tahu gejrot kuningan
Kuliner,  Oleh-Oleh Indonesia

Tahu Gejrot Kuningan, Selalu Jadi Favorite!

Akhirnya dapat menikmati tahu gejrot Kuningan.

Niatnya sambil antar si aa ke Cirendang, mampir dulu ke baso idola yang ada di perempatan jogja lama. Maklumlah, memang sudah diidamkan dari dulu dan baru ada kesempatan tahun ini untuk menikmatinya. Mungkin selera atau memang tak sama. empat tahun di Cirebon, tiga setengah tahun di Cikarang belum menemukan bakso yang olahannya enak selain di Kuningan. Dari kuahnya, sampai baksonya tuh top markotop.

Sambil menunggu waktu karena bis baru ada pukul 19.00 WIB, main dulu deh di taman kota. Ceritanya lagi pacaran biar seperti orang-orang. Karena jaraknya berdekatan, dari tempat bakso ke taman kami memutuskan untuk jalan kaki. Jalanan juga mulai macet, ribet kalau harus muter. Toh aku juga rindu banget dengan bau khasnya kota Kuningan. Bau-bau kotoran kuda, tapi tak bikin mual. Malah memang seperti itulah ciri khasnya. Kuningan memang dijuluki sebagai kota kuda.

Ternyata tidak ada yang berubah dengan taman kota setelah hampir 7 tahun jarang sekali nongkrong di sana. Yang jelas terlihat berbeda adalah penjual hucap atau kupat tahu makin banyak. Karena perut baru diisi bakso idola, aku memutuskan untuk melahap tahu gejrot.

tahu gejrot kuningan

Kalau di kampungku, Cimara. Tahu gejrot itu disebutnya rujak tahu. Pokonya segala sesuatu yang menggunakan sambal ulekan pasti di sebutnya ‘rujak’. Sedangkan tahu gejrot berdasarkan asal muasalnya adalah dari kota Cirebon. So, wajar kalau di luar Cirebon seperti Cikarang, yang jualan pasti di gerobak tulisannya tahu gejrot Cirebon. Memang khas cirebon banget si, tahunya itu memiliki aroma-aroma gitu. Bagi keluargaku aroma tahunya itu agak mengganggu.

Berbeda dengan tahu gejrot Kuningan. Tahunya tidak berbau. Makanya favorite banget dengan tahu gejrot Kuningan tuh. Kalau olahan dan penyajian si tidak jauh berbeda ya. Cabai rawit dengan bawang merah di ulek, lalu masukan tahu yang sudah di potong-potong, siram deh dengan air gula merah. Langsung hap di santap. Duh mani enak pisan da. Perut kenyang, hati pun senang. *tsah*

penjual tahu gejrot

Kalau main ke Kuningan, jangan lupa ya untuk mencicipi tahu gejrotnya. Si mamang yang jualan bisa ditemukan di area Taman Kota Kuningan yang terletak di pusatnya kota. Di sana juga banyak yang jualan makanan khas Kuningan lainnya. Jadi, bisa sambil kulineran dan icip-icip. Bisa juga sewa kuda/delman untuk keliling kotanya. Yuk, mampir ke Kuningan!

 

 

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

6 Comments

  • kanianingsih

    makasih mba rekomendasinya. biasanya memang tahu gejrot khasnya cirebon ya, yg di taman kota kuningan blm nyoba soalnya kalo mudik k kuningan saya jarang jalan ke kota malah, puas2in ngobrol aja sama keluarga di kampung yg jarang ketemu

  • Hendra Suhendra

    Salam kenal dari orang Mandirancan, Kuningan. Salam satu tai kuda, eh…

    Kalo saya ke Kuningan, pasti gak pernah absen makan hucap di pasar Cilimus, depan masjid Agung Cilimus. Itu favorit dari saya kecil sampe udah punya anak… Tapi, saya udah berapa tahun gak mudik ke Kuningan, jadi kangen bau hawu.

    Mampirlah ke blog sesama orang Kuningan, hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.