Kelas SEO Online, Asah Skill Ngeblog yang Gak Bikin Kapok

asah skill di kelas seo online

Ini adalah salah satu kisahku di tahun yang penuh kepiluan karena pandemi Covid-19, aku menutup tahun 2020 dengan mengikuti kelas SEO untuk mengasah kemampuan ilmu SEO langsung dari ahlinya.

Sebagai blogger, tulisan mampu nongkrong cantik di page one google itu penting banget. Hal inilah yang akhirnya mengantarkanku untuk menggunakan struktur SEO dalam setiap postingan. Akan tetapi ilmu SEO itu tidak semudah yang aku bayangkan. Tepatnya aku menggampangkan karena terlalu bergantung pada plugin SEO. Nyatanya plugin hanyalah sebagai parameter pembantu. Wajar saja jika tulisan-tulisanku tidak nembus halaman pertama google.

Ada trik atau ilmu khusus agar artikel SEO tidak menyalahi aturan google. Dari sinilah aku mulai giat belajar SEO dari para ahli dan masternya. Salah satunya adalah mengikuti kelas SEO online yang digawangi oleh Mas Irwin dan Mas Pewe. Pada kenal sama mereka, dong? Kalau belum kenalan sendiri, saja.

Menaikan Skill Ngeblog di Kelas SEO

Naik-naik ke puncak gunung. Eh, bukan, ya. Menggeluti dunia blogging agar lebih profesional itu tidak sembarangan. Layaknya mendaki gunung, ada ilmu dan aturan-aturan tertentu yang harus kita pahami. Itulah mengapa kalau di gunung suka ada kuncennya. Begitu juga blog, tidak bisa sembarangan. Misalnya copy-paste artikel orang yang akan berakibat buruk untuk blog dan tidak menghargai jerih payah si pemilik artikel asli.

Konon jika ingin dihargai maka hargailah dulu orang lain.

Blog profesional pun akan lebih terpercaya baik di mata google maupun sponsor. Sehingga, penting untuk mengasah kemampuan dalam dunia blogging. Dari belajar cara menulis konten menarik yang baik sesuai EYD (ejaan yang disempurnakan) dan memahami algoritma google.

Tahu sendiri google suka tiba-tiba mengubah algoritmanya. Seperti gebetan yang baru saja memberikan harapan, tahunya palsu. Hei, kamu jangan suka begitu. Plak.

Bahas soal menjadi blogger profesional, selama hampir 6 tahun ngeblog banyak sekali hal yang harus aku benahi. Terlebih saat ini aku mencoba menjadikan blog sebagai penghasilan tambahan. Penginnya si jadi penghasilan utama, karena manfaat bloging bukan sekedar untuk berbagi pengalaman dan informasi, melainkan ada kebahagiaan tersendiri yang hanya aku mengerti. Lol.

Bagaimana dengan teman-teman?

Setelah mengikuti berbagai kelas menulis yang diadakan oleh komunitas blogger maupun personal, aku juga mempelajari digital marketing salah satunya adalah mengikuti kelas SEO batch #4 ini. Ya, akhirnya aku menutup tahun 2020 ini dengan mengasah kemampuan ilmu SEO.

Manfaat Mengikuti Kelas SEO

manfaat mengikuti kelas seo

Belajar tentang search engine optimization di kelas SEO Batch #4 selama dua minggu dari tanggal 14 Desember 2020 dan berakhir tanggal 26 Desember 2020 banyak sekali ilmu-ilmu baru yang aku pelajari. Berikut manfaat-manfaat yang aku dapatkan.

Tembus Page One Google

Salah satu cara untuk menembus page one google adalah dengan teknik SEO. Bahasan SEO sendiri sangat mudah kita dapatkan dengan bertanya langsung ke mbah google. Dalam hitungan detik pasti ke luar tips dan triknya. Akan tetapi, belajar dari ahlinya langsung lebih penting. Kita dapat leluasa bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti.

