tips menjaga kesehatan ibu hamil dan buah hati
Sponsor Post,  Tips

Tips Menjaga Kesehataan Ibu Hamil dan Buah Hati Agar Aman Sejak Dalam Kandungan

Untuk memiliki keturunan yang lahir dengan sehat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan ibu hamil dan si kecil sejak dalam kandungan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pun selalu mensosialisasikan bahwa kehidupan emas seorang anak adalah 1000 hari pertama sejak dalam kandungan.

Beberapa kasus telah membuktikan bagaimana kondisi seorang anak yang terlahir dengan cacat seperti kekurangan gizi dengan berat badan yang jauh dari normal dan persalinan sebelum waktunya. Belum faktor luar seperti asap rokok dan lingkungan kotor akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya menjaga kandungan dilakukan sedini mungkin.

Hal yang Dapat Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

menjaga kesehatan ibu hamil tanggung jawab bersama

Dalam menjaga kesehatan kandungan, ibu hamil, suami dan keluarga lainnya harus saling membantu. Adapun hal yang dapat dilakukan adalah.

  1. Makan Makanan yang Bergizi
    Ibu hamil harus menjaga pola makan dengan baik, yaitu makanan yang mengandung protein, vitamin C, kalsium, zat besi, lemak sehat, Asam Folat yang terkandung dalam buah, sayur, ikan dan kuning telur.
  2. Rutin Berolahraga
    Dalam kondisi mengandung, calon ibu bukan berarti tidak diboleh berolahraga. Sebaliknya, olahraga sangat dianjurkan karena dapat menghilangkan stres, merangsang peregangan otot untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke dalam tubuh. Tidak dipungkiri, ibu hamil akan mudah terserang stres dari kehawatiran yang berlebihan dan perasaan yang lebih sensitif.
  3. Istirahat yang Cukup
    Pengalaman saat melahirkan adalah susah tidur, terutama saat perut semakin membesar. Mencari posisi yang nyaman itu tidaklah mudah. Walau begitu tetap harus menjaga pola istirahat dengan baik.
  4. Vitamin Tambahan untuk Bumil
    Jika dokter memberikan vitamin tambahan, maka habiskanlah dengan meminumnya secara teratur. Vitamin tambahan akan membantu kesehatan ibu hamil. Biasanya vitamin yang diberikan mengandung Asam Folat dan Vitamin B.
  5. Rutin Minum Air Putih
    Air putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Konsumsi 8 gelas sehari harus terus dijalankan, terutama saat hamil. Bisa juga konsumsi air alkali yang tidak kalah baiknya seperti air putih. Manfaat air alkali untuk ibu hamil mampu mengurangi dehidrasi. Hal tersebut karena air minum pH tinggi bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  6. Lingkungan bersih tanpa Asap Rokok
    Ibu hamil dilarang merokok dan minum-minuman beralkohol. Pun, denga menghirupnya agar dihindari karena bahaya rokok sangat merugikan perokok pasif. Terutama janin yang ada dalam perut.

6 hal di atas dapat diaplikasikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Bukan hal yang sulit karena itu semua demi kesehatan Ibu dan Janin.

Bagi teman-teman, apakah ada hal lain yang dapat dilakukan untuk kesehatan ibu hamild an si kecil semasa dalam kandungan?

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.