Tutorial Membuat Bunga Plastik Dari Daur Ulang Sampah Plastik

membuat bunga plastik dari kantong plastik

Halo teman-teman, dalam postingan ini aku mau berbagi tutorial membuat bunga plastik dari kantong plastik. Kantong plastik yang aku gunakan adalah plastik bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini sebagai salah satu kontribusi dalam mengurangi sampah plastik.

Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik merupakan salah satu penyumbang terbesar terhadap kerusakan alam dan ancaman Perubahan Iklim. Dari ancaman kebakaran hutan di musim kemarau yang menimbulkan efek negatif bagi kesehatan manusi dan hilangnya tempat tinggal yang aman bagi hewan-hewan di hutan.

Selain itu, naiknya paras muka laut akan mengancam pemukiman penduduk pesisir pantai. Serta, ancaman lain yang tengah mengintai kehidupan bumi.

Baca juga:

Membuat Bunga Plastik Dari Daur Ulang Sampah Plastik

Mendaur ulang sampah plastik adalah salah satu pilihan yang dapat kita ambil dalam memanfaatkan barang-barang bekas. Salah satunya membuat bunga dari kantong plastik bekas pakai. Dengan mendaur ulang bahan-bahan plastik ini semoga bisa mengurangi sampah plastik. Yakinlah, setiap perubahan kecil yang kita lakukan akan menjadi besar.

membuat bunga plastik dengan daur ulang sampah plastik

Alat dan Bahan :

  • Kantong Plastik untuk bunga.
  • Kantong plastik untuk tangkai. Gunakan plastik berwarna hijau atau cokelat jika ingin lebih mirip dengan bunga aslinya.
  • Sedotan untuk putik. Warna menyesuaikan dengan warna bunga.
  • Kertas atau plastik warna hijau untuk membuat daun.
  • Gunting.
  • Kawat kecil untuk mengikat bunga dan putik.
  • Tangkai bunga dari kawat atau ranting.

Cara buat:

  1. Lipat kantong plastik menjadi 4 bagian, lalu potong. Dari satu kantong plastik dapat menghasilkan dua bunga.
  2. Lipat sedotan menjadi dua bagian dan gunting kecil-kecil menyerupai putik bunga.
  3. Lipat kantong plastik secara berlawanan arah, depan-belakang. Lalu, lipat kembali menjadi dua.
  4. Gaungkan bunga dengan putik. Lalu ikat dengan kawat.
  5. Bentuk bunga dengan menarik plastik ke atas.
  6. Gabungkan bunga ke tangkai bunga.
  7. Sekarang buat daun dengan menggunting kertas atau plastik.
  8. Tutup tangkai dengan plastik berwarna hijau atau warna apa saja sesuai persediaan yang ada di rumah.
  9. Selesai.

Mudah sekali bukan mendaur ulang sampah plastik?

Btw, kunjungi video di bawah untuk tutorial lebih jelasnya. Jangan lupa untuk like, share & subscribe.

Previous Post Next Post

42 Comments

  1. Reply nchie hanie September 7, 2020 at 19:29

    Kreatif banget initu, secara plastik kadang masih digunakan di rumah. Ide yang cemerlang buat bunga plastik, bahan2nya pun familiar disekitar kita.
    Ahh, makasih loh!!

    • Reply Erin F September 8, 2020 at 08:32

      Sama-sama, Mba.
      Betul, Mba aku memanfaatkan bahan yang ada di rumah.

    • Reply Happy Dyah September 20, 2020 at 22:12

      Bisa juga dijual lagi yah bunganya. Baguuusss bunganya dan gak jadi nyampah. Kalo saya kantong kresek saya kumpulkan dan saya kasi lagi ke penjual sayur

  2. Reply andyhardiyanti September 8, 2020 at 10:44

    Aihh cantik banget itu bunganya. Gak perlu beli bunga hias lagi di toko yaa..cukup buat sendiri dari daur ulang sampah plastik 🙂

    • Reply Ucig September 8, 2020 at 14:40

      Jadi cantik bgt ya mba, kreatifnya. . Bisa dicoba sama anak2 drmh sampah plastik banyak terkumpul di rumah bisa dimanfaatkan..

