Perjalanan

Mengelilingi Situ Cileunca Pangalengan Bandung. Wow, Ketemu Atlet Dayung.

berkunjung ke situ cileunca pangalengan bandung

Situ Cileunca awalnya merupakan salah satu sumber PLTA (pembangkit listrik tenaga air) untuk operasional pabrik teh dan penerangan di Kota Bandung saat zaman penjajahan. Sedangkaan saat ini berfungsi sebagai cadangan air bersih dan objek wisata.

Ada beberapa objek wisata yang bisa dinikmati di Situ Cileunca ini seperti rafting, outbound, keliling danau dengan perahu, berkunjung ke kebun stroberi dan berkemah.

Baca Juga: Liburan Keluarga di Pangalengan Bandung.

Fasilitas dan Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat karena beberapa aktifitas berbeda dapat dinikmati di sini. Dari olahraga ekstrim hingga berkebun.

Tiket masuk ke Situ Cileunca sangat murah cukup mengeluarkan kocek Rp. 5.000/orang. Sedangkan untuk wahana lainnya ada tiket tersendiri. Seperti naik perahu dikenakan biaya Rp. 20.000/orang. Arung Jeram dikenakan biaya Rp. 120.000.

Di dalam situ ada beragam penjual makanan. Ada Bakso, Mie Ayam, Cilok, dan jajanan untuk mengenang masa kanak-kanak. Penjual mainan juga ada, lho. Nah berhubung cuaca Pangalengan dingin dan langit mulai petang, aku memilih jagung bakar yang memiliki rasa manis alami. Semanis aku. *Plakk

jagung bakar situ cileunca pangalengan
Jagung Bakar Super Nikmat Setelah Keliling Situ.

Baca Juga: Sensasi Rafting di Sungai Palayangan Situ Cileunca Bandung

Situ Cileunca Rumahnya Atlit Dayung Indonesia

rafting situ cileunca bandung
Sebelum menuju lokasi rafting harus menyebrangi situ terlebih dahulu.

Selain objek wisata dan fungsi Situ Cileunca yang aku sebutin di atas. Danau buatan ini menjadi tempat latihan para atlet dayung. So, saat aku mengelilingi danau bertemu dengan beberapa atlet yang tengah mendayung. Ada yang berdua, ada juga yang sendirian. Kerennya itu karena perahu yang digunakan untuk dayung adalah perahu quadruple scull yang super kecil memanjang sehingga cukup untuk satu orang. Kalau ada empat atlet dalam satu perahu maka posisinya berjajar ke belakang . Ada juga yang memang khusus satu orang, yang terekesan lebih mengerikan buatku.

Danau yang tenang memang cocok dijadikan tempat untuk mendayung. Tidak salah jika Situ Cileunca dijadikan sebagai tempat latihan untuk para atlit Indonesia. Cuaca yang segar juga sangat mendukung agar terhindar dari stres.

Aku orang yang meyakini apa pun profesinya setiap orang akan mengalami stres karena masing-masing memiliki mimpi dan harapan. Dari proses hingga hasilnya selalu ada kerikil kecil yang menghalang. Setidaknya udara yang segar, apalagi memiliki view yang indah seperti Pangalengan akan membuat otak berpikir waras. Berbeda denganku yang tinggal di kota industri, belum macet dan cuaca panas, kerjaan super numpuk sangat terasa lelahnya hingga stres kalau tidak dikelola dengan baik akan membuat tumbang.

Kesan Mengunjungi Danau Cileunca

tempat foto situ cileunca
Selfie dulu. πŸ˜€

Di Pangalengan, khusunya Situ Cileunca yang menyediakan fasilitas menarik untuk wisatawan akan membuat liburan penuh warna. Akan banyak cerita dan pengalaman yang didapat. Sayangnya, di sekitaran Situ aku susah sekali menemukan tong sampah. Bahkan beberapa titik tidak sedap di pandang mata karena sampah yang berserakan. Sangat disayangkan memang, padahal pengunjung lumayan banyak. Semoga kedepannya tersedia tong sampah di banyak titik, terutama yang banyak pedagangnya.

