SEHAT #AsikTanpaToxic

Hidup sehat dengan Natsbee Honey Lemon apalagi #AsikTanpaToxic harapan kita semua. Karena di era milenial ini, walau segalanya serba mudah dan praktis. Ada timbal balik lainnya yang harus diterima. Salah satunya, efek yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor.

Toxic atau racun dalam KBBI adalah :

Racun /ra-cun/ n zat atau gas yang dapat menyebabkan sakit dan parahnya kematian jika tertelan atau terhirup.

Dulu kala, berpergian dari awalnya berjalan kaki beralih ke dokar. Lalu, teknologi terus tumbuh dan berkembang sehingga hadirlah mobil/motor, salah satu moda transportasi yang kini merajalela di jalanan. Kendaraan bermotor memang lebih memudahkan. Jarak tempuh yang seharusnya 23 jam dengan berjalan kaki menjadi 2 jam saja dengan mengendarai mobil. Terbantu sekali, bukan? Sayang, kendaraan bermotor menghasilkan asap kendaraan yang tidak baik bagi lingkungan sekitar maupun makhluk hidup lainnya. Jadi bukan hal mistis kalau manusia zaman dulu usianya lebih panjang dibandingkan usia zaman now.

Yes! Hal ini dikarenakan lingkungan yang tidak sehat lagi dengan berkembangnya toxic berbahaya jika terhirup maupun tertelan. Terkadang aku iri loh sama nenekku yang usianya sudah kepala 7 lebih, namun masih kuat ke ladang untuk bertani atau bercocok tanam. Dengan beban berat di punggungnya tetap sehat dan bugar. Karena di kampung memang udaranya masih segar. Sedangkan di kota, bahaya radikal bebas memang tengah mengancam.

polusi

POLUTAN

Meningkatnya kadar karbon monoksida di udara.

lingkungan kotor

LINGKUNGAN KOTOR

Sampah yang tidak dikelola dengan baik.

gaya hdup

GAYA HIDUP

Gaya hidup tidak sehat.

Berdasarkan penjelasan dari KBBI di atas jelas bahwa dengan terhirup saja bisa menyebabkan kematian. Tidak perlu dibayangkan, mari kita amati secara seksama data kendaraan bermotor dari 1994 hingga 2016 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Jenis Kendaraan

Tahun

2012

2013

2014

2015

2016

Mobil Penumpang

10.432.259

11.484.514

12.599.038

13.480.973

14.580.666

Bis

2.273.821

2.266.309

2.398.846

2.420.917

2.486.898

Mobil Barang

5.286.061

5.615.494

6.235.136

6.611.028

7.063.433

Sepeda Motor

76.381.183

84.732.652

92.976.240

98.881.267

105.150.082

Total

94.373.324

104.118.969

114.209.260

121.394.185

129.281079

Dari data di atas ada peningkatan jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya. Sekitar 10% ada kenaikan jumlah kendaraan bermotor yang ada di Indonesia. Dan, sekarang sudah 2018. Kenaikan penggunaan kendaraan bermotor tak diragukan lagi lebih banyak dari tahun sebelumnya. Terutama, Sepeda motor sangat dominan sekali. Bahkan tanpa data pun, sepeda motor di Indonesia memang banyak jumlahnya. Wajar! Indonesia penduduknya banyak.

Dengan meningkatnya pertumbuhan kendaraan bermotor maka tingkat toxic semakin tinggi. Asap kendaraan bermotor menghasilkan karbon monoksida (CO) yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna. Untuk menyempurnakan zat berbahaya tersebut maka tumbuhanlah yang berperan mengubahnya menjadi oksigen. Karena jika kadar CO melebihi 0.0035% yang terjadi adalah global warming yang kini menjadi isu lingkungan di seluruh dunia.

Penyebabnya adalah peningkatan kendaraan bermotor tidak sebanding dengan kapasitas tumbuhan yang hidup. Perluasan lahan membuat lahan-lahan pertanian, ladang perkebunan, hutan semakin sempit. Terutama di perkotaan di mana kapasitas kendaraan lebih tinggi membuat peran tumbuhan dengan jumlah sedikit menjadi kewalahan. Untuk mencegah itu semua hal buruk, perluasan hutan kota harus lebih banyak di daerah-daerah kritis seperti perkotaan. Langkah ini semakin gencar dilakukan di daerah-daerah dengan membuka ruang hijau terbuka.

Walau begitu, tetap saja tidak cukup. Karena mati satu tumbuh seribu. Harusnya seperti itu, bukan? Satu pohon ditebang harus hidup 1000 pohon. Agar keseimbangan dapat terjadi.

