liburan seru di rumah
tips,  Traveling

Liburan Seru di Rumah bersama Buah Hati, dengan 3 Aktifitas Berikut Ini!

Sebagai ibu pekerja yang full time dari senin-jumat dihabiskan mencari nafkah, weekend days menjadi hari khusus untuk si kecil. Biasanya aku lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah. Karena mager banget kalau pergi-pergian. Belum cuaca Cikarang yang super panas kalau siang hari. Membuat semakin enggan untuk beranjak kelura rumah – kecuali main di depan rumah. Toh, bahagia itu bisa dekat dengan si kecil saja terasa cukup.

Menghabiskan libur di rumah bukan melulu nonton tv seharian atau tidur seharian. Tapi, banyak hal yang bisa dilakukan bersama si kecil. Terutama, untuk anak kecil yang lagi asyik-asyiknya belajar banyak hal. Seperti Jasmine, usianya baru 14 bulan. Dia lagi senang belajar banyak hal. Tentunya harus diarahkan, karena dia suka mengikuti apa yang dilihatnya. Salah satu hal yang paling aku tidak suka adalah ngupil. Duh, gegara lihatin tetangga doyan ngupil. Gemes sendiri lihatnya. Tapi ada senangnya juga, walau belum paham yang dilakukannya baik atau tidak, daya tangkapnya bagus.

Sebagai seorang ibu, saat ada perkembangan terjadi pada buah hatinya. Senangnya itu tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Karenanya saat full time bersama Jasmine, aku selalu ajak dia bermain sesuai kondisi emosionalnya dan tentunya permainan yang bisa mengembangkan motorik, kemampuan social dan emosional, kognitif dan lainnya.

Berikut ini permainan yang sering dilakukan saat mengisi waktu liburan seru di rumah :

Permainan Tangan Sambil Bernyanyi

permainan tangan sambil bernyanyi

Aku tuh tidak begitu suka bernyanyi di depan banyak orang, termasuk keluaga karena suara yang cempreng abis. Malu dan gak pede dengan suara jelek. Namun, semenjak Jasmin hadir mengisi kebahagiaan lainnya. Dengan sendirinya tidak ada rasa malu bernyanyi bersama Jasmine di depan orang lain.

Lagu Suka Hati yang sering dinyanyikan saat pramuka menjadi pilihanku. Mengajak Jasmine untuk tepuk tangan sesuai lagunya. Dan itu berhasil membuatnya tepuk tangan mengikuti lagu. Selanjutnya adalah lagu sunda cing ciripit yang biasa dimainkan anak-anak dalam permainan kucing-kucingan. Kedua lagu tersebut paling disukai Jasmine. Terutama cing ciripit. Dia suka colek-colek tangan saat meminta menyanyikannya.

Bermain sambal bernyanyi ini akan membantu perkembangan motoriknya dengan belajar menggerakan tangannya untuk bertepuk tangan. Melatih kemampuan bicaranya dengan kosakata baru yang didengar. Kemampuan kognitifnya juga ikut berkembang karena dapat merespon intruksi yang diberikan.

Jalan Santai

Tepat di usianya yang ke 1 tahun, Jasmine bisa berjalan. Dan sekarang semakin lancar, bahkan sudah bisa lari sedikit-sedikit. Karenanya aku suka ajak Jasmine jalan-jalan depan rumah tanpa dipegangin tangannya. Kalau pun jatuh tidak masalah, biarkan anak memutuskan sendiri. Mau bangun lagi untuk jalan. Atau malah duduk mainin pasir. Hal itu membuat perkembangan motorik anak akan semakin bagus. Pokonya berani bilang iya ya, Mom – korban iklan. *tsah*

Mengajak jalan santai anak dapat berfungsi juga untuk meningkatkan perkembangan emosionalnya. Dengan bertemunya orang-orang baru yang lalu-lalang depan rumah.

Belajar Menyusun Barang

Ini baru aku kenalkan baru-baru ini. Membeli mainan yang dapat di susun menjadi bentuk rumah. Atau menjadi bentuk kendaraan seperti mobil dan kereta. Walau minat Jasmine masih kurang, karena cepat bosan dan dia lebih memilih jalan-jalan di depan rumah. Niatku semakin gentar. Perlahan, aku mengajak Jasmine untuk menyusun satu tumpuk dan seterusnya. Sekarang sudah mendingan, mau mendengarkan intruksi yang diberikan.

Dalam menyusun benda-benda mainannya, sekarang Jasmine mau membereskan sendiri bukuku yang diberantakin walau tak rapih karena asal tumpuk. Setidaknya, mulai mengerti dengan intruksi yang diberikan.

1000 hari pertama, dari masa kandungan hingga anak usia dua tahun adalah masa-masa emas pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Pada masa itu memberikan yang terbaik adalah pilihan nomor satu. Seperti Jasmine yang berusia satu tahun. Perkembangannya harus diasah agar pertumbuhan fisik dan kecerdasaannya sesuai dengan perkembangan usianya. Tidak terlambat tumbuh dan berkembang. Karenanya mengenalkan hal-hal baru adalah pilihanku saat ini.

Sebisa mungkin, walau tidak bisa tiap jam berada di sampingnya. Sebagai seorang ibu, aku ingin memberikan yang terbaik. Salah satunya menghabiskan waktu berlibur di rumah. Seperti Mba Astin Astanti dalam tulisannya Mengisi Liburan Anak di Rumah bahwa banyak hal yang bisa dilakukan di dalam rumah. Yes! Liburan seru di rumah manfaatkan barang yang ada dan lakukan aktifitas bersama si kecil.

 

____________________________

Artikel tanggapan untuk post trigger Mengisi Liburan Anak di Rumah oleh Mba Astin Astanti Kelomok Dian Sastro #KEBBloggingCollab

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.