Tips

Percantik Postingan Blog dengan Foto untuk Menaikkan Trafik

percantik postingan blog dengan foto

Salah satu hal dalam mengoptimalkan peluang blog agar menghasilkan pundi-pundi rupiah adalah dengan percantik postingan blog. Tentunya tulisan yang tayang tidak lepas dari konten yang menjadi pondasi utama dalam meningkatkan trafik.

“Conten is king and consistent is key.”
ariev rahman conten is king
Ariev Rahman
Travel Blogger

Pondasi kuat dalam membangun sebuah blog adalah konten dan konsisten. Termasuk dalam meningkatkan trafik blog. Konten yang unik dan menarik pasti akan mendatangkan banyak pengunjung. Akan tetapi, konten saja tidak cukup jika pengemasannya kurang memuaskan hati pengunjung.

Seperti membuat artikel yang isinya full text dengan panjang sampai 2000 kata. Yakin pengunjung akan betah dengan teks sepanjang itu? Tidak! Tidak menjamin karena membaca artikel yang panjangnya 500 kata saja terkadang hanya baca setengahnya. Oleh karena itu, dalam mengoptimalkan suatu blog agar visitor tertarik datang lagi dan lagi perlu membuat konten dengan pengemasan yang apik. Tidak hanya mengandalkan sebuah teks saja melainkan harus ada media visualnya seperti foto, infografis, atau video.

Hal tersebut juga berhubungan dengan kerja otak manusia yang tidak dapat sepenuhnya mencerna sebuah teks. Dilansir dari grid.id Psikolog Haig Kouyoumdjian Ph.D dalam tulisannya Psycholog Today menyebutkan bahwa otak manusia memiliki Korteks Sensorik yang sebagian besar ditujukan untuk penglihatan. Sedangkan bagian otak yang lain bertugas mengolah kata dengan kapasitas yang lebih kecil atau sedikit.

Saat mata kita menangkap sebuah gambar hanya membutuhkan satu-dua tahap untuk otak merespon dan menyimpan sebagai memori. Berbeda dengan teks, otak perlu mencerna, memahami sebelum memori menyimpannya.

Selain itu, postingan yang dikemas menarik membuat visitor akan berlama-lama saat mengunjungi suatu blog. Lamanya pengunjung akan mempengaruhi bounce rate atau persentase kunjungan halaman blog dalam satu session. Semakin lama pengunjung berada pada suatu blog maka bounce rate akan rendah, sebaliknya jika sebentar maka bounce rate menjadi tinggi. Persentase kunjungan yang baik adalah setelah membuka satu halaman, membuka halaman artikel lainnya. 

time on page percantik postingan blog

Trafik pada sebuah blog sangat penting terutama saat blog di monetisasi untuk mendatangkan penghasilan dengan memasang adsense dan sponsorship. Dalam meningkatkan trafik ini perlu effort yang besar terutama dalam menyajikan sebuah artikel. Salah satunya dengan menggabungkan teks dan media visual yang dapat kita gunakan seperti memasukan foto. Kenapa foto? Karena penggunaan foto mudah dan praktis.

Bagaimana foto dapat mempengaruhi trafik blog?

Membuat Betah Pengunjung

Pengunjung atau visitor dapat berlama-lama di blog jika tidak hanya teks saja yang ditampilkan melainkan ada media visual juga seperti foto. Foto dapat menggambarkan emosi yang kita bangun dalam tulisan. Seperti saat menggambarkan indahnya sunset pantai Kuta Bali. Jika dalam postingan tersebut tidak ada foto yang mampu menggambarkan visual keindahannya. Maka kesan indah tersebut tidak sampai ke pembaca. Berbeda jika ada fotonya pengunjung dapat menilai sendiri arti dari kata “indah” tersebut. Apakah indahnya dapat menarik hati untuk berkunjung ke pantai Kuta.

Sponsorship

Pasti senang jika blog yang awalnya kita bangun sekedar untuk berbagi pengalaman atau informasi malah menghasilkan. Terlebih jika dapat bekerjasama dengan brand besar. Uwu.. senang banget, deh. Nah, yang mempengaruhinya adalah trafik tinggi. Tidak heran jika blogger yang trafik visitornya ribuan menjadikan blog sebagai penghasilan utama.