Menaikan Trafik secara Alami

Di Kelas SEO yang aku ikuti membahasa tentang SEO on page dan off page. Sehingga tidak heran membahas tentang google analytic, google search console, dan lainnya. Bahkan di SEO off page bisa untuk menaikan DA & DR. Jadi istilah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui berlaku di kelas ini. Jadi tidak rugi, dong. Kapok? Ketagihan, iya.

Membuat Artikel Evergreen

Dengan materi SEO on page aku lebih mengerti dalam membuat artikel SEO yang bisa nembus page one google. Walau harus banyak belajar tentang LSI. Untuk beberapa keyword bisa mudah dicari, tapi keyword tertentu butuh mencari referensi lebih. Selain itu, di tahun 2021 akan lebih banyak menulis artikel yang evergreen.

Audit Blog

Audit blog yang membuat stres. Banyak banget yang harus diperbaiki, dari kecepatan, struktur SEO dan performanya. Rasanya ingin menghapus blog, saja. Di hapus tidak? Tidak, dong. Konon hidup tanpa rintangan itu tidak asyik. Seperti sayur kurang garam kalau kata pujangga.

Pengalaman Berharga Mengikuti Kelas SEO

Mengikuti kelas SEO online #4 di penghujung tahun adalah pengalaman berharga untuk menjadikan hari esok, khususnya tahun 2021 penuh dengan tantangan baru. Ya, hasil berguru dari Mas Irwin dan Mas Punto semoga terealisasi semua di tahun kerbau logam.

Sebagus apa pun ilmu yang aku dapat kalau tidak dipraktikan langsung sama saja bohong. Apalagi SEO itu tidak instan, tetap ada prosesnya. Bahkan template blog juga dapat berpengaruh, loh.

Pengalaman berharga lainnya adalah belajar dari kesalahan dan memperbaikinya. Walau sempat ada rasa ingin menghapus blog seperti yang aku tuliskan di atas, itu hanyalah tindakan seorang pengecut jika benar-benar aku lakukan.

Kesalahan ada untuk diperbaiki, bukan untuk diabaikan. Setuju? Jika setiap masalah diselesaikan dengan cara instan, maka hidup hanya akan berjalan di tempat. Kita akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjadi lebih baik di depan sana dan tertinggal jauh ratusan bahkan ribuan kilo meter di belakang.

Previous Post Next Post

43 Comments

  1. Reply Punto January 2, 2021 at 12:42

    Kenalin dong sama coach nya

    • Reply Erin F January 4, 2021 at 09:30

      Boleh, Mas. Silahkan ambil kaca dan kenalan langsung. ya. :p

  2. Reply Maria tanjung January 2, 2021 at 15:30

    Mba erin, semoga lancar di kgb 2 nya yah. Belajar dr kesalahan itu memang perlu ya mbak..apalagi hasil auditku banyak banget nih kesalahnnya..mudahan blog kita semakin baik di 2021 ini ya mbak

    • Reply Erin F January 4, 2021 at 09:31

      Amin, mba. perbaikan dari audit aku perbaiki dengan santai nih, Mba karena banyak juga yang harus dibenahi. Semoga kelar di bulan Januari.

  3. Reply Iim Rohimah January 4, 2021 at 01:35

    Belajar SEO Online ini membuat kita naik kelas sebagai blogger ya Mba… Kelasnya juga tenang. Setenang air danau. Tapi di bawahnya ada banyak ilmu yang bikin pusing sih.. hehe Tenang karena tidak ada kewajiban tugas dan sistem KICK. wkwk.. Tapi di balik itu ada banyak PR blog yang pastinya bikin blog makin bagus ke depannya.

    • Reply Erin F January 4, 2021 at 09:33

      Betul, Mba Iim. Ngoprek Google Analitik saja bikin pusing. hehe

  4. Reply Nchie Hanie January 4, 2021 at 17:23

    Selalu seruu belajar SEO tuh, yang dulu menjadi makhluk sempat dijauhi oleh para blogger dengan alasan pusing, mumet, ga penting. Kenyataannya pada butuh juga kaan.
    Menurutku belajar SEO tuh asyik, sebuah seni, tinggal bagemana kita melatih skill aja dan praktek..praktek terus.
    Tetep semangat

    • Reply Erin F January 5, 2021 at 09:54

      Setuju sekali Mba, belajar SEO itu harus dipraktekan.

