wisata industri
#ODOP,  Traveling

Wisata Industri Cikarang, Mengenal Lebih Dekat Proses Produksi 

Cikarang memang minim wisata alam, karenanya pemerintah Kabupaten Bekasi menekankan pada wisata Industri. Tidak kalah seru dan asyiknya dibanding wisata alam. Mengunjungi pabrik-pabrik industri di Cikarang akan membuat kita lebih mengenal proses produksi produk yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari.

Aku saja baru paham tentang pembuatan mobil semenjak menjadi marketing di tempat kerja sekarang. Harap dimaklum aku memang dari pelosok negeri. Rumah tepat banget di kaki gunung, susah kendaraan umum, yang bahkan kota tercintaku sedikit orang yang tahu. Jadi, tentang kehidupan di kota benar-benar “nol”.

Industri di Indonesia

pabrik

Semenjak SMA sering berpikir tentang pekerjaan orang kotaKalau Petani dapat uang dari hasil menjual panen. Produknya nyata ada. Orang-orang di kota yang kerja di gedung-gedung tinggi kok gajinya pada gede, mereka kerjanya ngapain? Kan tidak ada produksi? 

Jawaban itu aku dapat semenjak kerja. Jadi paham mereka yang kerja di gedung berlantai banyak tidak membutuhkan tempat produksi. Karena menghasilkan uang, banyak caranya. Dengan menjual produk jadi, menjual ide, menjual jasa. Workshop penjualan dan plan produksi memang berbeda. Tidak serta merta di tempat yang sama. Selain itu, menjadi paham bagaimana mobil bisa semegah itu. Di mana prosesnya memang panjang sekali.

Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi dan meker automotive lainnya tidak dapat berdiri sendiri membuat satu buah kendaraan. Karena kalau dilakukan sendiri waktunya tidak cukup. Membuat satu mobil saja bisa makan waktu lebih dari setahun, tuh. Oleh karena itu perusahaan lainnya datang mendukung.

Perusahaan A membuat bumper. Di B membuat head lamp. Sedangkan si C membuat kunci. Dan masih banyak perusahaan lainnya di bidang yang berbeda. Entah itu manufakturing injection plastic, rubber, stamping, die casting, press. Inilah kenapa banyak sekali perusahaan di Indonesia, khususnya Cikarang, Karawang, Bekasi, Cikampek, Tangerang. Itu pun belum ditambah manufakturing produk elektronik, makanan dan minuman, kesehatan, obat-obatan dan garmen.

Banyak banget, loh. Cikarang salah satu kota industri yang mencakup bidang tersebut. Manufakturing yang bergerak di bidang injection plastik di Cikarang lebih dari 100 perusahaan. Di mana memberikan ribuan lowongan pekerjaan. Memberikan kehidupan pada mereka yang bekerja dari pagi hingga pagi lagi.

Wisata Industri Cikarang untuk Edukasi

Tidak dipungkiri memang hiruk-pikuk kehidupan aku rasakan saat tinggal di kota. Selalu merasa takjub kalau berkunjung ke suatu perusahaan dan mendapatkan ilmu baru. Seperti menciptakan satu mobil itu, part pelastik dan besi yang dibutuhkan banyak banget dan beragam. Dari yang ukurannya sebesar lingkar jari kelingking atau yang sebesar jarum itu dibutuhkan. Sungguh luar biasa dirakit satu persatu sehingga bimsalabim jadilah mobil yang diimpikan banyak orang.

Asyik loh dapat mengunjungi proses produksi itu. Dengan program wisata industri di Cikarang ini sudah ada beberapa perusahaan yang membuka lebar gerbang untuk dijadikan wisata edukasi.  Ada PT. Astra Honda Motor, PT. Unilever, PT. Aje Indonesia, PT. Mayora Indah TBK, PT. Danone Indonesia, PT. Coca Cola Amatil Indonesia, dan beberapa perusahaan lainnya bisa cek di wisataindustri.com.

Wisata Industri ini merupakan program yang sangat baik karena orang awam pun dapat mengetahui tentang perusahaan yang dikunjungi. Tentang merakit motor, proses pembuatan minuman dan makanan. Sebuah proses yang akan membuatmu terkaget-kaget akan kemajuan teknologi buatan manusia yang luar biasa kerennya.

Jalan-jalan tidak hanya ke tempat yang langsung menunjukan keindahan alam, namun dapat juga wisata ke tempat-tempat industri. Seperti wisata industri Cikarang. Yuk, kali-kali pelesirannya ke tempat yang tidak biasa. Barangkali kepincut untuk membuat perusahaan mobil sendiri.

____________________

Postingan ini Diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community

 

 

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

49 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.