Kuliner Lomba

5 Oleh – Oleh Khas Medan, Nikmati Kelezatannya dengan 1 Klik!

Aku ini seneng banget kalau ngelancong ke sana-sini, menikmati suasana asing dan berburu oleh-oleh Indonesia. Kalau jamannya kuliah si, suka traveling sendiri dengan budget seadanya. Sekarang, mau melakukan hal yang kata orang tua mah ‘nekat’ tidak bisa sebebas waktu muda dulu. Kerjaan membatasi jemari kaki yang sudah gatal ingin melangkah sejauh mungkin dari kenyataan. Iyah, kenyataan hidup yang makin keras, semenjak jadi tulang punggung keluarga, seorang istri dari suami yang jarang ketemu karena LDM (Long Distance Marriage) dan seorang ibu yang masih merasa bahwa bayi mungil bernama Jasmine adalah adik aku yang paling lucu. *Hoho*

Karenanya untuk urusan traveling dan berburu oleh-oleh Indonesia yang rencananya pengin menjelajah Indonesia harus ditunda dulu sambil menunggu waktu yang pas dan Jasmine juga sudah agak besar. Minimal 7 bulan biar bisa diajak traveling bareng. Itu artinya beberapa bulan lagi. Namun, tetap saja kalau saudara dari Medan telepon yang ada dipikiran aku tuh bolu Meranti dan Bika Ambon.

Sumber gbr : www.omiyago.com


Loh? Emang apa spesialnya ya, kan bolu bikin sendiri juga bisa. Terutama untuk bika ambon, nenek juga jago buatnya. Tapi nih, banyak yang bilang dari rasanya itu memang beda seperti bolu kebanyakan. Sajian toping yang bervariasi juga semakin menarik perhatian wisatawan. Sejuta rasa itu memang enak ya. Begitu pun, dengan bika ambonnya. Bika Ambon Zulaikha nih yang paling populer. Rasanya beda dari yang lainnya.

Sumber gbr :www. omiyago.com


Berhubung saat ini aku gak punya waktu untuk pelesir langsung ke Medan, setelah searchingdi mbah google aku menemukan online shopOmiyago. Di mana olshop satu ini menyediakan oleh-oleh Indonesia. Dari seluruh nusantara ada. Dari Jawa, Sumatera, Lombok, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Kehadiran Omiyago memudahkan aku nih yang gak bisa traveling tiap bulan, atau kapanpun sesuka hati.

Selain Bolu Meranti dan Bika Ambon, 3 jenis oleh-oleh ini juga wajib masuk list sebagai oleh-oleh Indonesia.  

  1. Teri Bajak Medan
Sumber gbr : www.omiyago.com


Duh, kalau bahas ikan satu ini bawaannya kok lapar ya. Btw, pada suka dong sama ikan teri? Medan ini terkenal loh dengan ikan terinya, salah satunya adalah Ikan Teri Bajak Medan. Selain memiliki varian rasa. Kemasan ikan teri ini ada yang bisa langsung dilahap sampai perut kenyang dan ada juga yang masih mentahnya. Oseng-oseng sendiri deh di rumah.
  1. Sirup Markisa
Sumber gbr : www.omiyago.com


Sebagai salah satu daerah yang subur dengan buah Markisanya. Terutama di dataran tinggi Karo. Olahan buah Markisa yang dibuat sirup ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Wajib dicoba nih!

  1. Kopi Paranginan
Sumber gbr : www.omiyago.com


Para pecinta kopi mari merapat. Medan juga terkenal loh dengan kopinya. Selain kopi Sidikalang yang sangat berkualitas di dunia. Kopi Paranginan juga bisa dijadikan pilihan oleh-oleh.

Kelima oleh-oleh di atas sangat menggoda lidah bukan?

Sambil menikmati Bolu Meranti yang aku beli dari Omiyago, yang rasanya memang lezat, tekstur bolunya lembut serta toping kejunya padat. Untuk kemasan pengirimannya rapih banget, sampai di rumah keadaan Bolu Meranti masih utuh tanpa cacat terombang-ambing mamang kurir saat diperjalanan. Good! Aku mencoba kembali berseluncur mencari tempat-tempat keren apa saja yang ada di Sumatera. Ya, Jawa, Bali, Batam sudah kupijak walau belum semua. Tinggal Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua nih. 



Aha, ada tour travel nih yang bisa dijadikan pilihan untuk traveling nanti, Ladita Tour. Ladita Tour menawarkan Paket Wisata dan Open Trip. Boleh lah rekomen sambil ngumpulin receh dulu dan berdoa semoga ada sponsor yang baik hati. Amin.

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(20) Komentar

  1. Rin Herlina menulis:

    iyah mba, aku baru coba yang Bolu Merantinya saja.

  2. Huaa.. Enak semuaaa…

  3. Rin Herlina menulis:

    Aku penasaran sama ambon Zulaikha nya Mba. Kapan-kapan mau cobalah.

  4. sabda awal menulis:

    Sebagai orang medan kok Saya baru Tau sama kopi peranginan ya, hahaha ga update sayanya ya

  5. Rin Herlina menulis:

    mungkin karena Sidikalang lebih terkenal mas. Jadi yang lain gak popular. hehe

  6. Dulu pernah punya tetangga dari Medan, bawa oleh-oleh bika ambon Zulaikha. Jadi kangen. Btw, semuanya enak!

  7. Rin Herlina menulis:

    Wah, enak banget itu Mba.

  8. aku sering dpt oleh2 sirup markisa

  9. Rin Herlina menulis:

    teri bajak terkenal juga loh mba di Medan, tapi aku juga belum nyoba si. 🙂

  10. Rin Herlina menulis:

    Bika ambonnya aku juga belum nyicipin nih mba.

  11. Rin Herlina menulis:

    Wah, kue apa tuh mba?

  12. Aku baru tahu soal teri bajak hehehe

  13. Bika sama bolu merantinya bikin mupeng, pengen nyicipin

  14. Medan itu kebetulan kampung halaman saya. kl yg dijabarin diatas udh ngak hitz lagi mbak, sekrang sih kue artis yg lagi booming hehehhehe

  15. Bee Balqis Blog menulis:

    Bika ambon nya menggoda nyam nyam… Kalau disini, kalimantan barat, oleh-oleh favoritnya bingke berendam mba. Semoga bisa menginjakkan kaki ke kalimantan ya.

  16. enakk… semoga berkesempatan mengunjungi medan 🙂

  17. Rin Herlina menulis:

    Amin.. mba.
    Aku juga pengin ke Medan.

  18. […] Padahal walau seharian tak makan saat berbuka puasa harus tetap menjaga pola makan dengan makanan bergizi dan seimbang. 4 sehat 5 sempurna. Begitupun sebaliknya berlaku saat sahur. Jangan karena […]

  19. […] makanan khas daerah yang enak-enak. Sebelumnya aku pernah menuliskan makanan khas dari Balikpapan, Medan, Bali dan Surabaya. Kali ini aku mau berbagi makanan khas dari daerahku tercinta yaitu Kuningan. […]

  20. […] berpergian ke suatu tempat entah itu untuk traveling, urusan bisnis atau hal lainnya. Pasti oleh-oleh daerah tersebut menjadi incaran. Apalagi dapat pesanan yang mewajibkan untuk membeli oleh-oleh. Seperti […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.