strategi komunikasi efektif marketing
Lifestyle,  Lomba,  Teknologi

STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MARKETING DENGAN HORENSO

Setiap marketing harus mengerti strategi komunikasi efektif untuk kelancaran pekerjaan.
Hal ini agar semua yang sudah direncanakan berjalan dengan baik. Menghindari resiko besar kegagalan. Dan tentunya meningkatkan kualitas kerja. Salah satunya dengan melakukan sistem HORENSO yang diterapkan di perusahaan Jepang.

HORENSO merupakan singkatan dari hokoku, renraku, dan sodan.

HORENSO pertama kali dikenalkan oleh mantan presiden keamanan Yamatana yaitu Tomiji Yamazaki dengan tujuan agar lancarnya komunikasi dalam dunia kerja. Yang saat ini menjadi sebuah budaya di lingkungan kerja perusahaan Jepang. Bahkan dibuatkan juga dalam sebuah buku dengan judul “HORENSO Ga Kaisha Wo Tsuyoku Suru”.

“Perkuat perusahaan dengan HORENSO” 

Selama hampir 4 tahun bekerja di perusahaan Jepang, HORENSO ini sangat membantu khususnya di dunia marketing yang kini sedang dijalani. Sebagai marketing harus memiliki segudang rencana untuk mencapai target. Terus belajar dari setiap hal temuan di lapangan. Karena di sanalah proses meningkatkan kemampuan seorang sales. Lalu, segala hal yang didapat dilaporkan, diinformasikan dan didiskusikan dengan atasan/rekan kerja/customer.

horenso

STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF HORENSO

Berikut ini penjelasan mengenai HORENSO yang dapat menjadi salah satu strategi komunikasi efektif untuk marketing.

HOKOKU

to report – melaporkan 

Informasi apa pun yang didapat mengenai pekerjaan harus dilaporkan. Baik itu dari perencanaan, proses hingga hasil. Karena dengan melaporkan akan menciptakan sebuah komunikasi yang baik. Mendiskusikan segala hal, yang mungkin saja ada tambahan/pengurangan. Perlu diingat juga dalam sebuah tim proses melaporkan ke atasan atau rekan kerja adalah hal yang penting karena marketing tidak bekerja sendiri.

RENRAKU

to inform – informasi 

Menyampaikan informasi tentang segala yang didapat/diketahui. Sekecil apa pun itu harus diinformasikan dalam dunia kerja. Karena sesuatu yang kecil bisa menjadi besar dan itu hukum alam yang berlaku di dunia kerja. Karenanya tidak dapat disepelekan.

Terutama bagi marketing sebagai penjual. Menyampaikan informasi tentang produk yang dijual harus sedetail mungkin. Harus memiliki keahlian public speaking yang baik. Dan bersikap profesional dalam menyampaikan kekurangan dan kelebihan produk. Karena toh marketing pasti tahu sasaran produk untuk siapa, bersikap jujur tidak akan mengurangi nilai jual. Customer tidak akan lari, justru kejujuran akan mendekatkan seorang sales dengan si calon pembelinya. Coba saja!

Aku selalu menerapkan sistem kejujuran dan hasilnya selalu melebihi target. 

Tentunya selain memiliki keahlian public speaking, dapat bersikap profesional, harus juga memiliki keahlian dalam dunia digital. Seperti mengoperasionalkan microsoft excel untuk membuat laporan penjualan, data grafik dan mengoperasionalkan software lainnya. Itu akan semakin baik dalam membuat strategi komunikasi efektif seorang marketing. Apalagi jika produk yang dijual tidak lepas dari dunia desain, harus memiliki alat elektronik penunjang yang memadai. Yang multifungsi dan dapat dioperasionalkan untuk segala hal seperti ASUS Vivobook Flip TP410.

Di tempatku kerja ada istilah “The Right Time” di mana ada beberapa hal yang datangnya itu benar-benar diwaktu yang pas. Kaya jodoh saja, walau gak dicari ya datang dengan sendirinya. Seperti ASUS Vivobook Flip TP410 ini. Di saat aku butuh laptop baru yang all in one, malah ketemu ini. Walau sebenarnya ini bukan gebrakan baru untuk ASUS meluncurkan laptop yang dapat dilipat. Namun tetap saja aku jatuh hati dengan keunggulan ASUS Vivobook Flif TP410 ini.

