Kesehatan Tips

Meminimalisir Alergi Rhinitis dengan 2 Cara Mudah Berikut Ini!

cara meminimalisir alergi rhinitis

Ada yang punya riwayat alergi rhinitis?

Tentunya, siapapun tidak ada yang ingin merasakan alergi karena alergi bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Tapi, setiap orang bisa saja menderita berbagai alergi tergantung bagaimana kondisi tubuhnya. Maka dari itu, alergi perlu diwaspadai karena bisa menyerang ketika sesuatu hal datang dan menyebabkan terjadinya alergi.

Termasuk rhinitis alergi yang bisa menyerang siapapun. Alergi satu ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman terutama pada area rongga hidung. Sudah ada banyak website kesehatan yang mengulas seputar penyakit yang satu ini lengkap dengan obat yang bisa teman-teman beli di sini dan tulisan ini akan mengulas seputar cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mencegah terjadinya alergi tersebut.

Baca Juga: Hindari 5 Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Terbesar di Dunia.

Cara Mencegah Alergi Rhinitis

penyebab alergi rhinitis
Serbuk sari dari tanaman bisa menjadi salah satu penyebab rhinitis.

Bersihkan perabotan rumah

Setiap rumah tentu tidak hanya diisi oleh orang-orang yang tinggal dirumah tersebut saja. Di dalam rumah terdapat pula perabotan rumah yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Perabotan rumah seperti meja, kursi hingga hiasan dinding perlu menjadi perhatian karena bisa menjadi awal mula penyebaran rhinitis di rumah.

Saat perabotan yang ada di dalam rumah tidak dibersihkan dengan baik, maka perabotan tersebut akan menjadi sarang debu dan kotoran. Debu yang menempel pada perabotan rumah perlu diwaspadai karena menjadi penyebab utama terjadinya rhinitis alergi. Bersihkan debu dengan menggunakan lap basah agar debu bisa terangkat dan tidak menyebar kemana-mana. Alergi ini pun bisa dicegah dengan merawat perabotan agar bebas dari debu.

Perhatikan sirkulasi udara di dalam rumah

Penyakit bisa menyebar dari mana saja, mulai dari makanan, air, sampai udara. Udara merupakan salah satu yang paling perlu diwaspadai karena kasat mata dan bisa menyerang siapa saja. Termasuk penyakit rhinitis yang besar kemungkinan penyebarannya melalui udara yang ada di lingkungan sekitar kita.

Agar udara yang ada di rumah tidak menjadi salah satu wadah penyebaran rhinitis alergi, maka sebaiknya perhatikan selalu sirkulasi udara yang ada di dalam rumah. Rumah dengan sirkulasi udara yang buruk akan mengakibatkan penyebaran penyakit rhinitis alergi jadi lebih cepat terutama apabila rumah tidak terjaga kebersihannya. Berikan ventilasi yang memadai agar sirkulasi rumah tetap terjaga dan anggota rumah terbebas dari rhinitis alergi.

Sumber : https://www.goapotik.com/produk/modexa-0-05-nasal-spray-botol-60-dosis

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(36) Komentar

  1. Debu itu yang paling bikin KZL.! Apalagi buat yang tinggal di daerah panas, banyak lokasi industri, macam Sidoarjo.. Kayak saya.
    Awal tinggal disini rasanya engep.. Hirup udara kayak hirup debu. Tapi lama2 yaa pasrah juga. Alhamdulillah.. Ngga sampai krna alergi. Memang harus rajin2 bersih2 debu. Ditinggal tidur semalem aja, pagi lantai udah debuan lagi

    1. Betul mbak, udara memang merupakan salah satu yang paling perlu diwaspadaiĀ supaya tidak menimbulkan masalah alergi. Sementara dasain rumah modern terkadang kurang memperhatikan sirkulasi udara dengan baik. Barangkali karena keterbatasan tempat juga ya?

      1. Nah, rumah saya saja gak ada sirkulasinya mba, makanya kalau siang jendela dibuka.

    2. Betul mba, tempat tinggalku di kawasan industri dan debunya itu menmpel di mana-mana.

  2. Wiwin | Pratiwanggini.net menulis:

    Huhuhu… Sejak kemarau berkepanjangan ini dimana debu bertebaran dimana, saya sungguh merasa tersiksa. Kalau malam jadi sesak napas. Kalau pagi terpaksa bersin-bersin melulu. Sampai capek ngepel rumah dan perabotan karena debu balik lagi. Btw makasih tipsnya… Demi kesehatan emang ga boleh capek Bersih-bersih nih..

    1. Betul mba, pas angin kemarin debu pada masuk dan jadi sering bersin-bersin.

  3. hal penting sedari kecil yang harus dilakukan adalah rajin membersihkan lingkungan rumah.

