makanan-khas-kuningan
#KEBBloggingCollab,  Kuliner

Makanan Khas Kuningan Lezat! No.2 Wajib Dicoba.

Jika sebelumnya membahas tempat nongkrong seru. Kali ini kita akan bahas tentang makanan khas daerah yang enak-enak. Mengenai makanan khas daerah aku pernah menuliskan makanan khas dari Balikpapan, Medan, Bali dan Surabaya. Kali ini aku mau berbagi makanan khas dari daerahku tercinta yaitu Kuningan. Kuningan sendiri merupakan kota kecil yang masuk ke dalam profinsi Jawa Barat.

Banyak orang pasti tak asing dengan Tape Ketan Cibeureum yang dijadikan oleh-oleh saat berkunjung kota kuda ini. Tape berbahan dasar bersa ketan dan dibungkus daun jambu tersebut memiliki cita rasa manis yang dapat memanjakan mulut. Namun, masih ada beberapa makanan khas kuningan yang kelezatannya patut untuk diicip-icip loh. Bahkan masih bertahan walau zaman terus berubah, seperti kata mba Hikmah dalam tulisannya tentang “Lima Makanan Khas Bandung yang Tak Lekang oleh Waktu”. Apa saja si? Yuk, tengok.

  1. Hucap
makanan-khas-kuningan
Gambar by Muhammad Irzal Adiakurnia (Kompas)

Adalah olahan ketupat yang penyajiannya tidak beda jauh dengan ketoprak. Bedanya tidak memakai mie soun dan toge. Selain itu ciri khasnya berada di bumbu kacangnya. Rasanya beda saja dengan ketoprak walau sama-sama menggunakan bumbu kacang. Paduan rasa kacang dan pedas dari cabai menyatu seimbang. Untuk penyajiannya hanya mencampurkan ketupat dan tahu yang disiram bumbu kacang, lalu ditaburi bawang goreng. Tak ketinggalan kerupuk menambah lezatnya makanan khas Kuningan ini.

  1. Rujak Kangkung

makanan-khas-kuningan

Kangkung di rujak? Yups, di daerahku lalab-lalaban lebih enak kalau di rujak. Seperti rujak selada air, rujak kecambah, rujak genjer, dan lainnya. Maksud rujak di sini adalah lalaban disajikan dengan sambal ulek atau sambal goreng yang dicampur kelapa. Tergantung rujak apa yang akan dibuatnya. Untuk rujak kangkung disajikan dengan sambal terasi asam jawa yang diulek. Rujak kangkung hanya berkembang di daerah kecamatan cibingbin dan cibeureum. Namun yang terkenal adalah rujak kangkung cibingbin Bu Deni yang sudah memiliki cabang di beberapa daerah. Kuningan kota (Ciporang), Cirebon (depan kampus IAIN Syekh Nurjati) dan Jakarta.

Yang menjadi ciri khas rujak kangkung adalah sambal terasi asam jawa. Paduan rasa pedas dan manis asam jawa dengan aroma terasinya bikin ketagihan. Kalau mudik, rujak kangkung menjadi makanan favorite yang tidak terlewatkan untuk di santap. Dimakan bersama dengan nasi juga lezat banget. Terutama nasinya yang masih hangat. Minumnya es kelapa. Lezatnya jadi berlipat-lipat. Enak Tenan Pokonya.

Untuk pengolahan sambalnya bisa dibilang gak gampang juga gak mudah. Karena aku sendiri kalau buat kadang sukses dengan rasa yang pas, kadang gagal dengan rasa yang biasa saja. Jadi, beli emang lebih enak. Bahkan, kalau mau balik ke Jakarta, selalu beli bumbunya saja. Bisa bertahan lama kalau disimpan di kulkas. Tapi, bagaimana mau bertahan lama kalau satu hari saja sudah habis. *lol*

  1. Kasreng
makanan-khas-kuningan
Gambar by Dani Ramdhani

Masih dari daerah Luragung ada yang namanya nasi kasreng. Nasi nya ini sudah dibungkus sebesar kepalan tangan. Untuk lauknya tinggal pilih sendiri. Ada ayam goreng, toge, gorengan, rebon dan lainnya. Kasreng ini hampir sama dengan nasi kucing.

  1. Lepet
makanan-khas-kuningan
Gamabar dari www.indonesiakaya.com

Berbahan dasar beras ketan yang dicampur ragi. Dikemas dengan daun kelapa yang sudah dibentuk bulat dan memanjang. Lalu dikukus hingga matang. Makanan khas ini sudah jarang ditemukan. Biasanya dibuat saat hajatan dan acara syukuran lainnya. Rasanya yang gurih. Bisa disajikan dengan soto/bakso atau makanan berkuah lainnya.

  1. Jawadah

makanan-khas-kuningan

Jawadah adalah dodol khas dari kuningan. Pembuatannya membutuhkan waktu dan tenaga besar. Biasanya dibuat untuk acara hajatan. Jawadah muda atau yang masih basah lebih enak dibandingkan yang sudah menjadi dodol. Memiliki cita rasa manis yang dihasilkan dari gula merah.

  1. Kue Lapis

makanan-khas-kuningan

Kue dengan tekstur kenyal ini menjadi favoritku karena rasanya beda dengan kue lapis yang dijual di Cikarang. Terbuat dari tepung kanji dan dikukus dengan menggunakan tungku. Mengkukus dengan kayu bakar menjadikan kue lapis ini masak sempurna sehingga rasanya memang berbeda. Kenyal dan legitnya pas. Sayangnya kue ini disajikan saat acara hajatan saja. Karena memang sudah menjadi makanan wajib sebagai hidangan untuk yang kondangan.

  1. Golono
makanan-khas-kuningan
Gambar by @choeyseal

Golono ini makanan khas dari salah satu daerah di Kuningan yaitu Luragung. Sudah pada kenal kan ya dengan transportasi umunya? Bus Luragung. Nah, dari sanalah makanan yang terbuat dari ampas tahu yang digoreng dengan tepung tersebut. Dan paling enak disajikan saat hangat, serta disantap sebagai teman nasi.

Demikianlah makanan khas Kuningan yang kelezatannya wajib untuk dicoba. Jika berkunjung ke daerahku dan menemukan makanan seperti gambar di atas, jangan sungkan untuk mencobanya, ya. Karena rasanya aman dilidah dan kenyang di perut.

Yuk, sharing makanan khas daerah masing-masing!

________________________

Artikel ini dibuat sebagai tanggapan untuk post trigger “Lima Makanan Khas Bandung yang Tak Lekang oleh Waktu” ditulis oleh mba Hikmah Khaerunnisa #KEBBloggingCollab Kelompok Dian Sastro

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

15 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.