Keunggulan ASUS Vivobook Flip TP410

keunggulan asus vivobook flip TP410

Spesifikasi Lainnya,

ASUS Vivobook Flip TP410 ini menggunakan intel i3/i5/i7 berbeda sesuai tipe dan menggunakan NVIDIA GeForce 930MX dengan 2GB GDDR5 VRAM. Tahu dong apa artinya? Yes! Spek tersebut membuat kerja laptop tetap optimal gak khawatir prosesor berat karena banyaknya softwer yang berjalan. Sama saja seperti handphone jika software yang berjalan tidak sesuai dengan speknya pasti sering hang.

Adapun spesifikasi lainnya adalah,

  • Memori hingga 8 GB
  • Hardisk 1TB 5400RPM SATA HDD
  • Chiclet keyboard
  • Audio sonic master
  • 3 cell 42 Whrs battery
  • Card reader SD/SDHC/SDXC
  • VGA Web kamera
  • Jaringan Wi-Fi integrated 802.11 AC (2×2) & Bluetooth
  • SD Card, USB C, USB 2.0, USB 3.0, HDMI
  • dan lainnya

Gimana tidak tertarik coba ya dengan keunggulan dan spesifikasi di atas. Layar 14” cocok banget untuk persentasi. Pekerjaan jadi lebih mudah dan asyik. Ukuran yang slim dan ringan mudah di bawa ke mana saja, walau tas sudah penuh dengan barang sample tidak akan menambah beban berat berlebih. ASUS laptopku memang tidak ada duanya nih. Dari awal aku menggunakan laptop ya pilihanku selalu ASUS. Brand satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

ASUS Vivobook Flip T410 dapat digunakan dengan 4 mode. Akan sangat membantu saat aku menyampaikan informasi saat persentasi/diskusi baik dengan Sacho maupun customer. Tinggal pilih responsive table saat ingin menunjukan data/bahan persentasi secara langsung. Bobotnya juga ringan jadi tidak akan masalah sambil dipegang juga. Kalau laptop yang sekarang dipakai walau memiliki layar sama 14” namun beratnya mencapai 2kg, kurang praktis dan nyaman karena harus memakan tempat. Pegal sekali kalau dipangku.

Dan yang aku suka adalah adanya sensor sentuh yang artinya ada pen nya juga. ASUS pen dapat bekerja seperti pena biasa. Mendeteksi varian tekanan menit dari 10 g – 300g. Dapat ditahan pada posisi 45o. Memiliki stylus aktif ultra yang mampu memberikan control sangat akurat.

SODAN

to consult – konsultasi 

Dalam proses melaporkan dan menyampaikan informasi pasti akan berlanjut dengan proses konsultasi. Berdiskusi untuk memberi dan menerima masukan. Dengan konsultasi seorang marketing akan mendapat informasi penting yang belum didapat sebelumnya. Dengan ASUS Vivobook Flip TP410 akan memudahkan dalam aktifitas diskusi.

HORENSO sebetulnya satu kesatuan yang saling berhubungan, berkesinambungan, berdampingan dan memiliki timbal balik satu dengan yang lainnya. Karenanya seorang marketing harus memiliki strategi komunikasi efektif dengan menerapkan budaya HORENSO ini.

 

 

_______________________

Tulisan ini dibuat untuk ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

6 Comments

  • Salman

    Eh, menarik nih ngebahas konsep Horenso buat ngereview laptop 🙂

    Itu antara hokoku sama renraku beda2 tipis yah pengertiannya? Btw menarik konsep renraku-nya, biasanya klo di dunia marketing kan kita banggain kelebihannya, kekurangannya nggak dibahas. Jadi kesannya kita menyampaikan informasi yang benar meski padahal nggak semua informasinya kita sampaikan. Sekilas jadi inget artikelnya salah satu master blog competition yang bilang kalo beliau pernah juara karena menyebutkan kekurangan produk (dengan masukan). Hmm, mungkin bisa dicoba nih di lomba blog selanjutnya.

    PS: klo ‘Tomo’-nya TomoJikan itu artinya bisa ‘Teman’ bukan sih y?

    • Erin F

      Betul beda-beda tipis tapi tetap beda si. Hehe
      Di dunia kerja yang terbilang banyak kotornya, kejujuran tetap nomor 1.
      Benarkah? Wah, saya juga perlu coba nih. 😀

      bisa kalau kanjinya sama dan kebetulan memang kaji tomo dari kaji tomodachi yang artinya teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.