    • Reply diane January 5, 2021 at 13:57

      Hihi iya teh…emang penting banget sekarang ..meski algoritma nya Google berubah2 ya…tetep ilmunya kepake.

  5. Reply Jiah Al Jafara January 5, 2021 at 09:41

    Aku dulu mikir namanya ngeblog ya nulis aja. Terus sadar, nulis gak boleh cuma nulis. Jadi mau gak mau harus belajar SEO. Awalnya emang gak mudah, tapi kalau mau maju ya kudu ikutin zaman

    • Reply Erin F January 5, 2021 at 09:55

      Sama, Mba Jiah. Aku pikir tulisan bagus dan menarik sudah cukup. Tetapi mengingat persaingan, akan kalah sama yang SEO nya bagus.

  6. Reply Susi Susilawati January 5, 2021 at 10:41

    Duh belajar SEO tuh seru tapi pusing! hahaha.. kapan2 pengen ah ikut kelas khusus SEO, selama ini cuma belajar dari tutorial2 aja. Makasih ya mbak sharingnya 🙂

    • Reply Erin F January 5, 2021 at 16:13

      Sama-sama, Mba. Memang pusing mba, aku juga udah beberapa kali ikut kelas SEO, tapi yang sekarang lebih paham karena memang detail dan bisa banyak bertanya.

  7. Reply Bibi Titi Teliti January 5, 2021 at 11:03

    Harus semangat belajar terus tentang SEO yah walo kadang sering bikin pening, perlu banyak trial and error juga yaah hehe.

    Konten evergreen di blog aku sepertinya postingan review drama Korea deh, sama review skincare juga. Ada aja yang klik hehehe

    • Reply Erin F January 5, 2021 at 16:14

      review drama Korea pasti bagus tuh mba view nya, banyak yang cari soalnya.

  8. Reply Keke Naima January 5, 2021 at 11:25

    Semua platform bisa ikutan kan, ya? Gak sebatas untuk WP. Menarik juga sih belajar SEO. Apalagi untuk kita yang memang ingin serius di dunia blog

    • Reply Erin F January 5, 2021 at 16:15

      Bisa Mba, yang ikut kelas juga ada yang blogspot.

  9. Reply Ophi Ziadah January 5, 2021 at 14:31

    wah emang ngoprekin SEO nih butuh kesabaran n ketekunan kayaknya yaa.. plus konsitensi praktekinnya.
    aku masih suka gak telaten euy…jd bbrp teknik sederhana SEO aja aku masih blom lakoni dg konsisten. msh fokus di konten ajah… pdhal efeknya luar biasa yaa

    • Reply Erin F January 5, 2021 at 16:16

      Iya, Mba Opi. SEO dan konten itu penting.

  10. Reply Mia Yunita January 5, 2021 at 20:41

    Semoga next time aku bisa ikutan kelas SEO online ini. 2021 sepertinya tahun yang cocok nih hehehe. Supaya performa blog bisa nambah, traffic juga rame, nggak sepi kaya di kuburan.

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 18:59

      Semoga terwujud, Mba. Pasti seru.

  11. Reply Hani S. January 6, 2021 at 01:20

    Pernah jadi bagian campaign dari mas Pewe, dan aku malah Amaze bukan dengan besaran nominalnya semata, melainkan girang karena dikasihtahu trik² seputaran SEO. Njelimet tapi kepakai seterusnya, bersyukur banget makanya, apalagi kalau bisa ikutan kelasnya langsung ya, waaah aku pun pasti ketagihan, hihi.

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:00

      Betul Mba Hani, ilmunya kan bisa dipakai terus.

  12. Reply Rach Alida January 6, 2021 at 05:49

    Menurutku iya bener penting kita mempelajari SEO. Biar tulisan kita juga lebih maksimal dibaca orang lain. Konten is the king juga penting menurutku.

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:00

      Setuju Mba konten itu penting dan lebih bagus SEO nya juga dipakai.