Meningkatkan Penghasilan Adsense

Selain sponsorship, blog juga dapat menghasilkan uang dengan memasang google adsense. Tinggi rendahnya penghasilan dipengaruhi oleh trafik blog. Semakin banyak pengunjung, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan besar semakin tinggi.Bahkan saat pengunjung tidak klik ikan yang muncul di beranda blog, hitungan adsens tetap berjalan.

Dengan kata lain foto sebagai salah satu media pendukung sangat penting untuk terpampang dalam artikel blog. Secara tidak langsung pengunjung akan tertarik dengan blog jika penyajian konten blog bervariasi.

Tips Menghasilkan Foto Keren untuk Percantik Postingan Blog

Penggunaan foto untuk blog memang sangat simple. Kita bisa menggunakan foto dari google atau situs penyedia foto, tetapi tidak bisa sembarangan karena banyak foto memiliki hak cipta. Blogger bisa saja menggunakan foto milik orang lain asal mencantumkan credit foto.

Ada juga foto yang free credit atau bebas digunakan yang dapat di download dari pixabay.com, pexels.com dan situs lainnya. Walau begitu, sangat aman jika menggunakan foto milik sendiri. Setuju, dong? Selama kebutuhan foto bisa kita dapatkan sendiri, kenapa tidak memanfaatkan kecanggihan kamera handphone.

Ya. Cukup menggunakan smartphone yang kita miliki dapat menghasilkan foto yang tidak kalah kerennya dengan hasil bidikan dari kamera DSLR.
Smartphone zaman now itu kameranya pada canggih dengan fitur yang lengkap.

Dalam menghasilkan foto yang keren dengan smartphone berikut beberapa tips hasil mengikuti Webinar Koh Deddy Huang seorang travel blogger. Pada Jumat, tangggal 2 Oktober 2020 aku mengikuti webinar yang diadakan oleh IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) dan IM3 Ooredoo.

Kebutuhan Utama Foto

Sebelum mulai memotret cek dulu kebutuhan foto seperti tripod, memori, lensa, dan batrei. Gak lucu, dong, saat mau motret memori penuh dan batrai handphone habis. Untuk lensa dan tripod fleksibel, ya.

Menentukan Tema Foto

Setelah peralatan lengkap, tentukan objek dan subjek foto. Objek foto misalnya foto selfie dan dokumentasi. Sedangkan untuk subjeknya bisa berupa banguna, landscape, human interest. Ini menyesuaikan pada kebutuhan foto untuk tema artikel. Apakah untuk konten perjalanan, review makanan, family story dan lainnya.

Komposisi & Teknik Foto

Menghasilka foto yang bagus perlu memahami komposisinya.

1. Rules of Thirds

Membuat komposisi foto yang sama secara horizontal dan vertikal dengan mengaktifka fitur grid pada pengatura kamera untuk mempermudah pengambilannya. 

rules of thrid foto percantik postingan blog

2. Frame dalam Frame

Fokus utama foto seolah berada dala sebuah frame.

foto dalam frame
Foto dari pixabay.com
3. Foto Bayangan
teknik foto bayangan percantik postinga blog
4. Bermain garis

Garis berperan sebagai subjek yang akan mengarahkan pada objek utama atau fokus foto yang hendak ditonjolkan.

bermain garis dalam teknik foto percantik postingan blog
Foto dari pixabay.com
5. Angle Foto

Sudut pengabilan foto. Seperti foto berikut yang diambil dari atas. 

percantik postinga blog dengan agel foto yang tepat

6. Flat Lay

Saat memotret makanan akan menarik jika menggunakan teknik flat lay.

flatlay food foto

Aplikasi Edit Foto

Sebuah foto tidak lepas editing. Baik itu edit pencehayaan maupun resolusi foto. Edit foto dapat bisa langsung dari handphone dengan menggunakan aplikasi seperti Snapseed, Adobe Lightroom Mobile dan VSCO. Kalau aku saat ini sedang asyik edit foto menggunakan lightroom karena aplikasi satu ini ada tutorial gratis untuk membuat foto makin keren. Ada yang pakai aplikasi lightroom juga?