  3. Reply Efi Fitriyyah September 8, 2020 at 13:21

    Bunga plastiknya lucu banget ih Rin. Kayak aslinya. Plastik keresek bekas di rumahku cuma kulipatin aja buat dipake nampung sampah atau keperluan lain. Ga kepikiran dibuat jadi bunga secantik ini

    • Reply Arsita Rahadiyani Loekito September 28, 2020 at 07:39

      Ternyata kantong plastik bisa diubah menjadi sesuatu yang menarik seperti ini ya.. Biasanya hanya sedotan yang dikreasikan menjadi bunga.. menarik banget. Bisa untuk aktivitas bermain bersama anak

  4. Reply herva yulyanti September 8, 2020 at 14:18

    Ih ga sangka cuma dari kresek bekas ya mba, di rumah aku kumpulin tapi ya disimpan ga sekreatif mba bisa disulap jadi barang yang lebih bagus lagi 🙂

  5. Reply nurulrahma September 8, 2020 at 19:52

    aakkk, ini bisa jadi ide kegiatan nak kanak di rumah niiih
    soale banyak sampah plastik juga
    anak2 biar ngga bete di rumah aja

  6. Reply Yurmawita September 9, 2020 at 07:15

    Kreatif nih bisa banget untuk kerjaan di masa Pandemi ini, sekalian bisa mengendalikan sampah juga ya

  7. Reply Ade UFi September 9, 2020 at 14:21

    cantiiiik dan kreatif. Bisa dipakai buat jadi bunga lamaran ga ya? kan jadi bunga abadi tuh ngalahin edelweise. hahaha

  8. Reply Rach Alida September 9, 2020 at 17:43

    Anakku ssuka bikin kreasi seperti ini mba. Ntar aku tunjukin ke dia ah. Kalau aku jujur kurang kreatif :)1

  9. Reply Caroline Adenan September 9, 2020 at 18:06

    Aku gak kepikiran plastik bisa jadi kembang plastik kayak gitu. Selama ini cuma jadi plastik sampah aja 😉
    Ternyata buatnya mudah ya. Bisa ditaruh di ruang tamu rumah juga, cantik 🙂

  10. Reply Nurul Fitri Fatkhani September 9, 2020 at 22:41

    Waah asyiknya bisa bikin bunga plastik. Selain kita bisa menikmati keindahannya, kita juga bisa menjaga lingkungan tetap bersih dengan kegiatan daur ulang sampah

  11. Reply Niken Nawang Sari September 9, 2020 at 22:47

    Ternyata ga cuma sedotan ya, plastik pun bisa dijadikan bunga yang cantik. Untung dikasih tutorial videonya di Youtube, jadi ada tambahan motivasi mau coba bikin bunga plastik juga nih di rumah. Soalnya saya suka ngumpulin plastik. Hehe

    • Reply Erin F September 16, 2020 at 08:22

      Iyah, Mba. Dulu aku lebih sering buat bunga dari sedotan. Mungkin karena plastik tipis jadi banyak yang ngira gak bisa dibuat hal menarik seperti bunga plastik ini.

  12. Reply Febrianty September 9, 2020 at 23:35

    Di tangan orang kreatif lah plastik bekas bisa bernilai dan berguna lebih banyak lagi. Duh apalah aku yang bisanya cuma misahin dan ngumpulin kantong kresek cuma buat tempat sampah xixixi

    • Reply Erin F September 16, 2020 at 08:21

      Hehe… aku juga sering gunakan sampah kantong plastik buat tong sampah, biasanya kalau kreseknya agak bagus aku simpan dulu, Mba.

  13. Reply lendyagasshi September 9, 2020 at 23:36

    Cantiknyaaa~
    Aku bisa ajakin anakku buat bikin niih…
    Bisa plastik beragam warna agar terlihat semakin colorfull yaa..

    • Reply Erin F September 16, 2020 at 08:20

      Betul, Mba. lebih berwarna makin cantik.

      • Kal El Desember 7, 2020 at 17:04

        Kreatif dan sepertinya mudah untuk dipraktekkan.

  14. Reply liza September 12, 2020 at 17:20

    aku dulu pas SMA pernah bikin nih bunga kayak gini. udah lama banget… kapan-kapan aku mau bikin lagi juga

    • Reply Erin F September 16, 2020 at 08:19

      Sama, Mba. Biasanya waktu sekolah itu tugas dari guru.

  15. Reply Nadella September 16, 2020 at 11:26

    Seingatku dulu sempat ngetrend bunga plastik ini kakRin, tahun 2000an akhir gitu. Macam-macam bentuknya. Bunga plastik yang kakRin ini cantik juga.

  16. Reply Marati Husna September 17, 2020 at 21:40

    keren bangeet mbaa ber-kreatif ria nge-upcycle sampah plastik jadi cantiik. salut ih. jadi kangen bebikinan gini. kalau di rumah, sampah pastik yang terkumpul kukirim langsung ke @rebricks.id mbaa, tak syanggup bebikinan ginih

  17. Reply Arif R (ardintoro.com) September 18, 2020 at 13:18

    Kreatif Mbak patut di coba, itung-itung tuk mengurangi sampah atau barang-barang yang nggak kepakai.

