100 days kamiyaquillingproject paper crafting
Crafting

100 Days #KamiyaQuillingProject Paper Crafting

Berawal dari sebuah booknote yang bersampul kaktus dan terdapat tulisan 100 days, mendadak aku kepikiran untuk membuat proyek tentang hobiku menggulung kertas yaitu membuat kreasi quilling. Lalu, tepat pada 19 Oktober 2019 dimulailah proyek yang hingga saat ini tepat pada Kamis, 25 Desember 2018 sudah hari ke #68.

Btw, ada yang suka men-challenge diri sendiri? Terlepas dari program yang diadakan oleh komunitas, ya. Murni dari diri sendiri.

Sejujurnya aku jarang banget, apalagi yang menyangkut hobi karena sudah diperkirakan hasilnya tidak akan memuaskan. Tetapi, kali ini entah apa yang merasukiku? (Sambil nyanyi) Tercetus ide gila yang dalam praktiknya gak mudah banget. Terutama dalam urusan mengatur waktu.

Ngeblog saja, kalau lagi malas bisa berminggu-minggu nih gak posting. Akan tetapi, untuk kali ini aku mencoba menjalankan tanggung jawab yang sudah terucap. Kesannya agak gimana gitu, ya. Eh, tapi beneran kalau project ini tidak selesai akan menjadi kegagalan yang amat menyakitkan untuk diri sendiri.

Penasaran kagak nih, hasil kerja kerasku selama 68 hari ini? Terus baca hingga selesai ya.

Proyek 100 Days Paper Crafting

Dalam 100 Days Project ini aku hanya memfokuskan pada 10 tema. Hal tersebut dikarenakan, membuat kerajinan quilling itu perlu waktu, terutama untuk detail-detail yang kecil. Punggung, tangan, mata, otak, pegal semua.

Baca juga alat-alat dan cara membuat quilling paper craft : Berkreasi dengan Quilling Paper

Berikut ini 10 tema yang aku usung. Ada 5 tema yang sudah selesai. 

Indonesia Coral Reef

Perlu diketahui bahwa laut Indonesia memiliki beragam jenis terumbu karang terbanyak di dunia. Dari bentuk dan warna yang sangat cantik membuatku ingin membuatnya dengan menggunakan kertas dan pembuatan Coral Reef ini terinspirasi dari seorang seniman dengan akun instagram @paperseneaker.

Pembuatan Coral Reef ini sebetulnya sudah aku proses sebelum proyek 100 hari tercetus. Kurang lebih tiga bulan baru bisa rampung semua. Itu pun hanya beberapa jenis terumbu karang saja yang terealisasi. 

Cactus in the Pot

cactus in the pot

Membuat quilling kaktus ini selesai dalam dua hari karena memang desainnya tidak begitu rumit. 

Welcome Decor! 

botanical garden 100 days proyek quilling

Botanical garden untuk hiasan di pintu.

Amazon Forest Fire

amazone forest fire

Tahun 2019 adalah tahun yang sangat menyedihkan bagi Bumi karena setengah paru-parunya hangus terbakar. Pun, di tanah air tercinta ini, hutan Kalimantan terbakar yang melumpuhkan aktifitas masyarakat di sana

Welcome the Sunshine!

Kalau quilling satu ini versi colorfull dari karya Mba Carolina Ratri dengan judul yang sama. Maklum aku ini memang suka dengan gambar Mba Cara, sebelumnya juga pernah aku buat karya beliau menjadi versi quilling. 

Mother Days

Bertepatan dengan hari ibu pada 22 Desember, aku mencoba membuat boneka quilling.

In Progress 4 Tema Quilling Paper Craft

Taman Nasional Gunung Mulu

gunung mulu 100 days proyek
Baru 50%…

Gunung Mulu adalah salah satu taman nasional yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Di sini terdapat gua dan formasi karst. Ada yang mau ajak aku ke sini gak? Hehe

Stone in the Sky

Tema ini akan berbentuk bulatan-bulatan batu galaksi. Hampir mirip dengan konsep Amazon Forest Fire. 

