7 cara sederhana meningkatkan stamina saat puasa
tips

Meningkatkan Stamina Saat Puasa, Ikuti 7 Tipsnya Berikut Ini!

7 cara sederhana meningkatkan stamina di bulan ramadhan

Meningkatkan stamina saat puasa sangatlah penting. Bulan suci yang dinantikan umat muslim di seluruh dunia sudah di depan mata. Suasananya mulai terasa. Dengan munculnya iklan-iklan di tv yang identik dengan berbuka puasa. Pun, cuacanya. Adem gimana gitu ya. Lebih segar! Karena selama bulan ramadhan dilarang makan dan minum selama seharian dari imsak hingga waktunya berbuka, tentunya stamina harus dijaga. Aktifitas harus tetap lanjut dong. Terutama untuk umat muslim yang aktifitasnya padat. Kesehatan badan harus tetap fit. Semangat harus tetap berkobar. Oleh karen itu ikuti 7 tipsnya berikut ini.

  1. Makan Makanan Sehat saat Sahur dan Berbuka Puasa

Puasa seharian membuat cacing-cacing tak dapat diajak kompromi saat berbuka. Alhasil, segala makanan dilahap demi mengenyangkan perut yang keroncongan. Padahal walau seharian tak makan saat berbuka puasa harus tetap menjaga pola makan dengan makanan bergizi dan seimbang. 4 sehat 5 sempurna. Begitupun sebaliknya berlaku saat sahur. Jangan karena malas bangun pagi banget buat masak, malah makan mi instan saja. dijamin, bakalan lembek di siang harinya karena perut perih atau lapar yang tak bisa tertahankan.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesahatan tubuh. Selain dapat menghindari dehidrasi, air putih dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak agar sistem saraf di otak tetap lancar dan konsentrasi tetap terjaga. Oleh karena itu dianjurkan sekali minum air putih 8 gelas dalam satu harinya. Saat berpuasa juga mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari tetap harus dijaga dengan 2 gelas saat berbuka, sebelum tidur, bangun tidur, dan sesudah makan sahur.

  1. Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin untuk meningkatkan stamina saat puasa dapat membantu tubuh tetap segar dan bugar. Vitamin dapat ditemukan dalam banyak hal, bisa lewat obat, konsumsi buah-buahan dan lainnya.

  1. Olahraga Pagi

Siapa yang habis shalat subuh, tidur lagi? *cung-nunjuk diri sendiri*. Olahraga pagi dengan jalan santai atau kecil-kecil dapat membantu meningkatkan stamina tubuh. Yang belum terbiasa, yuk biasakan. Udara segar di pagi hari akan menambah energi tambahan untuk menjalani aktifitas seharian.

  1. Melakukan Aktifitas Hobi

Hobi dapat menjadi alternatif lainnya untuk meningkatkan ketahann tubuh di bulan ramadhan. Karena segala sesuatu yang membuat diri bahagia akan selalu menimbulkan energi positif. Yang suka baca, bisa berkunjung ke perpustakaan atau menghabiskan timbunan yang semakin menumpuk. Begitupun dengan hobi lainnya, biasanya anak-anak remaja di jam-jam ngabuburit lebih memilih untuk bergulat dengan hobinya.

  1. Berfikir Positif

Bulan puasa, di mana semuanya serba diuji. Dari menahan godaan saat lapar. Godaan untuk tidak berkata kasar. Ajang untuk meningkatkan kesabaran tingkat dewa. Berfikir positif menjadi salah satu caranya. Karena jika kepala dipenuhi dengan fikiran positif, psikologi diri akan menjadi baik. Tenang. Tidak ada rasa takut, khawatir, kesal, seperti saat berfikir negatif. Jiwa yang sehat akan menjadikan mental ikut sehat, sehingga terbentuklah stamina yang sehat pula.

  1. Bincang santai dengan orang terdekat

Lewat tengah hari biasanya kondisi tubuh mulai menurun. Rasa lelah dan lapar mulai menerjang. Saat itu, cobalah berbincang santai dengan orang terdekat, keluarga/teman. Bahas apa saja yang sekiranya menarik dan bisa membangun pikiran positif. Asal jangan bergosip ria ya, karena bagaimanapun membicarakan orang itu tidak baik. Bahkan bisa menimbulkan pikiran negatif.

Demikianlah 7 cara untuk meningkatkan stamina saat berpuasa. Menjaga stamina untuk menjalankan ibadah puasa sangatlah penting. Agar aktifitas sehari-hari tetap terjaga. Hidup bermalas-malasan itu tidaklah baik. Tidak baik untuk fisik maupun psikis.  Karena hidup terlalu berharga untuk diabaikan.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *