liburan ke australia
Luar Negeri

Liburan ke Australia: Keren! Wisata Alamnya Bikin Baper.

Mom, Liburan ke Australia, yuk? Lagi ada promo tiket pesawat super murah, lho!

Ajakan temanku saat itu memang menggoda setelah ditunjukan promo tiket pesawat murah di salah satu aplikasi. Sayang sekali aku belum punya paspor dan kondisi akhir-akhir ini yang super sibuk di kantor hingga pindahan rumah yang menyita banyak waktu sehingga tidak ada waktu untuk melancong. Beginilah jika tidak berjodoh, tinggal cari promo di kesempatan lainnya sambil mengurusi pembuatan paspor. Hehe.

Btw, ngomongin Australia, apa yang teman-teman ketahui tentang negara satu ini? Kalau aku malah ingat lagu Trio Kwek-Kwek dengan judul “Katanya”. Australia disebut sebagai negara kanguru dengan memiliki senjata bernama bumerang. Ya, lagu masa kanak-kanak yang membuat anak tahun 90’an jadi hafal tentang ciri khas dari negara-negara yang ada di dunia.

Selain kedua hal di atas, Australia memiliki sebuah kota yang sering dijadikan setting tempat pembuatan film. Baik film Indonesia maupun luar negeri yaitu Sydney. Sydney memang menarik perhatian, terlebih di sana ada sebuah gedung opera dengan desain yang unik bernama Sydney Opera House. Dibangun pada abad ke-20, dan dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2007

Iklim di Australia yang Unik

Wow, menarik sekali bukan? Keunikan lainnya yang dimiliki Australia adalah siklus iklim dengan tekanan atmosfer rendah sehingga menghasilkan siklon dibagian utara Australia. Hal tersebut menyebabkan musim di Australia berlawanan dengan negara-negara di utara dunia.

Seperti, saat di Jepang musim dingin, di Australia adalah musim panas yang jatuh dari bulan Desember – Februari. Musim semi dari September – November, di mana wisatawan yang melancong ke Jepang sedang menikmati momiji. Untuk musim dingin di Australia dari Juni-Agustus dan Musim gugur dari Maret-Mei.

Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Australia sebaiknya memperhatikan kondisi iklim di sana untuk mempersiapkan perjalanan yang lebih baik. Dengan memperhatikan siklus iklim, kita dapat menentukan tujuan wisata dengan tepat. Seperti liburan akhir tahun mendatang yang tinggal 3 bulan lagi.

Di musim panas lebih asyik mengunjungi Pantai North Point Moreton Island yang memiliki pasir putih dan air laut yang biru. Berbeda jika ingin berlibur di musim semi, teman-teman bisa berkunjung ke Canberra untuk menikmati Festival Bunga terbesar di Southern Hemisphere, Floriade. Sedangkan untuk wisata alam, sebaiknya berkunjung bi saat musim gugur, saat daun-daun berubah warna dan cuaca hangat.

5 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Rencana Liburan Ke Australia

Keunikan siklus iklim di Australia, ternyata membuat negara satu ini memiliki destinasi wisata alam yang memukau. Tidak ada salahnya, walau Indonesia memiliki wisata alam yang tidak kalah kerennya, kita juga menikmati alam di negeri kanguru tersebut. Berikut list destinasi wisata alam Australia yang bisa kamu masukan ke daftar list perjalananmu.

Taman Nasional John Forest

kanguru australia

Sebagai salah satu kawasan konservasi tertua dan pertama di Australia Barat, taman nasional satu ini memang sayang jika dilewatkan. Di sini pengunjung bisa bersantai sambal menyaksikan kanguru asli Australia dan burung-burung yang hilir mudik di hutan alami ini.

Kalbarri National Park

kalbarri national park australia

Masih di Australia Barat, Taman Nasional Kalbarri terletak disepanjang sugai Murchison. Terdapat tebing dengan ketinggian kurang lebih 100 meter dan memiliki 21 spesies flora yang bermekaran dari akhir musim dingin higga awal musim panas. Salah satu jenis bunga yang dapat ditemukan di sana adalah Verticordia chrysantha.

Liburan di sini adalah paket komplit karena pengunjung dapat meikmati keindahan laut dengan snorkelling atau diving dan yang suka jalan santai bisa menyusuri hutan semak dan menunggang kuda. Lebih seru jika dapat menaiki kapal pesiarnya.