Posting Lancar dengan IM3 Ooredoo

Saat artikel dan foto sudah siap publish, eh, internet not connection. Aduh, ternyata kuota habis. Perasaan baru kemarin beli quota. Ada yang mengalami hal seperti ini saat kuota internet cepat sekali habisnya?

Semenjak Covid-19 penggunaan internet membuat kantong cepat kering. Saat mengikuti webinar aku baru tahu kalau IM3 Ooredoo memiliki produk bagus yaitu IMPreneur. Paket dengan kuota yang besar dan dapat di sharing hingga dua puluh orang. Pembagian besar kuota tidak harus sama rata, dapat juga menyesuaikan kebutuhan masing-masing. 

Keunggula Produk IMPreneur

Kuota Besar

Pengguna paket ini dapat menikmati kuota besar hingga 320GB.

Group Share

Berbagi paket ke keluarga atau tim hingga 25 orang. Pengguna juga dapat membuat group sesuai kebutuhan bisnisnya.

Sharing Kuota

Bebas share menit telepon dan kuota sesuai kebutuhan masing-masing tim.

Bisnis Jadi Mudah

Mempermudah tim untuk kolaborasi dan berkembang lebih maju bersama-sama tanpa ribet.

Pilihan Paket IMPreneur

paket im3 ooredoo impreneur

IM3 memberikan kebutuhan paket yang menguntungkan.Jadi tidak perlu khawatir lagi kehabisan saat mengoptimalkan blog untuk monetisasi. Semoga tips percantik postingan blog dengan foto dapat bermanfaat. Aku puas banget mengikuti webinarnya Koh Deddy Huang. Terima kasih IM3 Ooredoo dan IIDN.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging.

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(10) Komentar

  1. Medichealthy menulis:

    Saya setuju mbak… mata lebih enak melihat gambar daripada tulisan. sebab tulisan harus fokus, bikin cepat mata lelah saat mengunjungi blog.
    Gambar bikin betah mengunjungi. Oh ya mbak menggunakan format apa untuk gambar yang dipostingkan, jpeg/png/webp?

  2. blogku pengunjungnya waktu bacanya lama tapi kok bounce ratenya tinggi juga, ya? terima kasih untuk ilmu membuat foto yang bagus ini.

  3. Adanya foto yang sesuai memang mempercantik tulisan yang dibuat. Foto yang cakep selain bikin betah pembaca juga bikin kepengen balik lagi.

  4. Fenni Bungsu menulis:

    Kalau pasang adsense gitu bikin penasaran karena daku masih belum paham caranya. Padahal punya manfaat juga ya buat blog kita

  5. Wiwid Nurwidayati menulis:

    Bener banget, infografis yng menar membuat pengunjung betah. Apalagi kalau gambarnya mewakili isi. Dah betah banget..

  6. foto yang dipilih bagus bagus mba. memang foto sangat menunjang banget di blog. sangat menginspirasi dan jadi ingin belajar foto supaya lebih baik lagi

  7. Saya setuju banget kalau di artikel blog harus didukung foto yang bagus. Menurut saya seorang blogger paling ga mengerti tentang foto yang menarik seperti apa

  8. Mau gak mau, foto memang daya tarik bagi pengunjung blog. Saya aja kalau berkunjung ke blog orang, merasa interest kalau lihat fotonya cakep-cakep. Betah aja scrol-scrol.

  9. Bener banget mba, foto jadi bagian penting agar pengunjung blog betah berlama-lama di blog kita. Aku masih belajar nih bikin konten yang menarik buat ngisi blogku

  10. Noted, Mba Erin. Bener banget nih, salah satu hal yg bikin pembaca betah di blog kita ini ya foto-foto pendukungnya. Dari tiap poinnya aku jadi belajar agar lebih teliti lagi soal dokumentasi di blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.