cara mengatasi kulit kering. yuk kenali dulu ciri dan penyebabnya!
Kesehatan

Cara Mengatasi Kulit Kering. Yuk, Kenali Dulu Ciri dan Penyebabnya!

Xerosis atau kulit kering merupakan suatu kondisi yang terjadi pada kulit karena berkurangnya minyak alami sehingga kelembapan pada lapisan kulit paling luar berkurang. Umumnya bagian tubuh terbuka seperti tangan dan kaki yang sering mengalami kondisi xerosis ini.

3 Langkah Mudah Menjaga Bibi Tetap Lembap

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Kenapa Harus Membersihkan Karang Gigi.

Manfaat Air Putih dan Rutin Berolahraga

Faktor yang memengaruhi, baik secara internal maupun eksternal.

  1. Cuaca Dingin
    Cuaca yang terlalu dingin akan membuat kulit cepat kering. Sehingga tidak mengherankan jika berada diruangan ber-ac, kelembapan kulit akan berkurang. Tenggorokan menjadi kering, bibir pecah-pecah, dan kulit lengan atau kaki agak kasar. Hal tersebut disebabkan karena suhu disekitar menarik kelembapan dari tubuh kita.
  2. Penggunaan Produk Berbahan Kimia
    Penggunaan produk berbahan kimia dapat menimbulkan xerosis. Salah satunya penggunaan detergen. Berdasarkan pengalaman beberapa merek membut tangan jadi kasar dan kering, belum sensai panas di telapak tangan.
  3. Berendam di Air Panas
    Ternyata berendam di air panas dengan waktu yang lama tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan air panas yang bisa membuat badan menjadi rileks, ternyata dapat menghilangkan minyak alami kulit. Jika ingin berendam di air panas jangan terlalu lama dan air juga harus hangat.
  4. Terpapar Sinar UV
    Tidak asing bukan jika banyak beredar pelembab atau lotion yang memilki spf tinggi. Yes, hal tersebut agar sinar UV tidak masuk dan menghilangkan minyak alami. Sehingga disarankan agar tidak terlalu lama di bawah terik sang surya
  5. Menggosok Kulit
    Waktu kecil aku sering banget menggosok lengan dan kaki dengan batu. Ternyata itu tidak dibenarkan karena akan menghilangkan kelembapan kulit. Termasuk menggosok menggunakan kain atau spons.
  6. Keturunan
    Faktor keturunan juga dapat memengruhi. Jika ada keluarga yang memiliki kondisi xerosis tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut menurun kepada kita.
  7. Kurang Minum Air Putih
    Air Putih wajib diminum 8 gelas setiap harinya karena memiliki segudang manfaat. Kondisi Kulit menjadi kering bisa saja karena sedikit minum air putih.
  8. Usia
    Bertambahnya usia membuat produksi minyak alami di kulit menglami penurunan sehingga hal wajar jika mengalami xerosis.
  9. Sering berenang di Kolam yang Mengandung Kaforit
    Jika terlalu lama berenang di air yang mengandung kaforit tidak menutup kemungkinan kulit akan mengalami kondisi kering.
  10. Akibat Penyakit Lain
    Sebuah penyakit bisa menjadi penyebab kulit bermasalah seperti diabetes dan hipotirodisme.


Ciri-Ciri Kulit Kering

Kulit menjadi kering bisanya ditandai dengan kulit terasa kasar dan kencang, ada bagian kulit yang mengelupas, kemerahan, bersisik, gatal dan untuk wajah kulit tidak elastis.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Kulit yang kering bisa diatasi dengan mudah jika kondisinya tidak begitu parah. Namun, jika gejala semakin tidak terkendali lebih baik memeriksakan diri ke dokter. Adapun hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah:

  • Menggunakan Pelembab dengan Rutin

Hal pertama yang bisa dilalukan untuk mengatasi masalah kulit satu ini yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kusam bisa menggunakan pelembab. Hindari penggunaan yang mengandung alkohol dan antibakteri ataupun pewangi.

  • Menggunakan Bahan Alami Lidah Buaya dan Madu

Aloe vera selain digunakan untuk menghilangkan ketombe di kepala bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Pun, madu yang memilki berjuta maafaat. Pengunaannya bisa langsung mengoleskan pada kulit.

  • Menjaga Kelembapan Ruangan saat Suhu Terlalu Kering

Saat suhu udara terlalu kering dan panas gunakanlah pelembab udara humidifier. Namun harus sering dibersihkan ya, agar tidak ada bakteri yang berkembang di alat tersebut.

  • Mandi yang Tepat

Jika kamu memiliki tipe kulit bermasalah ini jangan terlalu lama membersihkan badan lebih dari 10 menit. Gunakan sabun mandi tanpa pewangi, dan hanya gosokan pada bagian yang memang kotor saja. Mungkin pernah dengar fakta tentang penggunaan sabun bahwa tidak harus digosokan ke seluruh tubuh karena akan mengurangi minyak alami di kulit. Serta, jika suka menggosok badan saat mandi, lakukan dengan lembut.

  • Pakai Alat Bantu seperti Sarung Tangan

Tangan paling rentan mengalami kulit kering karena sering mencuci baju (jika masih manual) dan mencuci piring. Saat mencuci bisa menggunakan sarung tangan, yang suka nonton drama korea pasti tidak asing saat pemeran mencuci piring sambil memakai sarung tangan. Namun, saat mencuci pakaian pasti akan mengalami kesulitan karenanya gunakan detergen yang aman.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.