Public Speaking untuk Digital Presenter

Tomoyo Rin

public speaking adalah

Salah satu skill yang saat ini aku coba asa yaitu mengenai public speaking. Sebagai seorang marketing, aku memang terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang dengan latar belakan berbeda. Akan tetapi tidak sebanyak saat mengisi seminar, karena biasanya tidak lebih dari 3 orang.

Permasalahan yang aku alami yaitu berbicara di depan umum selalu nervous dan semua materi yang telah disiapkan seolah lesap begitu saja. Ternyata setelah mengikuti workshop Public Speaking untuk Digital Presenter yang diadakan oleh Bloggercrony dalam Program BloggerHangout yaitu harus percaya diri.

Kalau percaya diri kita kuat maka berbicara di depan khalayak banyak pasti lancar. Walau begitu ada beberapa aspek juga yang disampaikan oleh Kang Anwari Natari selaku pemateri dalam public speaking baik itu kegiatan offline maupun online.

Contents

Apa Itu Public Speaking

pelatihan public speaking untuk digital presenter

Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung atau tatap muka antara pembicara dengan audience. Kegiatan ini meliputi proses mengajar, melakukan persentase tugas, dan di era digitalisasi saat ini melakukan live di media sosial.

Pentingnya public speaking agar tujuan dari informasi yang disampaikan bisa audience pahami dengan baik. Namun, yang perlu dicatat yaitu “Produk Knowledge” yang mana pemateri atau pembicara tidak hanya menyampaikan informasi saja, melainkan harus mampu memberikan pengetahuan kepada audience.

Selain itu, penting juga untuk memahami attitude yang baik dan skill atau kemampuan berbicara di depan umum. Ini karena seorang pemateri harus dapat mempengaruhi audience dengan adanya interaksi komunikasi yang baik.

Mengenai teknik public speaking, aku bersyukur bisa hadir mengikuti workshop Blogger Hangout. Hal ini karena aku mendapatkan ilmu baru dari materi public speaking yang Kang Anwari Natari bagikan secara gratis.

Yes! Acara workshop ini gratis, tetapi ilmunya daging semua. Kang Anwari memberikan tips rahasianya yang selama ini sering luput menjadi perhatian para pemateri public speaking.

Penasaran? Cus, cek materi public speaking yang aku dapatkan selama mengikuti workshop yang berlokasi di Carro Square Pondok Indah Jakarta. Tepatnya pada 17 Februari 2024 yang berlangsung selama 2 jam lebih, mulai dari pukul 14.00 – 16.30.

Memahami Teknik Public Speaking

memahami teknik public speaking

Mengikuti workshop dengan pemateri Kang Anwari itu seperti diskusi dan tidak tertebak. Misalnya saat peserta diminta untuk memperkenalkan diri, ternyata ada banyak yang melakukan kesalahan termasuk aku.

Kesalahan yang dimaksud yaitu pada “Jeda”. Setelah mengucapkan salam, seharusnya kita mendengarkan jawaban atau respon terlebih dahulu dari audience. Barulah dilanjutkan dengan mengenalkan diri.

Hal tersebut merupakan bagian dari prinsip interaksi dalam public speaking. Paling penting bagi seorang pembicara yaitu harus memiliki rasa empati. Quote menarik dari Kang Anwari yaitu “Untuk mendapatkan empati harus memberikan empati terlebih dahulu kepada orang lain”.

Adapun materi public speaking yang membekas, yaitu:

1. Kontak Mata

Interaksi dengan audience maka harus ada kontak mata. Untuk interaksi yang dilakukan secara online, maka lensa kamera menjadi mata lawan bicara atau audience. Entah audience mendengarkan atau tidak, tetapi kita harus memiliki asumsi bahwa audience tersebut tengah memperhatikan persentase.

2. Kenyamanan

Kenyamanan sangat penting karena akan berkaitan dengan rasa percaya diri. Buat kamu yang ternyata harus mengisi seminar atau workshop, maka buatlah nyaman diri sendiri terlebih dahulu, sebelum membuat nyaman audiens.

Dalam hal kenyamanan mencakup semua hal, mulai dari mempersiapkan materi dengan matang dan tidak lagi memikirkan penampilan bagus atau tidak. Penting juga untuk memiliki backup materi, misalnya menyerahkan dokumen presentasi kepada pihak panitia penyelenggara.

3. Persiapan Materi dengan Matang

Mempersiapkan materi sebaiknya dari jauh hari dan pastikan sudah update informasi yang berlaku. Dalam persiapan materi di dalamnya termasuk menentukan konsep persentase.

4. Teknik Dasar Public Speaking

Berbicara mengenai teknik public speaking maka terbagi menjadi beberapa bagian lagi berikut ini:
The Voice yang meliputi aspek Volume harus diatur dengan baik, Artikulasi harus jelas, Intonasi ada iramanya, dan Tempo. Untuk tempo kita bisa menentukan kapan berbicara lambat dan kapan sebaiknya untuk berbicara cepat.