Face

Tema satu ini aku akan membuat wajah seseorang dengan kertas. Bagaimana hasilnya? Nantikan saja, ya. Semoga tidak mengecewakan. Bisa dibilang ini akan menjadi yang pertama aku buat desain wajah dengan kertas. 

Flowers

Di tema terakhir aku akan membuat wall decor dengan tema bunga matahari.

Demikianlah proyek jangka pendek yang sedang aku kerjakan. Silahkan kepoin instagramku di @tomoyo.rin untuk hasil quilling paper lainnya. Dan kunjungi juga akun instagram Rumah Kertas Kamiya untuk pemesanan dekorasi dinding rumah, gift, dan lainnya. Promosi!

Selamat Natal dan Tahun Baru 2020.

38 thoughts on “100 Days #KamiyaQuillingProject Paper Crafting

  1. Peluang Hujan Lebat Masih Akan Terjadi Hari Ini Di Wilayah Jakarta | Kebakaran Hutan Di Australia Membuat Langit Di Beberapa Wilayah Negara Bagian Berwarna Merah | Badan Antariksa Rusia Tengah Berunding Dengan Pemerintah Indonesia Tentang Pengiriman Astronot Pertama Indonesia ke Luar Angkasa

    1. Luar biasa Mbak. Keren banget bisa men-challenge diri sendiri untuk membuat karya sekeren ini. Jadi penasaran dengan teknik quilling paper ini, jadi ingin belajar. Btw Mbak tahu Gunung Mulu ternyata hwaaa saya jadi surprise. Udah lama ingin mendaki gunung tersebut tapi nggak jadi-jadi.

      1. Ayo belajar mba, banyak tutorialnya di youtube.
        Baru tahu itu juga mba, lagi cari foto-foto Borneo yang keluarnya Gunung Mulu dan ternyata gunungnya super keren. Ayok mba ke sana.

  2. Bagus2 banget karya paper quillingnya.
    Saya pun pernah bikin workshop paper quilling dan ternyata butuh waktu lama yaa buat pemula. Padahal kalo dipikir cuman gulung2 kertas doank lho! hehe…

  3. Uwaaa hasilnya bagus bagus banget ini. Aku pernah nyoba belajar quiling, nggak sampe 3 hari udah angkat tangan. Susah banget ahahaha. Akunya yang nggak telaten..

  4. Mba, kayak yang Taman Nasional Gunung Mulu itu, misal udah jadi diletakkan di mana? Ada tempat khusus ya untuk memajang kriya quilling ini? Bagus banget euyyy… tekun banget sih mba membuatnya, salut pada dirimu. Aku aja bikin cross stitch ga selesai-selesai nih. :))

    1. Buat hiasan dinding mba. Aku pakai pigura,ada juga yang pakai pot. Makasih mba, ini juga karena aku menchalengge diri sendiri jadi banyak yang selesai, biasanya si tergantung good mood.
      Wah, aku malah penasaran dengan cross stitch. Maklumlah aku teh orangnya kepoan.

  5. Sampai ga bisa berkata-kata lagi saking bagusnya. Keren banget Mba Erin!
    Ini pasti melatih kesabaran banget yaa. Aku kebetulan suka bullet journal tapi masih mager gitu buat mengawali di tahun 2020 ini. Perlu juga kayaknya challenge diri sendiri kayak gini. Semangat berkarya ya Mba!

    1. Aku pernah tertarik dengan bullet journal karena menarik dan kayanya gampang, eh pas dicoba gak pernah berhasil. Hehe… Ayolah ditunggu juga karya bullet journalnya Mba.

  6. Mbaaak, ini keren banget sih, sumpah! Semoga tahun ini bisa bikin project baru lainnya ya, Mbak… Suka banget sama Seamo – Mother buat Hari Ibu itu. Kalau ibuku masih ada, aku pengen beli itu trus kuhadiahkan ke ibuku. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.