Kreasi Paper Quilling, Kerajinan Unik Menggulung Kertas

women quilling paper scaled

Ada yang tahu apa itu kreasi paper quilling? Aku sendiri baru tahu tahun ini saat lagi ngubek youtube belajar origamai 3D. Dalam kolom pencarian muncul tutorial membuat paper quilling. Berhubung jiwa penasaranku selalu menggebu acap kali menemukan kreasi yang unik dan menarik, akhirnya aku coba mempelajarinya.

Pertama yang aku lakukan setelah menonton tutorial adalah mencari alat dan bahan-bahannya. Waktu memerhatikan alat dan bahannya aku merasa de javu. Seperti pernah melihatnya. Ya. Tidak lama ingatanku semakin jelas. Toko Buku. Benar saja saat kembali mengunjungi toko buku langganan tersedia tool yang dibutuhkan beserta kertasnya.

Sayangnya untuk varian warna kertas sangat sedikit. Aku mencoba cari di e-commerce. Dapat, dong. Baru tahu di Indonesia ada yang jual ternyata. Maklum si tutorial yang aku dapat di youtube kebanyakan orang luar. So, agak was-was gimana gitu, takutnya di Indonesia tidak ada.    

Asal Mula Kreasi Paper Quilling

Mengenai sejarahnya, usut punya usut paper quilling sudah ada sejak abad ke-17 di Eropa. Kalau di sana terkenal dengan sebutan paper filigree atau roll work. Hasil dari menggulung kertas bisa untuk ornamen dinding, penghias meja, aksesoris, hiasan undangan dan lain-lain.  

Cara Membuat Kreasi Paper Quilling

Cara pembuatannya sendiri ada beberapa jenis, tergantung pola dan jenis gambar yang akan dibuat. Sebelum itu lebih baik pelajari pola dasarnya terlebih dahulu. Ada pun jenis-jenis dari pola dasarnya yaitu Tight Coil(lingkaran), Closed Coil (menjorok ke dalam), Tear Drop, Petal, Marquise(menyerupai mata), Shaped Marquise(bentuk daun. Masih ada beberapa jenis lagi untuk daun), Half moon (crescent), Triangle, Tulip, Bunny ear (shield), Arrow (dart), Star, Square, Holly leaf, Fringed flower, dan Open Heart.  

pola dasar paper quilling

Dengan mempelajari pola dasar di atas akan memudahkan kita saat membuat kreasi paper quilling sesuai desain yang diinginkan. Termasuk desain yang rumit. Sedangkan, untuk alat dan bahan tempur membuat paper quilling, berikut ini :  

Alat dan Bahan

  1. Paper quilling (ukuran lebar 1 cm, 5 cm, 7 cm)
  2. Jarum quilling
  3. Gunting
  4. Lem kertas
  5. Pinset  
  6. Quilling mate (untuk mempermudah membuat pola dengan ukuran yang sama)
alat dan bahan

Hasil Kreasi Paper Quilling 

Berikut ini beberapa hasil paper quilling yang sudah aku buat.

Sang Balerina

balerina quilling paper

Beautiful Girl’s

women quilling paper scaled

Cute Owl Paper Quilling

cute owl kreasi paper quilling

Beauty in Your Head

Kreasi satu ini, aku mencoba buat versi paper quilling dari gambar punyanya Mba Carolina Ratri.   

kreasi-paper-quilling-beauty-in-your-head

Tertarik pengin berkreasi dari kertas seperti di atas? Boleh cek cara pembuatan detailnya di youtube. Pengennya si bikin tutorial sendiri. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa terwujud.   

Previous Post Next Post

3 Comments

  1. Reply Fely Ina Mei 24, 2017 at 03:34

    Aaaaaak, kereeen. Aku pernah nyiba bikin quilling paper art begini. Tapi end up dibuang. nggak telaten bikinnya. Hihihihi

  2. Reply Ophi Ziadah Mei 26, 2017 at 02:16

    ih keren yaa, kreatif
    bs diperkenalkan ke bocah2 nih…

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.