Berhubung aku mengunjungi danau buatan ini pukul lima sore, saat mengelilingi danau dengan perahu semilir angin malam menyapa membalut seluruh tubuh dan menciptakan sensasi dingin yang tidak nyaman. Ya. Aku tidak begitu suka angin malam karena dinginnya bisa membuat masuk angin. Si Bule malah ngantuk dibuatnya, padahal dia yang antusias pengin naik perahu. Akan tetapi, setelah perahu kembali menepi ke tempat keberangkatan cuaca dinginya kembali normal.

Beberapa pengunjung begitu penasaran ingin berkeliling dengan perahu karena dikejauhan sana ada jembatan merah yang populer. Satu keluarga yang terdiri 5 orang tersebut menyewa satu perahu karena jika gabung dengan pengunjung lain harus menunggu banyak dulu, sedangkan jarum jam terus berputar membuat mentari perlahan kembali ke peraduan. Yang perlu diperhatikan saat menyewa satu perahu harus jago tawar-menawar.

Mengunjungi danau yang sudah ada sejak zaman penjajahan ini sangat menyenangkan. Banyak hal yang bisa dinikmati entah itu dari suasananya maupun fasilitas yang ditawarkan. Oleh karena itu, buat teman-teman yang mau rencanakan liburan coba saja ke Pangalengan di Bandung Selatan. Dijamin seru! Bisa khusus jadi family holiday atau berlibur dengan teman satu geng. Atau mau ngajak pacar? Silahkan!

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(44) Komentar

  1. menulis:

    oalah kangen banget ini ke wisata situ cileunca. Meskipun orang Bandung, tapi jarak tempuh dari rumah ke ciwidey ini lumayan bikin pegel. Semakin bagus yah dan tertata, mudah-mudahan objek wisata yang lain pun semakin berbenah jadi semakin menarik

    1. Iyah betul mba karena di Bandungnya lebih ke pegunungannya.

    2. Wah,aku selama di Bandung 3 tahun,malah belum pernah sama sekali mampir ke Situ Cileunca,ternyata sebagus itu ya.

      1. Silahkan mampir mba. Hehe

  2. sepertinya ini tempat yang pas banget untuk liburan keluarga.. Ortu refreshing, anak-anak puas main di alam daripada ngemall lagi ngemall lagi..

    1. Haha… ngemall malah ngabisin uang ya, mba.

      1. Wah, belum pernah kesana nih. Jadi pengen coba gimana rasanya mendayung disana. Pasti seru ya.

        1. seru mba, silahkan liburan ke sana.

  3. Bandung emang pemandangan wisata alamnya indah banget ya, Sayang pas ke sana tidak lama. Mungkin nanti saya bisa jadwalkan lagi ke Bandung yang agak lama biar gak rugi-rugi banget

    1. Betul mba, belum terjajah semua wisatanya.

      1. Awww ada arung jeram, jadi pengen lagiiii, 120ribu termasuk murah yaaa itu arung jeramnya, apa mungkin karena medannya gak terlalu jauh/ terjal kali ya?

        1. Jauh mba. Aku malah kiranya sebentar. Hehe.. kalau medan si bisa dibilang lumayan, lah.

    2. Murah banget, htm-nya. Btw, Bandung memang terkenal dengan alamnya yg indah. Asyik banget ya kalau bisa ke sini. Semoga suatu hari nanti bisa menginjakkan kaki di Bandung.

      1. Yap bagusnya memang kebersihan di tempat wisata perlu dijaga baik2 ya Mbak. Paling tidak harus tersedia banyak tempat sampah. Juga harus ada kesadaran dari para pengunjung.