    Kalau Sekolah-sekolah ekskul nya mengolah sampah jadi kerajinan tangan pasti bagus mengurangi sampah + tuk pemasukan biar mantap.

  18. Reply jihan fauziah September 19, 2020 at 21:51

    Aku dulu seneng mbak bikin ginian waktu kuliah. Sekarang udah nggak sempat… haha

  19. Reply Meykke santoso September 19, 2020 at 23:52

    Wah dari sampah pun bisa jadi kren begitu ya Mba, dan pasti ada daya jual juga, mana nggak bisa layu lagi. Komplit!

  20. Reply Andina September 20, 2020 at 11:45

    Solusi menarik mba agar mengurangi sampah plastik ya. Prihatin lihat orang gampang buang sampah plastik

  21. Reply Asih Mufisya September 20, 2020 at 17:31

    Ide daur ulang sampahnya patut dicoba. Mudah dan warna bunganya bisa disesuaikan dengan keinginan juga, jadi bisa buat hiasan di rumah.

  22. Reply Damar Aisyah September 20, 2020 at 22:54

    Mbak Erin kreatif banget. Saya mau nyoba yang quilling aja belum bisa rapi krn kurang telaten juga. Eh, Mbak Erin sudah punya keahlian baru. Sughoi.

  23. Reply Mei Daema September 20, 2020 at 23:53

    dari plastik menjadi sebuah bunga ya, bermanfaat banget biar plastik-plastik bisa didaur ulang lagi ya, biar bumi kita menjadi lebih baik lagi. kreatif banget deh pokoknya

  24. Reply Diah Alsa September 21, 2020 at 00:52

    huaaa bunganya cakep benar Kak, jadi pengen buat juga. makasih tutorialnya yaa.
    sekarang kalau ketemu kantong plastik kujadikan tempat tuk sampah *upsss
    udah lama gak buat prakarya kayak gini, jadi ingat waktu SMA (klo ndak salah) pernah buat bunga dari pita plastik gitu, sama dari pipet juga pernah buatnya, tapi sekarang kalau disuruh buat ntahlah masih ingat apa gak, hihihh

  25. Reply Aprilely Ajeng Fitriana September 21, 2020 at 04:07

    Bagus banget mbak bunganya. Aku belum pernah nih kalau bikinnya pakai kantong plastik gini. Pernahnya pakai sedotan aja dulu.

  26. Reply Sarieffe September 21, 2020 at 10:53

    Kreatif banget mba..bisa sekalian mengurangi sampah plastik nih di rumah

  27. Reply Ludyah Annisah September 22, 2020 at 05:51

    Ya ampun Mba Erin, aku kalau baca postingan crafting-nya langsung auto ngiri dong, haha. Karena, emang kreatif banget. Aslii. Beneran deh. Dan, sekarang bikin kembang dari bahan plastik. Duh, cakeeeepp.

  28. Reply Fenni Bungsu September 22, 2020 at 17:25

    Nah ini nggak hanya menambah kreativitas aja, sekaligus juga untuk meminimalisir sampah plastik. Keren kak idenya.

  29. Reply Irena Faisal Oktober 12, 2020 at 18:57

    Waah kereeen, bisa jadi ide aktifitas bersama anakku dirumah. Thank you for sharing mbak

  30. Reply Ella Fitria Oktober 30, 2020 at 05:50

    ya ampun keren bangetttt, ih. mau nyobain mbak, otw meluncur ke chanel youtubenya ah,

  31. Reply Ursula Meta Rosarini November 17, 2020 at 15:04

    Dulu waktu SD aku sering banget disuruh bikin kerajinan tangan kaya beginian mba, bikin bunga dari plastik, kertas, sedotan sampe dr botol air mineral, hihi sekarang udah ga bisa blas

  32. Reply Maman Achman Desember 1, 2020 at 15:12

    Sampah plastik memang bikin resah ya, mbak, hehe.. Tapi dengan sedikit kreatifitas kita bisa mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang bernilai estetika tinggi. Hanya butuh kemauan saja dari kita untuk menjadikan sampah plastik menjadi barang baru yang bahkan bisa bernilai ekonomis 🙂

  33. Reply Kal El Desember 7, 2020 at 17:05

    Kreatif dan sepertinya mudah untuk dipraktekkan.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.