    1. Betul mba, harus rajin bersih-bersih.

  4. Debu yang paling sering menyebabkan alergi buatku, efeknya bersin nggak berhenti šŸ™

    1. Makasiy sharingnya. Sejak di Malang aku malah parah kena alergi karena cuaca. Semoga kita semua sehat ya mba. Aamiin

      1. Amin, mba. Harus jaga kesehatan dengan udara saat ini yang sudah tidak bersih lagi.

    2. Gak nyaman banget kan mba, aku paling bete kalau bersinnya lagi mengendarai motor.

  5. Wiwin | Pratiwanggini.net menulis:

    Kemarau yang panjang bikin debu betah bersarang di rumah. Setiap hari saya terpaksa mengenakan masker. Kalo gak gitu, susah tidur (malamnya sesak napas, bangun tidur bersin-bersin).

    1. Punya alergi ya, mba.

  6. Makasih infonya Mbak, berarti untuk menghindari rhinitis ini yg perlu diperhatikan sirkulasi udara & kebersihan ruangan ya, duh harus rajin-rajin ngepel dan bebersih rumah nih apalagi rumahku pinggir jalan, kalo nggak dipel sehari kotor banget keliatannya

    1. Kalau aq punya alergi debujuga alergi dingin, Alhamdulillah semakin kesini, semakin kebal

    2. Bener Mba, debu bikin pemicu alergi disertai udara yang membawanya.

      1. Alhamdulillah, semoga sehat selalu.

    3. IYah mba, harus rajin bersih-bersih. Terutama jika tinggal dilingkungan dengan kadar debu yang lebih buanyak.

  7. Denik menulis:

    Duh, urusan debu kadang bikin stress. Mau cuek efeknya bikin alergi ya? Jadi repot. Tapi memang harus peduli kalo mau sehat ya Mba.

    1. Debu ternyata bisa jadi sumber alergi ya, kalau aku alergi keringat, jadi keringat dikit langsung gatal deh

      1. debu, serbuk sari bunga, itu bisa jadi sumber alergi.

    2. Jangan dicuekin mba, karena debu itu memang bahaya banget.

  8. Saya baru tahu istilah rhinitis ini. Apakah salah satu gejalanya itu hidung sensitif sekali dan sering bersin? Kalau iya, mungkin adek saya alergi seperti ini nih. Dia anti banget dengan debu. Kalau kena, alamat deh bersinnya sampai sepuluh episode, hehe

    1. Bisa, mba. Lebih lanjut bisa cek ke dokter.

  9. Suamiku penderita alergi rhinitis ini, Mbak
    Waktu ini kami renovasi rumah, selama 3 bulan dia tersiksa banget. Hiks
    Pas selesai ya sudah..enakan lagi
    TFS ya Mbak

    1. Bisa bayangin nih mba betapa tersiksanya. Tetanggaku sampai ngontrak karena rumahnya di renov.

  10. Rika Widiastuti Altair menulis:

    Rhinitis ini bisa berdampak asma nggak sih mbak? Soalnya temanku alergi debu. Kalau kena debu dikit aja langsung kambuh asmanya.

    Rumahku kebetulan pinggir jalan. Dan memang perlu waktu dan intensitas ekstra buat beresin rumah. Debunya rajin banget datang soalnya. Thanks mbak. Aku jadi makin aware dengan kebersihan lingkungan di rumah. Takut rhinitis

    1. kalau punya riwayat asma bisa berpengaruh.
      Rumahku gak pinggir jalan tapi debu tetap masuk mba, maklum tinggal di kawasan industri.

    2. membersihkan perabotan rumah juga ada teknik khusus…gak bisa langsung asal lap agar debu gak kemana2. lebih baik pakai lap basah, ribet dikit sih

      1. Ada aturannya ya, mba biar debu gak ke mana-mana.

  11. Kalau sedang bersih-bersih, biasanya hidung terasa nggak nyaman, lalu bersin-bersin… apakah ini tanda alergi rhinitis ya?

    1. Gejalanya memang bisa dari kotoran saat bersih-bersih mba, namun jika tidak berkepanjangan itu alergi biasa. Rhinitis biasanya berlangsung selama dua pekan dan keluar cairan bening dari hidung.

  12. Aku mbak!! Duh kalau udah ada deny atau dingin udah deh langsung pilek. Sekarang sih mending ya, dulu malah seminggu bisa 4 kali pilek coba. Dan emang harus banget jaga lingkungan sekitar biar rhinitis ga terus terus an kumat. Nyiksa bangetbsoalnya

    1. Gak nyaman banget pasti ya,mba pilek terus.

  13. Alhamdulillah saya tidak memiliki riwayat alergi. Tapi tetep kalau sama yang namanya debu sih, bikin ga nyaman. Bersih2 mah wajib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.