Pengertian dan Jenis Asuransi Umum Terbaik

jenis asuransi umum

Saat ini asuransi sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia tetapi masih banyak yang belum paham juga terkait dengan apa itu asuransi umum atau general insurance dan jenis asuransi umum.

Keterbatasan pengetahuan terkait dengan asuransi umum ini menjadi salah satu penghalang masyarakat Indonesia untuk tidak memiliki asuransi umum. Padahal apabila Anda memiliki bisnis aset atau segala sesuatunya harus mempersiapkan risiko kerugian dan itu bisa ditanggung dengan menggunakan asuransi umum.

Apa Itu Asuransi Umum

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan jenis dari asuransi umum ini ada baiknya Anda mengetahui terkait dengan apa itu asuransi umum.

Secara umum pengertian dari asuransi umum ini yaitu asuransi yang dapat memberikan manfaat yang berupa ganti rugi kepada pihak tertanggung apabila terjadi kerugian kerusakan maupun kehilangan pada harta benda yang dimiliki.

Dengan Anda memiliki asuransi umum ini maka akan membuat Anda terhindar dari suatu kerugian ataupun untuk menekan risiko kerugian seminimal mungkin. Jadi meskipun Anda mengalami kerugian nantinya bisa berkurang jika menggunakan asuransi umum ini.

Risiko kerugian yang bisa dihadapi dengan menggunakan asuransi umum ini bisa berupa kecelakaan, kerusakan kebakaran, kehilangan, kecurian, telatnya penerbangan dan lain sebagainya.

Jenis Asuransi Umum

asuransi umum adalah

Setelah paham terkait dengan apa itu asuransi umum Anda juga perlu mengetahui jenis asuransi umum di antaranya sebagai berikut.

1. Asuransi Kebakaran

Jenis dari asuransi umum yang pertama yaitu ada asuransi kebakaran atau fire insurance. Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap risiko akan terjadinya kebakaran.

Asuransi kebakaran ini dapat digunakan untuk melindungi rumah dari kemungkinan ataupun dari risiko akan terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh api baik itu api kecil hingga api besar dan kejadian secara tidak sengaja yang pada umumnya akan sulit untuk dikendalikan.

Asuransi kebakaran ini sangat di rekomendasikan bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi kedepannya.

Namun Anda perlu mengantisipasi risiko terjadinya kebakaran dengan menggunakan asuransi kebakaran sehingga bisnis Anda akan terselamatkan.

Terutama bagi Anda yang memiliki usaha di daerah yang padat ataupun Anda yang memiliki kantor atau pabrik hingga gudang persediaan juga perlu menggunakan jasa asuransi kebakaran.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi umum untuk kendaraan bermotor ini merupakan salah satu dari jenis asuransi umum yang akan memberikan perlindungan berupa penggantian kerugian apabila terjadi kerusakan ataupun kehilangan pada kendaraan yang Anda miliki.

Kendaraan yang ditanggung di sini biasanya adalah kendaraan yang digerakkan dengan motor. Seperti contohnya mobil dan juga motor, namun yang perlu Anda perhatikan yaitu kendaraan yang ditanggung asuransi merupakan kendaraan yang bernomor polisi.

Asuransi kendaraan bermotor ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki motor ataupun mobil. Bahkan asuransi kendaraan ini wajib dimiliki bagi Anda yang melakukan pembelian dengan cara kredit.

3. Asuransi Rekayasa (Engineering Insurance)

Jenis asuransi umum saja yaitu ada asuransi rekayasa yang dapat meminimalkan risiko yang terkait rekayasa. Asuransi rekayasa ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mengerjakan proyek-proyek konstruksi ataupun dalam pengoperasian alat-alat rekayasa.

Sebagai contoh Anda yang bekerja di pertambangan, atau sebagai supir truk yang tidak bernomor polisi dan dalam pengoperasiannya masih di area perkebunan.

4. Asuransi Pengangkutan

Selanjutnya ada asuransi pengangkutan yang menawarkan perlindungan atas resiko jika Anda tertimpa barang di perjalanan. Asuransi pengangkutan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis dan punya banyak barang ataupun punya bisnis jasa ekspedisi.

Asuransi ini juga sangat cocok bagi Anda yang bekerja atau punya bisnis di sekitar Pelabuhan yang berkaitan dengan barang.

5. Asuransi Lain-lain

Selain ada 4 produk asuransi seperti di atas ada juga kategori lain yang dapat dibilang jangkauannya luas seperti contohnya travel insurance. Produk Asuransi ini sangat cocok dimiliki Bagi Anda yang akan melindungi sebuah bisnis dari tanggung jawab kata suatu proyek sebagai contoh proyek jembatan, bendungan, taman, dan lain sebagainya.

Selain itu bisa juga ya dimiliki oleh Anda yang sering melakukan perjalanan baik itu perjalanan dinas ataupun untuk liburan atau pekerjaan-pekerjaan dengan resiko tinggi seperti nakhoda pilot serta tentara.

Salah satu dan asuransi yang bisa Anda pilih yaitu asuransi Astra asuransi ini punya asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi syariah dan lain sebagainya. Dengan menggunakan jasa dan produk dari asuransi Astra ini akan memberikan beberapa manfaat dan keuntungan bagi Anda.

Dalam pemilihan asuransi yang tepat dan baik Anda harus memilih jasa asuransi salah satunya yang punya banyak jaringan. Astra ini punya berbagai jaringan yang bisa Anda temukan di banyak kota di Indonesia. Anda dapat mengakses informasi lengkap melalui website Asuransi Astra.

Dari uraian diatas diharapkan Anda bisa paham terkait dengan apa itu asuransi umum dan jenis asuransi umum sehingga Anda bisa mempertimbangkan memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena ada banyak sekali jenis dan produk dari asuransi yang memang cukup membingungkan jika Anda tidak paham. Pemahaman terkait dengan Asuransi umum dan jenis asuransi umum ini juga akan membantu Anda untuk tidak dirugikan oleh pihak asuransi.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.