Pigeon House Mountain

pigeon house montain untuk liburan ke australia
Sumber gambar: nationalparks.nsw.gov.au

Bagi para pendaki, Pigeon House Mountain adalah salah satu gunung di Australia yang harus dikunjungi karena memiliki pemandangan yang menakjubkan. Jika cuaca cerah pendaki dapat menyaksikan Sungai Clide hingga teluk Jervis dan Bermagui. Pendaki juga dapat menyaksikan bunga langka yang memiliki batang dengan berbagai warna krem, putih, abu-abu dan hampir kuning yaitu Pigeon House Ash eucalypts. Jalur pendakian yang melewati hutan dan bebatuan, lebih baik tidak daki saat musim hujan.

Valley of The Giants Treetop Walk

valley of the giants treetop walk walpole-nornalup national park
sumber gambar: australia.com

Ingin menguji adrenalin? Berkunjung ke Hutan Belantara Walpole adalah pilihan yang tepat. Di kawasan hutan ini dibangun sebuah jembatan dengan ketinggian 40 meter di atas permukaan tanah. Posisi pohon ini tepat berada dipuncak-puncak pohon sehingga pengunjung dapat menikmati suasana hutan dari ketinggian. Kerennya jembatan ini aman untuk anak kecil dan penyandang disabilitas.

Kakadu National Park

liburan ke australia mengunjungi kakadu national park
Sumber gambar: australia.com

Di Taman Nasional Kakadu terdapat air tejun bernama Jim Jim Falls dan Twin Falls. Di sini juga wisatawan dapat menikmati budaya Aborigin kuno.

Muslim Halal Travel Bersama Cheria Halal Travel

So, Mau pilih berkunjung ke mana? Dengan destinasi wisata alam yang keren tersebut, sayang jika tidak dijamah. Selain iklim, negara Australia tidak memiliki agama resmi, sebagian besar penduduk di sana beragama Kristen. Beberapa penduduk beragama, Islam, Budha, Hindu dan Yahudi.

Sedangkan kita yang Mayoritas beragama islam, kendala berwisata ke luar negeri adalah mengenai kuliner. Sebagai muslim tidak dapat sembarangan jajan atau makan selagi belum diketahui halal tidaknya makanan tersebut. Hal itu juga yang menjadi pertanyaan temanku saat mengajak liburan ke Australia.

Lebih baik menggunakan jasa travel tidak sih, agak khawatri dengan kulinernya?

Menggunakan jasa travel memang sangat membantu. Apalagi jika travel tersebut mengusung halal travel seperti Cheria Halal Holiday Travel yang tidak diragukan lagi kualitas pelayanannya. Selain negara-negara Asia, jam terbang Cheria Travel sudah mengajak wisatawan untuk halal travel ke Eropa dan negara lainnya di seluruh dunia. Selain itu ada juga pelayanan haji plus dan umroh cheria, di mana sudah mendapatkan izin resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia pada 20 juli 2016 dengan no. 368 tahun 2016.

liburan ke australia bersama cheria halal holiday

Paket tour muslim friendly bisa cek di website langsung atau mengunduh aplikasi cheria travel. Seperti paket tour Australia yang ditawarkan untuk paket tour winter 2019 selama 8 hari. Wisatawan akan diajak menikmati salju di Mount Buller Melbourne dan tujuan akhir Sydney sebelum kembali ke tanah air. Oh, Sydney aku mendadak teringat dengan petualangan dori, nemo dan ayahnya. Akan tetapi, bukan berarti harus mengikuti jejak mereka berenang dilautan, karena sudah ada Cheria Travel.

Tiket pesawat, akomodasi hotel, transportasi selama perjalanan, makan, tiket masuk objek wisata, sudah termasuk di dalam biaya yang ditawarkan oleh travel. Kita tinggal santai, dan menyiapkan dana untuk kebutuhan pribadi serta pengeluaran yang tidak tercantum di biaya perjalanan seperti visa Australia.

Bagaimana? Sudah memutuskan kapan liburan ke Australia? Yuk, rencanakan dengan matang dan nikmati keindahan alam negeri kanguru di setiap musimnya.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

61 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.