hiip academy 1 membangun profesional blog
Tips

Hiip Academy #1: 2 Pondasi Kuat dalam Membangun Blog Profesional

Berawal dari sebuah flayer tentang workshop yang diadakan Hiip Indonesia dalam Hiip Academy #1 dengan tema yang menarik minatku. Pertama yang selalu aku cek adalah jadwal. Ya, sebagai buruh, waktu luangku hanya sabtu-minggu, dan kebetulan sekali cocok harinya yaitu pada 10 Agustus 2019. Tanpa pikir panjang aku memutuskan untuk mendaftar.

Sebetulnya agak deg-degan juga ikutan kegiatan offline karena ini adalah yang pertama kalinya, dengan lingkungan yang baru dan orang-orang yang belum pernah aku temui. Namun, karena tujuanku adalah mempelajari lebih dalam tentang membangun blog yang profesional, segala kehawatiran yang menggangu hingga hari keberangkatan dikesampingkan dulu.

Tempat tinggal yang lumayan jauh dari Jakarta, pukul lima pagi aku sudah otw menuju stasiun Cikarang. Bukan perjalanan yang singkat dari Lippo Cikarang menuju ke Stasiun, karena lokasinya ujung Cikarang Selatan ke Ujung Cikarang Utara. Beruntunglah ada si hitam roda dua yang sudah menemaniku selama dua tahun ini dalam beraktivitas sehingga aku bisa sedikit mempersingkat perjalanan.

Tantangan mengendari roda dua saat mentari belum nampak adalah kesulitan melihat jalan yang mulus dan tidak. So, beberapa kali sempat oleng karena menabrak jalan berlubang, ditambah mobil merah yang ada didepanku pun sempat terguling dan terbalik saat di fly over tol Cikarang Barat. Dalam hitungan detik, jika driver mobil tersebut tidak dapat mengendalikan laju mobilnya, aku akan benar-benar telat sampai Jakarta.

Alhamdulillah, perjalanan lancar hingga di Gedung CoHive 101, walau sempat salah turun halte yaitu di Gedung CoHive sebelum tempat acara. Setelah bertanya pada security aku menikmati kawasan Mega Kuningan dengan berjalan kaki menuju lokasi sebenarnya.

Sebetulnya bisa saja aku pakai aplikasi grab, bahkan satu hari sebelum keberangkatan aku sudah cek beberapa lokasi melalu aplikasi ojol tersebut. Akan tetapi, karena aku lebih suka tantangan dan ingin menikmati suasana Jakarta di pagi hari akhirnya aku memanfaatkan transportasi umum. Stasiun Cikarang – Transit Manggarai – Stasiun Tebet – Naik Transjakarta 6D – turun di Gedung CoHive. Hikmahnya dari perjalanan yang panjang tersebut, aku jadi tahu kendaraan umum menuju KOKAS. Hoho… sudah lama pengin main ke KOKAS.

keseruan hiip academy
Pesertanya banyak yang datang, lho.

2 KON, Pondasi Kuat Dalam Membangun Profesional Blog Ala Mas Ariev di Hiip Academy #1

Acara yang dimulai dari pukul sepuluh pagi tersebut dibuka dengan sambutan dari Mba Alma selaku CFO Hiip Indonesia yang sudah aku kenal di Blogger Perempuan. Mba Alma sedikit menjelaskan tentang tujuan dan konsep Hiip Indonesia, sebelum akhirnya sesi pertama bersama Mas Ariev Rahman selaku pembicara pertama yang merupakan Travel Blogger tersebut dimulai.

konten & konsisten hiip academy #1
credit foto by Hiip Indonesia.

Mas Ariev mengajak audiens untuk berdiskusi dengan konsep tanya jawab sambil mempersentasikan materi. Beliau menceritakan perjalanannya sebagai travel blogger yang sudah melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri. Jujur, aku mupeng. Agak gimana gitu, ya. Karena aku memilih niche blog traveling, tapi jarang jalan-jalan, apalagi ke luar negeri, masih dalam khayalan yang semoga terwujud. Tambah envy saat ada pembaca blognya yang memberikan uang untuk membeli tiket ke Inggris. Memang, sugoi! Ganbareba, watashitachi mo dekiruyo.

Bagaimana bisa seorang pembaca memberikan uang yang tentunya bukan jumlah kecil untuk membeli tiket pesawat ke Inggris?