  13. Reply Dedew January 6, 2021 at 07:58

    Duh duh aku tuh nggak paham juga SEO jadinya nulis ya mengalir saja, nggak cari keyword juga kayak lazimnya blogger makanya susah naik DA nya hehe

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:01

      Semenjak pakai WP aku mulai belajar SEO mba.

  14. Reply Dian Restu Agustina January 6, 2021 at 08:39

    Tahun 2021 niatku benerin blog…duh PRNya banyak baca artikel ini, dan setuju jika kesalahan ada untuk diperbaiki, bukan untuk diabaikan. Jika setiap masalah diselesaikan dengan cara instan, maka hidup hanya akan berjalan di tempat. Senangnya bisa belajar sama ahlinya SEO Mas Pewe dan Mas Irwin

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:02

      Aku udah niat tahun 2020 Mba, tapi tidak tercapai. Tahun 2021 bakalan fokus bebenah blog sama perbaiki konten.

  15. Reply Mugniar January 6, 2021 at 11:24

    Kadang kalau terlalu mikir SEO memang bisa bikin patah hati ya hihihi tapi setuju sih Mbak, hidup kalau gak ada tantangannya gak asyik … maka blogger memang perlu belajar SEO

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:03

      Pertamanya memang berat Mba, tapi aku coba jalani dulu. Sama kaya waktu migrasi WP awalnya pusing, tapi sekarang lebih senang sama WP.

  16. Reply HM Zwan January 6, 2021 at 17:54

    Seru banget ya mbk bisa belajar SEO, apalagi bareng pakar SEO. Ilmu wajib di dunia perbloggeran salah satunya SEO. ya, minimal tau ilmu dasar SEO, ya kan hehe.

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:04

      Betul, Mba. Dasarnya dulu, terus naik deh pelajari lebih detail.

  17. Reply Eri Udiyawati January 6, 2021 at 18:16

    Baca cerita teman-teman tentang kelas SEO Online bareng Mas Pewe dan Mas Irwin itu bikin pengen ikutan. Semoga aku bisa gabung bareng kelas mereka.

    • Reply Erin F January 6, 2021 at 19:04

      SIlahkan Mba Eri gabung di kelasnya Mas Irwin sama Mas Pewe.

    • Reply Dwi Puspita January 6, 2021 at 22:35

      Belajar SEO ini beneran bikin nagih loh, asik banget dan tambah semangat kalau artikel berhasil nongkrong di pejwan

  18. Reply Siti Hairul January 6, 2021 at 21:20

    Ngutak-atik SEO ini butuh kesabaran dan ketelatenan ya mbak. Kadang banyak blogger yang ga mau repot mikir Seo

  19. Reply Rahmah January 6, 2021 at 21:27

    Selamat audit blog
    Karena tulisan-tulisan lama bisa saja mengandung broken link yang harus dibersihkan
    SEO itu mudah tetapi tidak semudah membalikkan telapak tangan

  20. Reply Grandys January 6, 2021 at 21:28

    Aku harus menguatkan hati buat bilang harus ikut kelas SEO Online soon karena ini ilmunya daging banget! Aku masih belajar management time nih karena kalo ikutan kelas masih belum okeee

  21. Reply Dian January 6, 2021 at 22:14

    wah senangnya yg sudah bergavung dgn klsnya mas irwin dan mas pewe.
    kko uda jago tekbik seo nya performa blog makin naik ya mbak

  22. Reply Helena January 6, 2021 at 22:51

    Hebaaat! ikutan kelas SEO kudu fokus dan langsung praktek supaya makin terasah.
    Aku belum bisa bagi waktu ke sini nih. Ngeblog masih santuy banget.

  23. Reply Idah Ceris January 6, 2021 at 23:57

    Seneeeng bangett belajar sama dua mastah ini, ya. Aku pernah juga dan merasa banyak bangett manfaatnya, Mbak. Btw, au juga masih belajar tentang LSI. Iyaa, emang butuh waktu untuk mengembangkan ilmu yang satu ini.

  24. Reply echaimutenan January 11, 2021 at 07:01

    seru ya ikutan kelas online seo gini
    semangat mak biar selalu update <3

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.