workshop membatik dalam acara so klin
#KEB,  tips

Keseruan Mengikuit Workshop Membatik Bersama So Klin #BrightIsYou

Keseruan Workshop Membatik Bersama So Klin

So Klin mengajak Kumpulan Emak Blogger menghadiri acara workshop membatik. Di sana diajarkan cara membatik yang baik dan benar. Pengalaman yang luar biasa senangnya. Se-luar biasa perjuanganku menuju lokasi dari Ragunan ke Grand Indonesia. lol.

Acara yang diadakan oleh So Klin ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28 – 30 September 2018 di Grand Indonesia Exhibition Hall Lantai 5. Kebetulan aku dapat undangan di hari minggunya. Itulah penyebab keterlambatanku. Karena hari libur daerah Ragunan macet. Dalam acara so Klin ini tidak hanya workshop saja, loh. Ada talkshow dan pameran produk-produk inspiratif. Berharap banget acara keren ini diadakan di Cikarang. Aku jadi bisa ajak si Bule. Karena tersedia juga tempat bermain untuk si kecil.

Proses Membatik…..

Back, ke bahasan telat tadi. Tiba di sana aku celingukan cari lokasi. Sudah telat, bingung lagi karena tidak sesuai dengan bayanganku. Dikira itu pas lift terbuka di lantai 5, jeng-jeng, ruangan Exhibition Hall. Eng-ing-eng, yang aku temukan penjual makanan semua. Eh, tahunya lokasi acara ada di pojok dekat lift satu laginya. Untunglah ada Mba Ria yang sebetulnya dari pertama masuk ke GI sudah satu lift.

Tiba di lokasi, Sudah ada teman-teman blogger lainnya yang sedang asyik bersua foto. Aku langsung ke meja register kehadiran terlebih dahulu. Oleh panitia diarahkan ke tempat workshop membatik yang tepat ada dibelakangku.  Sudah tersedia kain untuk dibatik dan peralatan membatik lainnya. Karena aku suka mega mendung, diambilah kain yang sudah ada sketsa batik khas Cirebon tersebut.

Perhatikan hal berikut ini sebelum membatik :

  1. Pasang apron untuk melindungi tetesan lilin agar tidak mengenai pakaian.
  2. Posisi tubuh menyamping ke kiri.
  3. Posisi kain bergambar yang akan dibatik harus dalam keadaan tegak.

Proses Membatik :

  1. Ambil lilin malam cair dengan canting. Perhatikan bagian bawah canting jangan sampai ada cairan lilin yang tersisa karena akan menetes ke kain mori yang akan dibatik.
  2. Arahkan canting pada bagian gambar yang akan ditutupi lilin. Bagian yang tertutup lilin saat pewarnaan tidak akan terkena warna tersebut.
  3. Lukis gambar bagian depan dan belakangnya.
  4. Jika sudah selesai langsung ke proses pewarnaan.
  5. Tahap terakhir adalah perendaman. Lama proses perendaman tergantung warna yang digunakan dan lebar/panjang kain.

Saat workshop membatik tidak tersedia alat untuk proses perendaman dan harus dibawa ke museum tekstil untuk hasil akhirnya. Karena proses perendaman memang membutuhkan waktu walau kainnya kecil.

Mengikuti workshop membatik memang sangat menyenangkan dan salah satu terapi yang menyalurkan energi positif ke seluruh organ tubuh. Rasa lelah selama perjalanan Cikarnag – Ragunan – Grand Indonesia hilang seketika. Apalagi aku cinta banget dengan batik, rasa senangnya menjadi dua kali lipat. Pun, dengan para pengunjung yang hadir di sana, sama tertariknya sepertiku untuk mencoba sensasi membatik secara langsung. Seru abis! 

Btw, pada penasaran gak si ko So Klin ngadain acara Bright Is You Pop Up Market?

Acara So Klin yang di dalamnya terdapat acara talkshow, workshop membatik dan pameran ini merupakan ajang peluncuran varian terbaru So Klin Liquid White & Bright dengan teknologi yang tidak hanya mampu membersihkan noba bandel, namun formula khusus di dalamnya dapat menjaga warna pakaian tidak pudar yaitu teknologi Optical Brightener. Produk seperti ini nih yang aku suka, karena kebanyakan pakaianku cepat pudar, terutamayang batik.

so klin white & bright

Selain itu, acara So Klin ini untuk mengapresiasi perempuan inspirasi yang mampu dan berani menunjukkan karya dan kreasinya. Bahkan apresiasi ini termasuk bagaimana seorang perempuan dapat menghargai diri sendiri? Karena seringnya kita minder dengan lingkungan sekitar yang mungkin secara status sosial lebih baik dan lebih dalam segala hal. Sejatinya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengagumi adalah hal baik jika memang menginspirasi untuk kebaikan diri sendiri. Namun jangan sampai membuat kepercayaan diri kita melemah. Oleh sebab itu, diperlukan apresiasi untuk diri sendiri dari setiap usaha, kerja keras dan semua yang ada dalam diri baik yang sudah dilakukan atau masih dalam perencanaan.

Jika kita bisa menghargai diri sendiri maka akan dengan mudah menghargai orang lain tanpa timbul iri dengki.

Seorang peneliti Internasional Resiliance Project yaitu Edith Grotberg, bahwa ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk mengenali kelebihan diri sendiri, yaitu :

edith grotberg

Yuk, lakukan langkah di atas untuk lebih mengenali diri sendiri dan saling memberi kekuatan sesama perempuan. Menyatukan perbedaan-perbedaan untuk saling menginspirasi. Bahwa dalam satu langkah besar dapat menggabungkan yin dan yang. Seperti So Klin yang memberikan inspirasi dengan varian produk terbarunya.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.