Jawabannya tidak terduga, lho. Ternyata pembaca tersebut menyukai tulisan-tulisan Mas Ariev. Deg, aku langsung mikir, apakah pembaca blog-ku menyukai tulisanku? Atau sekedar numpang lewat karena kesasar? Oleh karena itu Mas Ariev menuturkan bahwa Conten is king and consisten is key. Konten adalah rajanya, dan konsisten adalah kuncinya.

Konten dan konsisten, dua hal tersebut yang akan menjadi pondasi blog yang susah payah dibangun, terutama dalam menaikan trafic. Jika konten sudah baik dan menarik, tanpa adanya konsisten akan seperti kran bocor yang airnya tidak dapat mengalir deras, bahkan tidak dapat mengalir ke tujuannya. Dalam persentasinya Mas Ariev menuliskan bahwa konten yang baik akan mendatangkan pengunjung dan konsisten dengan konten yang baik maka pengunjung akan kembali datang. So, gak sekedar numpang lewat.

Baca Juga: 9 Tips Menjadi Penulis Profesional

Bagaimana membuat konten yang baik?

Dalam blog dengan niche travel dapat menuliskan tentang perjalanan itu sendiri, semuanya dikupas, dari apa saja yang bisa dibahas atau apa yang akan dicari dalam sebuah perjalanan, menyajikan foto-foto terbaik yang kita miliki, dan mengisahkan tentang foto tersebut. Teruslah konsisten dengan konten yang sudah ditentukan hingga konten tersebut semakin berkualitas.

Sesi Ma Ariev ditutup dengan quote-quote yang dapat membangunkan semangat untuk membuat blog yang lebih baik dengan 2 KON tersebut.

quote keren ariev rahman
Quote keren Mas Ariev Rahman.

Cara Monetisasi Blog bersama Mba Sitta Karina

monetisasi blog hiip indonesia
credit foto by Hiip Indonesia

Karena waktu sudah menunjukan shalat dzuhur, sesi pertama di tutup. Sebelum lanjut ke materi kedua mengenai cara monetisasi blog bareng Mba Sitta Karina, panitia dan peserta diberi waktu untuk ISOMA (istirahat, shalat dan makan). Makan siangnya membuat perut kenyang dengan porsi yang buatku sangat banyak, namun tetap habis juga karena buang-buang makanan itu sering membuat tak nyaman, merasa bersalah gitu deh.

Tepat pukul 13.00, acara kedua dimulai dengan penuh antusias. Tetap semangat, karena materi monetisasi juga sangat aku nantikan. Mba Sitta Karina yang lebih dikenal sebagai penulis buku ini berbagi cara dalam monetisasi blog. Yah, siapa si yang tidak mau dapat rupiah dari hasil nulis. Bisa sebagai tambahan uang jajan, atau menjadi mata pencaharian. Lalu, apa si tipsnya agar blog kita dirilik sponsor?

Jawaban yang semua bloger pasti pahami adalah trafic tinggi. Semakin banyak pengunjung, semakin dirilik oleh sponsorship. Untuk menarik pengunjung selain 2 KOn di atas, harus memerhatikan hal berikut ini.

  1. Seorang penulis adalah pemasar bagi dirinya sendiri.
  2. Blogger tanpa sosial media tidak dapat berkembang.
  3. Membuat tulisan yang baik.
  4. Blog yang mobile responsive
  5. Menentukan gaya Bahasa/ ciri khas blog
  6. Terus menulis karena kualitas bisa didapat dari jam terbang menulis.

Sedangkan berikut ini 7 kunci sukses dalam monetisasi blog

  1. Target audiens tepat sasaran. Kita harus menentukan sasaran pembaca. Ini aku sudah punya gambarannya saat mengkuti kelas online. Jika sudah menentukan sasaran pembaca memang akan mudah dalam menentukan konten.
  2. Konten yang dapat menembus one page
  3. Beri value dan tampilkan ciri khas.
  4. Meningkatkan trafic blog.
  5. Tampilan blog menarik dan mudah digunakan.
  6. Promosi di media sosial
  7. memperkuat personal branding

Demikianlah sedikit ilmu yang bisa aku bagi setelah mengikuti Hiip Academy #1 bersama Hiip Indonesia. Jika ada waktu aku masih ingin berguru pada Mas Ariev dan Mba Sitta. Satu hari memang tidak akan cukup untuk membahas blog dari A-Z. Ilmu dasar ini menjadi panduan untukku dalam membuat tulisan-tulisan yang baik dan bermanfaat bagi pembaca blogku.

Berikut video acara Hiip Academy #1. Credit video milik Hiip Indonesia.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

22 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.