cegah penyakit tidak menular dengan perilaku germas
Kesehatan,  Tips

Hindari 5 Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Terbesar di Dunia Ini dengan 3 Perilaku GERMAS!

Tahukan teman-teman berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI bahwa penyebab kematian terbesar di dunia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM) yang mencapai angka 70%.

Wow! Sungguh bukan angka yang kecil. Jika selama ini penyakit menular menjadi momok menakutkan bagi masyarakat seperti penularan penyakit Malaria, Tuberkulosis, dan Difteri. Akan tetapi, fakta dilapangan menunjukan bahwa penyebab kematian lebih banyak disebabkan oleh penyakit Jantung, Stroke, Kanker, Diabetes, dan penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Seperti di kampung halamanku dua bulan belakangan ini dua orang meninggal karena diabetes.

Hal yang harus digaris bawahi bahwa PTM adalah penyakit kronis yang tidak menular dari orang ke orang. Di mana pencegahan adalah hal terbaik yang harus dicamkan dengan menjalankan pola hidup sehat. Karena sehat sangatlah mahal. Jangan sampai harus ditukar dengan kematian dini, walau pada akhirnya setiap makhluk yang hidup akan kembali ke tanah.

Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular

Penyakit Jantung, Stroke, Diabetes, bukanlah penyakit yang asing lagi didengar. Masyarakat paham betul bagaimana penyakit kronis tersebut dapat merenggut si penderita. Hanya saja seringnya lalai dengan mengabaikan kesehatan diri sendiri. Penyebab kelalaian lainnya adalah akan sebuah asumsi yang melekat bahwa penyakit kronis lebih banyak menyerang orang tua, kenyatannya tidaklah begitu. Setiap kalangan usia berpotensi menderita penyakit kronis.

Adapun penyebabnya bisa dikarenkan faktor risiko berikut:

Faktor Usia

tingkatkematianlansia
sumber gambar: sehatnegeriku.kemkes.go.id

Semakin bertambah usia maka kekebalan tubuh akan terus menurun. Bahkan beberapa fungsi organ-organ pun akan mengalami hal yang sama. Baik secara perlahan maupun drastis. Seperti tubuh yang tidak dapat menopang beban berat, kaki yang perlahan akan kehilangan kekuatan, mata dan pendengaran yang semakin kabur, sehingga tidak heran jika salah satu dari lima penyakit tidak menular dapat diderita.

Faktor Gaya Hidup

junk food penyebab penyakit tidak menular

Pola hidup sehari-hari sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan. Seperti pola makan yang tidak sehat. Tidak dipungkiri hadirnya junk food dan makanan cepat saji dengan kandungan giji yang tidak seimbang akan berakibat buruk bagi kesehatan. Seperti makanan dengan lemak tinggi yang dikonsumsi secara terus menerus akan menyebabkan kolestrol tinggi hingga terserang penyakit Jantung dan Stroke. Selain itu kurangnya gerak tubuh akan lebih memperburuk kondisi kesehatan yang terus menurun. Oleh sebab itu, gaya hidup sehat harus diaplikasikan sedini mungkin.

Faktor Lingkungan

Kebanyakan penyakit menular disebabkan karena lingkungan. Pun, dengan PTM, selain gaya hidup faktor lingkungan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Semenjak hadirnya teknologi yang menggeser pola hidup tradisional menimbulkan polusi menyebar di seluruh bumi. Hal yang sangat terasa adalah efek rumah kaca di mana bumi semakin panas dan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan kanker. Hal tersebut dikarenakan lapisan ozon semakin menipis akibat dari karbon monoksida yang terus meningkat di udara mengikis seluruh lapisan ozon yang merupakan banteng penahan sinar ultraviolet. Karbon monoksida yang tidak berbau namun beracun tersebut dihasilkan dari kendaraan bermotor, industri dan pembakaran sampah plastik.

know your plastic pollutan

Mencegah PTM dengan GERMAS

Salah satu pengendalian penyakit tidak menular dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memiliki program yang sangat bagus untuk dijalankan masyarakat yaitu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Di mana gerakan tersebut mengajak dan merangkul seluruh masyarakat Indonesia untuk memulai hidup sehat dengan 3 perilaku yang sangat mudah dijalankan dalam aktivitas sehari-hari.

Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Gizi

makan buah sayur ikan
sumber gambar: sehatnegeriku.kemkes.go.id

Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang seperti yang terkandung dalam sayur, buah dan ikan adalah hal pertama yang bisa dilakukan. Ketiga makanan tersebut memiliki kandungan gizi baik berupa protein dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa makanan yang mengandung anti oksidan mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Menjaga Lingkungan

Isu lingkungan tidak akan pernah ada akhirnya karena memiliki hubungan kuat dengan gaya hidup manusia. Kemajuan teknologi yang terus berkembang menjadikan bumi kehilangan keseimbangannya. Seperti lapisan ozon yang menipis karena melimpahnya karbon monoksida yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor dan pembakaran sampah pelastik. Sehingga sinar ultraviolet dapat menembus bumi dengan mudah menciptakan penyakit kanker kulit pada manusia.

buang sampah pada tempatnya
Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah menjaga lingkungan agar terbebas dari sampah pelastik.

Oleh karena itu, akibat dari ulah manusia itu sendiri harus ditangani dengan baik. Banyak hal kecil yang bisa dilakukan. Sebuah tindakan yang dapat memberikan efek besar dalam menjaga kelestarian alam. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan pelastik yang jika dibakar akan menimbulkan zat berbahaya dan jika dikubur bukan tindakan yang tepat karena pelastik butuh 50-100 tahun hingga terurai.

Melakukan Aktivitas Fisik

lari pagi
Berlari di pagi hari baik untuk kesehatan jantung.

Melakukan aktivitas fisik adalah kegiatan ketiga yang harus dilakukan untuk terhindar dari gejala penyakit tidak menular. Hal termudah yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya dan rutin berolahraga. Kurang sempurna jika kita sudah mengubah pola makan dengan baik dan lingkungan terjaga kebersihannya, namun tubuh dibiarkan kaku.

Berjuang Bersama KEMENKES Menjadi Pahlawan Kesehatan & Lingkungan

Tiga perilaku gerakan masyarakt hidup sehat tersebut akan membuat hidup lebih berarti. Terbebas dari penyakit kronis seperti PTM dan menikmati udara segar dengan bebas tanpa takut akan sinar ultraviolet menyengat kulit. Mari bersama-sama kita membangun kehidupan yang lebih baik terutama dalam bidang kesehatan, agar kelak saat tua nanti penyakit yang timbul karena degenratif seperti Alzheimer tidak mudah menyerang. Atau penyakit kronis yang dapat menimbulkan berbagai gejala komplikasi. Sehat harus dimulai dari hari ini.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

62 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.