Kelebihan Komputer Generasi Kelima untuk Blogger

Tomoyo Rin

Updated on:

komputer generasi kelima dengan teknologi modern

Komputer telah mengalami perkembangan cukup signifikan dari waktu ke waktu. Salah satunya berupa kelebihan komputer generasi kelima sebagai penyempurna generasi sebelumnya.

Bahkan generasi kelima ini menjadi andalan berbagai kalangan. Baik karyawan, influencer, mahasiswa, bahkan blogger. Penasaran seperti apa ciri-ciri komputer generasi kelima dan bagaimana kelebihannya?

Yuk, lanjut baca informasi di bawah ini.

Contents

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1980 dengan menerapkan teknologi modern. Yang mana ada peningkatan dalam hal komponen dan visual warna yang berjumlah jutaan, serta resolusi tinggi yang lebih tajam.

Sedangkan teknologi modern yang digunakan yaitu superkonduktor, Ultra Large Scale Integration (ULSI) dan Artificial Intelligence (AI) berupa kecerdasan buatan.

Superkonduktor berupa parallel processor computers yang dapat mengirimkan informasi dalam jumlah besar dengan kurun waktu yang lebih cepat ke berbagai perangkat. Sedangkan teknologi ULSI mampu memadatkan 10 juta komponen dalam satu mikroprosesor.

Berbeda dengan kecerdasan buatan AI, walau masih dalam tahap pengembangan namun teknoologi satu ini sudah digunakan berupa face recognition pada kamera dan lainnya.

Adapun ciri-ciri komputer generasi kelima, yaitu:

Memiliki Banyak Fitur

Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi kelima memiliki banyak fitur yang menguntungkan bagi penggunanya. Seperti editing foto, video, dan bisa melakukan komunikasi melalui audio.

Bentuk yang Lebih Minimalis

Memiliki tampilan yang minimalis dengan bobot ringan, komputer ini mendukung mobilitas. Karena dapat pengguna gunakan kapan saja dan mudah membawanya kemana saja.

Adanya Teknologi Chip

Tampilan komputer yang minimalis dengan adanya dukungan teknologi chip. Walaupun bentuknya kecil, tetapi memiliki performa yang handal.

Dari ciri-ciri di atas pastinya sudah ada gambaran dong, apa saja yang termasuk komputer generasi kelima? Ya. Laptop, Notebook, MacBook, ChromeBook, dan UltraBook termasuk komputer generasi kelima.

Baca Juga: Interaksi Virtual di Metaverse Sebagai Planet Baru Masa Depan

Kelebihan Komputer Generasi Kelima

kelebihan komputer generasi kelima untuk blogger

Dengan menggunakan teknologi modern, generasi kelima ini tentunya akan memudahkan setiap pekerjaan. Seperti blogger yang tidak bisa lepas dari penggunaan komputer maka komputer yang cocok harus bisa mendukung mobilitas.

Berikut ini keunggulan komputer generasi kelima.

1. Tampilan Visual yang Tajam

Dengan menerapkan HD (High Definition) maka visualisasi komputer menjadi lebih tajam. Bahkan mendukung visualisasi 3D dalam bentuk audio.

2. Memori Penyimpanan Besar

Komputer generasi kelima memiliki memori yang cukup besar dari generasi sebelumnya. Sehingga tidak memerlukan media penyimpanan lain untuk setiap file dokumen, foto, video, maupun audio.

3. Praktis Dibawa Kemana Saja

Mau bawa komputer kemana saja jadi lebih nyaman dan praktis karena memiliki bobot yang ringan. Bentuk dan ukurannya pun minimalis dan muat di tas.

4. Lebih Banyak Fungsinya

Komputer generasi kelima ini memiliki banyak fungsi, sehingga bisa mengerjakan banyak hal dari satu perangkat dengan cepat. Hal tersebut karena ditunjang dengan kinerja komputer yang stabil.

5. Harga Lebih Terjangkau

Walau menggunakan teknologi canggih yang lebih modern, komputer generasi kelima lebih murah dari generasi-generasi sebelumnya. Yang mana dari berbagai kalangan dapat memiliki komputer untuk berbagai kebutuhan.

Kelebihan komputer generasi kelima yang menggunakan teknologi superkonduktor, ULSI, dan AI ini mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengerjakan berbagai aktivitas. Sesuai banget dengan kebutuhan blogger untuk mengolah berbagai data di website pribadinya.

Bagaimanapun banyak aktivitas yang dilakukan dari membuat tulisan, editing foto, video, bahkan audio. Belum mengelola website agar selalu memiliki performa baik dengan hosting yang digunakannya.

Berbicara mengenai hosting alangkah baiknya beli hosting di Indonesia yang memiliki fitur-fitur terbaik agar performa website tetap optimal. Penting juga untuk memilih hosting yang memiliki keamanan terjamin agar tidak mudah diretas dan terserang virus. Seperti komputer generasi kelima yang mampu memberikan performa terbaiknya bagi pengguna.

Teknologi tentunya terus mengalami perkembangan cukup cepat dan pesat. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan muncul komputer generasi keenam yang lebih canggih. Terlebih teknologi AI masih dalam proses pengembangan dan tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan hal baru yang tidak terduga. Kita tunggu saja, ya.

8 pemikiran pada “Kelebihan Komputer Generasi Kelima untuk Blogger”

  1. wah penasaran semoga bisa kebeli komputer dengan generasi kelima ini mba Er, speknya pastinya mumpuni banget ya dan pastinya teknolohinya sudah yang paling baru dikelasnya. Tapi harganya malh lebih terjangkau ya meskipun teknologinya canggih, penasaran

    Balas
  2. Ealaaaa serius, aku baru tahu komputer generasi kelima pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1980. Aku pikir di Amerika. Hahahaha. Sekarang perkembangan teknologi komputer udah seperti mengedipkan mata ya mba. Sangat cepat inovasinya.

    Balas
  3. Rupanya kemunculan komputer jinjing alias laptop yang sekarang hype digunakan sudah dikembangkan sedari lama ya. Bakalan secanggih apa nantinya komputer generasi keenam ya? Akan makin memudahkan kita kah?

    Balas
  4. Selama ini aku nggatau kalo laptop yang kupinjam dari suami udah gen5, ternyata emang sengefek itu sih yaa kak sama kerjaan, apalagi buat yg punya website harus didukung dengan perangkat dan jaringan yang oke

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.