tetap eksis ngeblog di tengah kesibukan
#KEBBloggingCollab,  tips

TETAP EKSIS NGEBLOG DI TENGAH KESIBUKAN

Tetap eksis ngeblog di tengah kesibukan tentunya menjadi harapan setiap blogger. Terutama untuk blogger yang memiliki pekerjaan utama selain ngeblog. Aku, sendiri masih terseok-seok karena harus membagi waktu antara kerja dan ngurus si Bule. Karenanya menjaga komitmen sesuai komitmen di awal seperti yang ditulis Intan dalam “Meningkatkan Produktivitas Ngeblog Meski Sibuk” hal yang wajib diingat.

Prinsip aku kalau sudah berkomitmen harus dijalankan. Walau tak sepenuhnya berjalan 100% tapi setidaknya tidak sampai down ke 50%. Ya! Jangan sampai berbulan-bulan tidak ngeblog. Sayang kalau DA dan PA anjlok di angka merah. Nurunin gampang, tapi menaikkannya itu loh harus double kerja keras. Terutama buat teman-teman yang mencari penghasilan tambahan dari ngeblog, harus menjaga dengan kesungguhan hati dan sepenuh cinta. *eyaa*

Untuk itu aku mau sharing agar tetap eksis ngeblog di tengah kesibukan. Terutama di waktu-waktu kritis.

  1. Membuat schedule postingan

Membuat jadwal postingan akan membantu kita untuk tetap update blog. Misalkan dalam satu minggu akan 2 artikel yang di publish. Lalu, tentukan juga waktu dan harinya. Untuk postingan sendiri kan bisa diatur jadwal tayangnya.

  1. Biasakan membaca sesibuk apa pun

Jadwal posting sudah dibuat, eh malah kehabisan ide. Bingung mau nulis apa? Ini sering banget aku alami. Karenanya luangkan waktu sedikit saja untuk membaca. Dengan membaca akan membantu menemukan ide-ide baru. Bisa dengan membaca buku. Blogwalking atau baca diary kenangan mantan. *tsah*

  1. Meningkatkan mood menulis

Masih berhubungan dengan poin dua. Kalau ide sudah ada tapi tida dituangkan dalam bentuk tulisan akan jadi percuma. Duh, sial! Mood nulis menghilang. padahal di kepala dari satu kata ke kata lain sedang asyik merangkai kalimat, menjadi sebuah paragraph. Tapi ya itu, nulis langsung tanggan nolak mulu. Mau ngetik di HP/Laptop juga susah gerakin jari.

Cobalah beranjak dari tempat kita berada sekarang. Pindah ke tempat yang menyegerakan. Atau lakukan aktifitas yang akan membantu untuk membangun good mood.

  1. Mengikuti Challenge/Lomba

Percayalah dengan mengikuti lomba produktivitas ngeblog akan terus meningkat dengan catatan jangan berkecil hati jika tulisan tidak lolos untuk meraih hadiah yang ditawarkan. Terus berusaha untuk membuat tulisan yang lebih baik. Selain itu, mengikuti kegiatan event menulis lainnya sangat membantu untuk tetap berbagi kisah/opini di dunia maya.

Masih banyak yang dapat dilakukan untuk tetap eksis ngeblgog di tengah kesibukan. Yang mau ngasih tambahan silahkan sharing di kolom komentar ya. Mari saling berbagi semangat baik dalam suka maupun duka. Energy of Asia. Ea.

_______________________________

Artikel ini dibuat sebagai tanggapan post trigger kelompok Dian Sastro #KEBBloggingCollab

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.