal. Sayangnya, belum sempat aku icip-icip sudah habis duluan. Kata mimih si sambalnya enak. Walau awalnya heran karena  ada rasa salaknya. Aku memang sempat gak bilang kalau itu sambal salak.

Selain makanan di atas, ada juga bolu yang rasanya lezat sekali.
Bolu Gulung Jenebora



Sebagai pecinta bolu, aku jatuh hati sama bolu gulung jenebora ini. Teksturnya lembut dan rasa selai naganya itu enak banget. Paduan rasanya pas. Dan bolunya dikemas dengan menarik yaitu berwarna pelangi.
Senang banget aku bisa mencicipi makanan nusantara dari Balikpapan ini. Tinggal berkunjung ke kotanya deh. *yuk, nabung!* aku memang bisa menikmati kelezatan makanan di atas karena pesan di omiyago.com yang memangg khusus menyediakan makanan khas nusantara. Aku yang belum bisa melancong sesuka hati, sangat terbantu banget nih. Referensi juga si kalau nanti berkunjung langsung ke kotanya. Gak khawatir bingung mau cari oleh-oleh apa. Yang mau icip-icip kaya aku, bisa langsung pesan di web-nya langsung – www.omiyago.com. Pelayanannya baik, pesanan selalu sampai dengan selamat.
Yuk, cintai makanan khas Indonesia!

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *