dibalik nama blog tomojikan
#BPN30DayChallenge2018,  Random

Dibalik Nama Blog Tomojikan dan Harapan Penulis

Blog Tomojikan ini memiliki kisah layaknya hidup yang tidak pernah berjalan mulus. Selalu saja ada kendala yang harus diselesaikan. Pasang surut dilalui dengan penuh drama. Salah satunya pemilihan nama blog. Di mana pertama kali buat blog dengan nama tomo-yuki.blogspot.co.id. Lalu di 2015 beralih nama ke tomojikan.com.

Adapun Kisah Dibalik Pemilihan Nama Blog Ini adalah :

  1. Nama Blog dari Kata Bahasa Jepang

Berawal dari kegalauan memilih universitas setelah lulus SMA. Seorang sahabat mengajakku daftar ke Sekolah Tinggi Bahasa Asing di Cirebon. Aku pilih bahasa Jepang karena berharap bisa ke Jepang. Dan sobatku pilih Bahasa Inggris sesuai keahliannya. Karena keseharianku tidak jauh dari bahasa Jepang, budayanya, hingga entertainment seperti anime, dorama dan cosplay. Aku tertarik menggunakan nama pena dari bahasa Jepang. Tomoyo Yuki.

Yes. Zaman kuliah penggunaan nama pena itu sangat populer. Eh, sampai sekarang juga, yah? Namun setelah mengenal lebih dalam dunia blog. Nama pribadi lebih menjual loh, untuk branding.

  1. Arti Nama Blog

Tomoyo berasala dari kanji teman (tomo ) dan dunia (yo). Sedangkan Yuki berasal dari kanji keberanian (勇気). Harapannya dengan blog yang aku kelola semoga bisa berbagi dan memberi manfaat dengan seluruh teman-teman/pembaca di seluruh dunia. Keberaniannya sendiri lebih ditujukan untuk diriku sendiri. Berani untuk menerima saran dan kritik dari setiap tulisan yang di publish di blog ini.

Kurang lebih seperti itulah alasanku memilih nama untuk blog ini. Sempat galau sebelum memutuskan beralih domain ke TLD. Karena teman-teman blogger lain menggunakan nama pribadi untuk blognya. Dan aku, setelah semedi tujuh hari tujuh malam dalam pikiran akhirnya lebih mempersingkat nama blog yaitu menjadi Tomojikan. Jikan di sini berarti waktu (時間). Blog yang memang berisi tentang kisah hidupku sendiri. Harapan lainnya selain dapat bermanfaat untuk pembaca adalah blog ini akan tetap aktif.

Pasang Surut Blog Tomojikan dan Harapan Penulis

Walau dibuat pada tahun 2012, blog ini sempat off hampir dua tahun lamanya. Di 2015, aku mulai aktif lagi dengan segala hal yang harus dirombak di blog tomojikan.com. Karena aku ingin menjadi professional blogger untuk selalu menyebarkan informasi menarik dan bermanfaat. Pembaca yang nyasar ke blogku juga bisa betah nongkrong di sini.

Melakukan perombakan di blog ini yang tentunya sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Dari yang awalnya menggunakan domain gratis, beralih ke domain berbayar dan sekarang menggunaka hosting. Tulisan yang pertama aku publish alaynya kebangetan dan typo di mana-mana sudah mulai berkurang. Pemakaian foto sembarangan sekarang lebih memilih menggunakan foto sendiri atau di situs yang memang free seperti Pixabay dan Pexel. Sungguh perjalanan yang tidak mudah bagiku.

Sedangkan mengenai konsisten nulis juga ternyata tidak mudah. Apalagi semenjak punya anak, management waktunya harus benar-benar dicocokan dengan jam kerja di kantor dan mengurus anak. Makanya aku selalu salut sama working mom yang bisa ngatur waktu sambil ngeblog. Aku jadi terinspirasi sendiri kalau mereka bisa kenapa aku tidak. Namun, jika sudah ditekadkan menjadi blogger professional harus mau melakukan perubahan. Apalagi sudah mendapatkan income, jangan puas dengan yang sekarang jika ada hal yang bisa kita pelajari untuk menjadi lebih dan lebih.

Job untuk blog tentunya akan lebih mudah berdatangan. Jika daya jual konten blog menarik. Ah, pokonya jangan bosan belajar. Blog dapat menghasilkan kenapa tidak dimanfaatkan. Barangkali memang ada jodoh rezeky di blog. Apalagi udah emak-emak. Pemasukan tambahan itu hal yang sangat berguna. So, wajar kalau banyak Ibu Rumah Tangga yang benar-benar memanfaatkan blog. Karena ngeblog bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Kalau teman-teman sendiri bagaimana kisah mengenai nama blognya? Sudah menguntungkan juga dong, yah. Hehe

 

 

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

2 Comments

  • Lisdha

    hwaa..sama’an nih mba erin, hasil semedi adl tetap tidak menggunakan nama pribadi utk domain. padahal ya mmg kayaknya lebih bagus nama pribadi utk branding ya.. TFS mba erin. saya sendiri sudah menulis behind the name of my blog, daily-wife ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.