The Move juga terbagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu ekspresi, pergerakan, sikap budaya, dan gerak tangan.

5. Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Berbicara di depan umum bukan perkara mudah, terutama buat kamu yang introvert seperti aku. Walau begitu tidak ada yang melarang untuk meningkatkan skill dengan belajar Public Speaking.
Seorang pembicara harus memahami hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh kamu lakukan. Berikut ini untuk penjelasannya:

Hal yang Dapat Dilakukan

  • Humor sesekali
  • Galau terkait materi untuk menarik perhatian audiens.
  • Selalu ingat waktu, jangan sampai materi belum selesai namun masih membaca buku.
  • Story Telling

Tidak Boleh Dilakukan

Untuk hal yang tidak boleh dilakukan maka seorang pembicara harus memenuhi peraturan berikut ini.

  • Membacakan teks sesuai yang tercantum pada slide presentasi.
  • Mengurangi penggunaan kata “euu, ” Iya, gak”. Dan lainnya.
  • Terlalu lama membacakan portofolio.
  • Panik urusan teknis saat hari H.
  • Membetulkan pakaian, rambut, dan sering lihat jam.

Penutup

Demikian teknik public speaking yang aku dapatkan dari workshop. Kang Anwari juga mengingatkan untuk tidak baper, ketika kita sedang mengisi seminar atau acara ada audiens yang tidak fokus atau menatap terus handphone.

Mungkin saja mereka sebetulnya sedang menyimak. Terpenting fokus pada yang memperhatikan dan menyampaikan informasi serta pengetahuan sesuai dengan materi yang sudah disusun.

Kang Anwari juga memberikan pesan untuk selalu kita catat bahwa dalam mengasah skill lakukan secara perlahan. Misalnya minggu ini latihan intonasi, minggu berikutnya latihan gerak, dan sebagainya.

“Ketika ingin meningkatkan skill, jangan keras terhadap diri sendiri.”

 

18 pemikiran pada “Public Speaking untuk Digital Presenter”

  1. ilmu public speaking yang sangat bermanfaat sekali ini kalo buat aku yg termasuk org introvert, yg bicara berdua aja kadang perlu menyiapkan kata2 jah2 hari apa lagi di depan orang banyak,,keliatannya bisa dihitung dengan jari berapa kali aku pernah berbicara di depan umum hehe

    Balas
  2. Jadi ingat pas kuliah ada kelas ketrampilan berbicara. Tiap tes dan ada mahasiswa yang ngomongnya “aaa eee aaa eee” langsung diulti sama dosen. Tapi dalam satu semester keterampilan ngomongnya anak-anak jadi bagus. Rasa percaya diri untuk tampil dan bicara terasa meningkat.

    Balas
    • ilmu public speaking itu penting banget, dulu pengalaman pertama aku waktu kuliah aku terlalu menggampangkan public speaking alias asal-asal bicara.
      sampai akhirnya dari pembahasan yg aku presentasikan gak ada masalah tapi yg di cecer abis²an itu public speaking. kurangnya kontak mata, gesture dan ada beberapa kali kata ” ee gimana ya, jadi gini ” wkwkw kalo diinget² malu juga. makin kesini aku makin belajar public speaking karna public speaking yang bagus dan tepat bisa membuat kita meyakinkan klien atau lawan bicara

      Balas
  3. Aku dulu sering banget baca buku publik speaking karena pengen jadi host acara . Tapi ga kesampaian. Tapi ternyata ilmu publik speaking masih related sama kepenulisan menurut aku.

    Balas
  4. Wah, dapet ilmu public speaking nih! Singkat, padat, jelas
    Kebetulan aku tuh termasuk orang yang public speaking-nya jelek pol, jeblok! Bisa belajar pelan-pelan deh, biar skill public speaking semakin naik. Thank you for sharing kak

    Balas
  5. teknik nya jelas banget, buat aku yang suka grogi bahkan panik kalo udh berbicara di depan umum kayaknya harus mulai belajar praktek ini nih biar bisa lebih percaya diri

    Balas
  6. Dulu malu malu banget kalau di suruh guru maju ke depan entah itu sekedar baca atau nyanyi.. eh sekarang ilmu public speaking sangat berguna di era yang serva modern ini

    Balas
  7. Bener banget, poin public speaking adalah Percaya Diri. Dulu, ketika presentasi, jadi MC, jadi moderator, sering banget kata-kata yang mau aku ucapkan, lenyap begitu saja. Ternyata belum PD aku.

    Sekarang Alhamdulillah karena ikut kelas PS, yakin sama diri sendiri, PD, berangsur-angsur bisa dan dapat menguasai audience

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.