libur akhir tahun shirakawa go
#ODOP,  Traveling

Menghabiskan Libur Akhir Tahun di Jepang? Ke Shirakawa Go, saja! Kamu Akan Dimanjakan dengan Pemandangan Alamnya

Menghabiskan libur akhir tahun di Jepang adalah mimpi yang tengah direncanakan. Ada satu tempat yang harus aku kunjungi. Tempat yang membuatku memutuskan kuliah Sastra Jepang. Tempat yang menyuguhkan perpaduan antara rumah tradisional dengan alam. Tempat yang terkenal di Jepang itu sendiri hingga ke seluruh dunia, Shirakawa Go. Karenanya waktu Sacho tanya kalau ke Jepang mau ke mana, ya langsung aku jawab ingin ke salah satu Warisan Dunia UNESCO ini.

Berada di Prefektur Gifu, Shirakawa Go akan sangat indah pada saat musim fuyu. Atap rumah yang tertutup salju seperti tengah menonton film kartun. Rumah yang ada di sana merupakan rumah tua dan tradisional. Atapnya terbuat dari jerami. Sekilas mirip rumah tradisional Suku Baduy.  Oleh sebab itulah desa ini menjadi salah satu cagar budaya yang akan membuatmu betah saat menghabiskan libur akhir tahun di Jepang.

Libur Akhir Tahun di Shirakawa Go

Rumah-rumah yang dibangun oleh warga Shirakwa berkonsep Gassho-zukuri – memiliki arti tangan yang berdoa. Di mana atap rumah di desa tradisional ini berbentuk lancip. Jika diperhatikan memang seperti posisi tangan yang tengah berdoa. Desain atap yang dibuat lancip ternyata sangat berguna saat turun salju. Salju akan langsung turun ke tanah, tanpa menumpuk tebal di atap.

Arsitekturnya yang unik, saat musim salju rumah-rumah di sana semakin kentara mungilnya. Maklum saja karena Shirakawa Go merupakan salah satu tempat yang paling banyak saljunya di Jepang. Juga, terkenal sebagai hutan bersalju terbesar di dunia.

Yang membuat Shirakawa Go semakin unik adalah sebuah desa yang dikelilingi oleh gunung dan bukit-bukit. Karennaya saat musim salju pemandangan di sini akan semakin indah. Dilihat dari sudut mana pun ada keseimbangan antara alam dengan rumah-rumah yang berada di desa. Keindahan alam masih dinikmati begitu alaminya. Rumah-rumah nampak cantik di musim fuyu dan tiga musim lainnya di Jepang.

shirakawa go

Wisata di Shirakwa Go

Saat di Shirakawa Go, selain menikmati pemandangan alam, sebaiknya pergi ke sebelah utara. Di sana ada daerah yang disebut dengan Ogamachi. Ada bebrapa tempat yang tidak boleh terlewatkan:

  1. Shiroyama Viewpoint, di sini tempat yang tepat untuk melihat pemandangan desa. Untuk bisa ke sini kita harus ke sebelah utara Ogamachi terlebih dahulu, dari sana dapat berjalan kaki selama 20 menit atau dengan naik bus.
  2. Rumah Wada-ke, rumah ini milik pemimpin desa yang sangat megah dan paling besar. Jangan lupa untuk mengunjungi rumah Wada-ke, ya.
  3. Rumah Kanda-ke, rumah ini merupakan museum di Ogamachi. Terletak di tengah desa, sehingga saat kamu ke bagian atas rumah akan melihat pemandangan rumah lainnya yang mengelilingi rumah Kanda ini. Jangan terlewatkan untuk tidak ke sini.
  4. Rumah Nagase-ke, dulunya rumah ini adalah milik seorang dokter. Oleh karena itu saat berkunjung ke sini, akan menemukan banyak peralatan medis. Nagase seperti rumah sakit untuk warga setempat.
  5. Shirakaw-go no yu, di sini terdapat pemandian lokal yang tidak boleh terlewatkan juga untuk dikunjungi.
  6. Kuil Myozenji, di Shirakawa juga terdapat sebuah kuil yang bersebelahan dengan rumah penjaga kuil.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Musim Dingin di Jepang

Pada akhir tahun, di Jepang sedang musim fuyu dan suhu memang sedang dingin-dinginnya. Suhu di sana dapat mencapai -2 derajat. Tapi tidak perlu khawatir untuk menghalau suhu dingin dapat melakukan tips berikut ini :

  1. Gunakaian pakaian tebal yang akan membuat tubuh tetap hangat seperti jaket khusus musim dingin.
  2. Sarung tangan,
  3.  Kaos kaki dan sepatu musim dingin.
  4.  Penutup kepala seperti kerudung atau topi rajut.
  5. Celana polar agar kaki juga tetap dingin. Karena ilmu yang aku dapat dari anak-anak mapala adalah bagian telapak kaki, tangan, dan kepala paling retan merasakan dinginnya suhu.
  6. Heat Charger, ini akan membantu tetap hangat di cuaca dingin selama beberapa jam, ada produk yang dapat bertahan hingga 10 jam. Bisa dimasukan ke saku jaket atau disimpan di dalam sepatu.
  7. Syal
  8. Obat-obatan pribadi. Ini wajib ya, jangan sampai lupa. Karena lebih baik sedia paying sebelum hujan.

Perlengkapan musim dingin di atas jangan lupa untuk disediakan dan digunakan, ya. Agar liburan tetap nyaman walau diterjang suhu sedingin apapun.

Btw, buatku, Shirakawa-Go salah satu destinasi terbaik untuk menghabiskan libur akhir tahun di Jepang. Kalau kamu, ada rekomendasi tempat lainnya untuk liburan akhir tahun?

 

_____________________

Sumber : fun-japan.jp

Postingan Ini Diikutsertakan Dalam One Day One Post Bersama Estrilook Community

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

65 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.