Selain dari kendaraan bermotor toxic dapat ditimbulkan dari lingkungan yang tidak sehat. Seperti lingkungan kumuh karena sampah. Dari 187,2 ton/tahun sampah yang dihasilkan di Indonesia. Sekitar 24% nya belum terkelola. Sampah-sampah tersebut menjadi sarang hewan-hewan pembawa penyakit seperti tikus. Pada air seni tikus terdapat bakteri Leptospira yang apabila menyerang manusia akan menimbulkan badan pegal, demam, komplikasi ginjal, bahkan kematian. Ada juga Pes yang dihasilkan dari bakteri Yersinia pestis. Bakteri tersebut terdapat pada kutu yang bersemayam di bulu tikus. Selanjutnya penyakit yang ditimbulkan oleh strain bakteri. Bakteri ini tahan terhadap segala jenis antibiotik karenanya apabila menyerang anak kecil akan sangat berbahaya.

Dengan keadaan lingkungan yang semakin memburuk, kita harus tetap berusaha untuk hidup sehat. Di awali dari diri sendiri. Dengan menjaga lingkungan agar tetap sehat. Tidak membuang sampah sembarangan. Tidak memanaskan mobil/motor di ruangan tertutup agar CO yang keluar dapat segera diproses oleh tumbuhan. Dan, tanamlah beberapa tumbuhan di sekitar rumah untuk menjaga keasrian.

Gaya hidup tidak sehat harus segera ditinggalkan. Saatnya memulai untuk menjalankan pola hidup yang sehat agar #AsikTanpaToxic. Makan-makanan yang sehat. Berolahraga secara rutin. Dan asupan gizi lainnya seperti konsumsi madu dan lemon. Di mana kandungan dalam madu dan lemon dapat membantu melawan toxic yang masuk ke dalam tubuh kita.

CEGAH TOXIC DENGAN MADU dan lemon

Siapa yang gak tahu khasiat madu. Cairan yang menyerupai sirup ini dihasilkan oleh lebah dari hasil mengisap sari bunga. Biasanya madu hutan asli rasanya akan berbeda-beda tergantung jenis sari bunga yang dihisapnya. Kandungan alami yang terdapat dalam madu memiliki banyak manfaat sekali.

lemon

Jenis buah sitrus satu ini juga memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dari madu yaitu lemon. Lemon mengandung flavonoid sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Flavonoid memang anti oksidan yang sangat bagus untuk tubuh manusia.

Manfaat Madu

  1. Dalam madu terdapat flavonoid, vitamin E, Fenol, yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga radikal bebas yang merusak sel dapat disembuhkan dengan antioksidan tersebut.
  2. Antibakteri, sebagai salah satu obat dalam masa penyembuhan luka maupun radang.
  3. Zat kimia alami fitonutrien yang mampu menyembuhkan segala jenis penyakit. Fitonutrien memang dapat mengembalikan fungsi tubuh dengan baik.

Madu memiliki ciri khas rasa yang unik. Manisnya tidak seperti gula. Manisnya muda itu terasa segar dan kealamiannya lebih terasa. Walau gula, dihasilkan dari tumbuhan yaitu, tebu. Tapi madu memiliki kemurnian tersendiri.

Manfaat Lemon

  1.  Kandungan vitamin C bagus untuk mencegah risiko penyakit jantung. Pola makan yang tidak sehat, lingkungan yang tidak baik, membuat anak zaman now akan mudah terserang penyakit jantung.
  2. Menyembuhkan sakit tenggorokan
  3. Salah satu obat yang dapat menurunkan darah tinggi anda
  4. Yang memiliki rematik atau radang sendi, lemon salah satu obatnya karena memiliki sifa diuretik.
  5. Sakit gigi dapat disembuhkan dengan lemon.

natsbee honey lemonSelain untuk kesehatan, madu dan lemon bisa digunakan untuk kecantikan juga. Karena kandungan di dalamnya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ dalam saja. Melainkan untuk tubuh bagian luar juga dapat dirawat oleh madu dan lemon.

Seperti hal nya transportasi yang semakin memudahkan dalam beraktifitas, madu dan lemon juga mudah didapatkan. Apalagi dengan kemasan yang praktis. Bisa dikonsumsi dengan sekali teguk. Dan dapat dibawa kemana pun. Natsbee Honey Lemon. Uhuy! Kandungan antioksidan dalam minuman madu lemon ini menjadi double dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Natsbee Honey Lemon ini memiliki sensasi rasa yang segar ditenggorokan. Apalagi kalau di minumnya habis olahraga atau kerja berat yang membuat seluruh tubuh dibanjiri keringat. Termasuk saat kepala mulai semrawut. Pikiran kemana-mana. Minuman dari POKKA ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengembalikan mood. Karena saat tubuh kembali segar maka pikiran pun kembali senang dan tetap positif. Selain tubuh yang sehat, hati yang bersih pun berpengaruh terhadap kesehatan kita.

So, segalanya harus seimbang. Minuman menyegarkan yang mampu menangkal radikal bebas masuk ke tubuh telah di dapat, pola hidup sehat juga sudah dilakukan, kebaikan hati pun harus dijaga. Agar hari aktif kita tetap di mood booster.