5 kesalahan saat membeli oleh-oleh
Kuliner,  tips

Apakah melakukan 5 kesalahan ini saat membeli oleh-oleh?

5 kesalahan ini sering dilakukan saat membeli oleh-oleh. Entah dari rasanya yang ternyata tidak sesuai harapan. Harga yang ternyata lebih mahal dari toko sebelah. Dan hal lainnya yang mungkin pernah dialami teman-teman.

Saat berpergian ke suatu tempat entah itu untuk traveling, urusan bisnis atau hal lainnya. Pasti oleh-oleh daerah tersebut menjadi incaran. Apalagi dapat pesanan yang mewajibkan untuk membeli oleh-oleh. Seperti untuk orang terkasih atau teman yang nitip. Yah, bukan hal tabu gelar jastip tak akan terelakan.

Kesalahan Membeli Oleh-Oleh

Tapi, perkara membeli oleh-oleh ini bukan hal yang mudah, jika masih melakukan 5 kesalahan berikut ini.

  1. Tidak Mencicipi Dulu

Biasanya untuk makanan atau minuman selalu disediakan tester. Itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Gratis ini kok. Kalaupun tidak ada, coba minta sama penjual untuk menyediakan tester. Tidak perlu dengan kuantitas yang banyak, sedikit juga dapat mewakili layak tidaknya untuk dibeli.

  1. Tidak Mengecek Tanggal Kadaluarsa

Untuk oleh-oleh makanan dan minuman, biasakan untuk cek tanggal kadaluarsanya. Ini sangat penting, loh. Rugi besar kalau beli yang sudah tak layak di konsumsi. Uang melayang, badan juga sakit. Jika tidak ada, konfirmasi saja ke penjualnya mengenai kadalauarsa produk yang dibeli.

  1. Ragu Menawar Harga

Bukan hanya saat belanja di pasar saja, saat membeli oleh-oleh juga sebaiknya tawar dulu. Barangkali penjualnya lagi baik hati mau kasih harga lebih murah. Pokonya lobi terus sampai mendapatkan harga deal. Apalagi di tempat wisata, harganya pasti lebih mahal. Ini pengalamnku yang tidak akan terlupakan, saat belanja di pasar ubud, Bali. Aku terpaksa debat sama si penjualnya karena harga yang dikasih ke rekan kerjaku yang WNA tinggi sekali. Alhasil aku jadi jubir saat tawar-menawar.

Kalau tidak pandai tawar-menawar ya, sayang uangnya. Bisa kurang seribu-duaribu kan lumayan buat bayar masuk toilet. Lol.

  1. Fokus Pada Satu Toko

Jangan pernah fokus pada satu toko saat membeli oleh-oleh. Usahakan cari referensi harga, kualitas di toko sebelah dan sebelahnya lagi.

  1. Asal Beli

Saat membeli oleh-oleh jangan asal beli dan ambil. Pokonya harus cek dan ricek dulu. Seperti yang tertulis di atas, pastikan tanggal kadaluarsa untuk produk yang akan masuk ke perut. Saat membeli pakaian, pastikan ukuran yang diterima sesuai dengan yang diingkan. Cek juga kualitasnya, barangkali ada bagian yang robek, benang banyak yang terlepas dan lainnya. Teliti adalah hal yang wajib dilakukan dalam hal apapun, termasuk saat membeli oleh-oleh.

Usahakan juga sebelum membeli cari info tentang makanan khas yang memang menjadi favorit para wisatawan. Bisa searcing di google. Menanyakan pada teman/petugas hotel/orang-orang disekiataran sana.

Gimana? 5 kesalahan di atas mudah-mudahan tidak pernah dilakukan, ya. Kalaupun pernah mari bersama-sama perbaiki. Agar oleh-oleh yang dibeli benar-benar memuaskan lahir dan batin. Kantong masih aman karena tawar-menawarnya sukses. Pesanan juga tidak salah beli karena dari segi kualitas produk sangat sesuai. Intinya jangan asal-asalan, teman-teman.

Punya informasi lain mengenai kesalahan saat membeli oleh-oleh? Silahkan sharing di kolom komentar.

_________________

Postingan ini diikutsertakan dalam one day one post Estrilook Community

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

2 Comments

  • Estelita Zainal

    Emang kalo beli oleh-oleh sering kecewa karena harganya nggak sebanding sama rasanya (untuk makanan). Yang model keripik-keripik suka dapet yang udah lama dan bau tengik. Saya suka beli oleh-oleh di toko yang rame pembeli, resikonya ya harus tahan antrinya. Toko yang rame tuh barangnya baru terus, jadi nggak pernah dapet yang udah tengik/kadaluarsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.