tetap sehat berkendara saat mudik
#KEBBloggingCollab,  tips

TIPS! Tetap Sehat Berkendara Saat Mudik

sehat berkendara saat mudik

Tidak terasa ya, puasa sudah di pertengahan saja. Libur panjang juga sudah di depan mata. Ramainya jalanan para pemudik akan menjadi pemandangan yang menakjubkan. Jalanan akan penuh dengan kendaraan bermotor. Karenanya  harus tetap sehat berkendara saat mudik. Yes. Demi menyambut hari raya idul fitri dan bertemu sanak saudara di kampung, pastinya mudik menjadi tradisi yang sangat menyenangkan. Aman dan selamat sampai tujuan hal yang perlu diprioritaskan. Setuju! Karena beberapa tahun terakhir, walau mulai berkurang, kecelakaan di puncak arus mudik selalu saja terjadi. Siapa yang mesti disalahkan? Tidak perlu menyalahkan siapa pun loh lebih baik kembalikan saja pada diri sendiri. Apakah semuanya sudah safety? Terutama mengenai kesehatan baik pisik maupun psikis.

Berkendara selama satu jama saja pasti melelahkan, apalagi saat mudik. Belum jalanan macet, panas sang surya tak terelakan, anak-anak rewel dan permasalahan lainnya. Dengan kondisi seperti itu, jika kondisi badan kurang sehat akan menimbulkan stres dan kemungkinan besarnya akan menciptakan hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan. Tidak mau dong ya. Berangkat ke tempat rantau dengan selamat. Pulangnya juga harus dong – terkecuali jika Tuhan memang sudah berkehendak. Namun, kalau sudah dipersiapkan dengan matang, insya Allah aman dan lancar sampai tujuan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, seperti dengan berolahraga tips dari Mba Firsty. Dan berikut tips lainnya untuk tetap sehat berkendara saat mudik.

1. Istirahat yang cukup

Perkara berkendara jarak jauh dengan perjalanan yang membutuhkan waktu berjam-jam harus dengan kondisi tubuh yang benar-benar sehat. Karenanya, sebelum perjalanan mudik sebaiknya istirahat yang cukup, diusahakan untuk tidak begadang. Agar situasi apa pun dijalanan masih tetap terkontrol.

2. Makan-makanan yang sehat dan bergizi

Tubuh yang sehat memerlukan asupan gizi yang sehat juga. Pola makan saat mudik pun harus tetap diperhatikan. Agar kondisi tubuh tetap terjaga kesehatannya. Jangan banyak makan pedas, repot nanti kalau dipertengahan perjalanan, jauh dari rest area malah kebelet buang air besar.Atau malah terserang diare. Bakalan runyam nih perjalanan mudiknya. Makanlah yang 4 sehat 5 sempurna. Kandungan proteinnya harus seimbang, oke!

3. Konsumsi Air Putih

Pada tahu kan dengan the power of air putih. Manfaatnya bukan hanya penghilang haus. Melainkan baik juga untuk fungsi organ tubuh lainnya karena tubuh manusia 70% berupa cairan. Dan asupan cairan yang bagus adalah air putih yang belum terkontaminasi bahan lainnya. Sehingga mengkonsumsi air putih dapat mencegah datangnya berbagai penyakit. Tentunya dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Minimal 8 gelas dalam sehari. Manfaat lainnya bisa sebagai penetralisir. Saat berkendara mood mulai turun, ngantuk, coba konsumsi air putih biar fresh kembali.

4. Manfaatkan rest area

“Sepanjang Perjalanan, Berhentilah Jika Anda Mengantuk.”

Di jalan tol pernah ada yang lihat peringatan tersebut? Betul sekali, kalau di tengah perjalanan mulai mengantuk dan tak tertahankan sebaiknya berhenti dulu di rest area. Tidur sebentar lebih baik. Tak perlu mengejar waktu untuk sampai di kampung halaman. Santai tapi selamat.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi terapi otak dari segala kesumpekan saat jalanan macet dan teman perjalanan yang menyenangkan. Nyalakan lagu-lagu yang ceria, jangan yang bikin ngantuk ya, malah berbahaya nantinya. Btw, tips ini tidak berlaku untuk yang berkendara dengan kendaraan roda dua.

Di atas adalah tips tetap sehat berkendara saat mudik. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu safety, karena keluarga di kampung tengah menanti kedatangan teman-teman. Kalau punya tips lainnya boleh nih tulis di kolom komentar. Btw, jangan lupa bawa oleh-oleh saat balik lagi ke tempat rantaunya, alhamdulillah kalau ada yang mau ngirim ke admin tomo jikan. *tsah-ngarep*.

Selamat Mudik! Safety First!

_____________________
Artikel ini ditulis sebagai tanggapan post respon untuk trigger pos “Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya” oleh mba Firsty Ukhti Molyndi Kelompok Dian Sastro #KEBBloggingCollab

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.