        Terlepas dari itu ini tempat wisata yang menarik ya. Kalau ke Bandung kudu ke sini nih. Penasaran, pemgen nyobain ar jeramnya

        1. Iyah mba, kebersihan itu wajib si, apalagi di tempat wisata biar lebih enak di pandang.

  4. huaaa. InsyaAllah aku mo kesini nanti bulan September mbak (masih lama siy – hehehehe). Siap-siap mengarungi perahu keliling Situ Cileunca. Udaranya pasti masih segar karena dikeliling kebun teh ya mbak. Oh, disini malah lebih ramai untuk olahraga ya, beda ama Situ Pangalengan yang super tenang.

    1. Sudah dekat mba September mah, aku baru tahu ada situ pangalengan. Hehe

      1. Waaww….seru ya mba, jd kangen nih lama gak jln2 di alam. Di Situ Cileunca tiketnya murah ya…Ehh tapi tiap spot byr ya?

        1. iyah mba, tiketnya terpisah tapi insyallah masih aman di kantong.

  5. Danau ini termasuk danau buatan kah mbak? Seneng juga ya bisa mengisi waktu libur dengan mengunjungi tempat wisata keluarga..

    1. Betul mba danau buatan, yang dibangun semasa penjajahan belanda.

      1. menulis:

        Pingin ke sini jugaaaa…
        Kapan ya bisa main-main ke sini. Nunggu liburan pasti macet banget perjalanan Bogor Bandung. Huhuhu…

        1. menulis:

          Ini dibuka tiap hari gak sih mbak?

          1. menulis:

            setiap hari mba.

  6. Saya pernah ke Situ Cileunca, tapi enggak naik dayung. Hanya sekadar makan-makan bareng keluarga saja. Wah, senang juga, ya, bisa ketemu atlet dayung

    1. Asyik ya mba kumpul keluarga di sana. Iyah bisa ketemu atlit dayung.

  7. Bandung keren semua ih tempat wisatanya, termasuk Situ Cileunca ini. Lihat reviewnya aja udah adem di mata hihi.

    1. Betul mba, wisata Bandung tidak ada habisnya.

  8. aku belum pernah kesitu mbak, sepertinya menarik ya hehehe

    1. Silahkan mba berkunjung.

      1. Sekarang banyak ya mba situ situ yang sudah dibuat menjadi tempat wisata.yang menarik, salah satunya ya situ Cileunca ini

        1. Betul mba. Lumayan buat refresing warga sekitar.

  9. Menarik ini mb. Tempat liburan dgn pemandangan yg asri pasti. Saya suka melihat danau atau sungai. Saya memang blm pernah ke bandung. Tpi ini jadi list buat holiday kelak. Makasih ya mb.

    1. Silahkan mba, semoga bisa berlibur di situ cileunca.

  10. Asih menulis:

    Saya baru tahu nih Mba, maklum bukan orang Bandung. Next, bisa berkunjung ke sini deh, menarik dan bisa untuk family holiday

    1. Aku juga kalau gak ke sini, gak bakalan tahu mba. Hehe

  11. Wih bandung… ini kota favorit destinasi wisata versi aku, setelah malang… pengen lagi deh ke bandung soalnya pengen menjelajah wisata dan kulinernya

    1. aku belum ke malang, pengin banget liburan ke sana.

  12. Wah, lengkap ya… Ada arung jeramnya juga.. Arusnya berarti deras ya? Ini buatan atau alami ya mb situnya?

    1. iyah mba ada arung jeramnya, musim kemarau tidak begitu deras. buatan, mba.

  13. Saya belum pernah mbak ke situ. Semoga… Lain waktu bisa ke sana, hehehe

    1. amin, mba. semoga terlaksana.

  14. Wah baru tau nih saya ternyata selain di Situ Ciburuy, Padalarang ada juga atlit-atlit dari daerah lain, seperti Situ Cileunca. Selama ini yang saya tau cuman di Situ Ciburuy aja para atlit berlatih, mungkin karena emang sayanya aja kali ya yang main diseputaran ciburuy aja, jadinya gak tau kalau ada ditempat lain hehe.

    Btw itu arum jeramnya di lokasi situnya atau ada tempat lain ya?

    1. Masih di daerah sana. Ada di aliran sungai Situ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.