Ajak Anak Masak Seru Bareng Ibu dan Rinnai

Tomoyo Rin

Updated on:

ajak anak masak seru bareng ibu dan rinnai

Aktivitas masak seru bareng ibu memberikan pengalaman berharga bagi anak. Walau buatku masak bersama anak menjadi momen menyenangkan sekaligus menegangkan. Ada yang merasakan hal sama?

Menyenangkan karena Si Bule bisa mengamati aktivitas selama memasak. Menegangkannya kalau pas giliran menggoreng, muncul rasa takut terciprat minyak dan lainnya.

Oleh sebab itu, sebagai antisipasi dari hal buruk yang tidak terduga biasanya aku minta tolong Si Bule untuk melakukan hal sederhana. Seperti menyiapkan bahan-bahan makanan, kocok telur kalau lagi buat telur dadar, mencuci sayuran, dan pekerjaan ringan lainnya.

Contents

Mengenalkan Dunia Masak Pada Si Kecil

Anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Terutama terhadap banyak hal yang orang tua lakukan. Salah satunya saat menyiapkan makanan di dapur.

Semakin anak dewasa keinginannya untuk nimbrung dalam aktivitas memasak akan semakin tinggi. Hal ini yang aku rasakan saat Si Bule berusia 4 tahun dan saat dia masuk TK karena kebetulan di sekolah ada kegiatan memasak setiap satu bulan sekali.

Jadi, kalau aku mau masak Si Bule sering menawarkan untuk gabung “Mah, aku boleh bantu gak?” Tentu saja dong aku tidak melarang. Walau memang aku masih menghindari Si Bule dari memegang pisau atau benda tajam lainnya.

Seringnya juga aku masak makanan yang tidak ribet dan sederhana saja, karena Si Bule ini memang anaknya kalau makan pilih-pilih dan tidak bisa ditebak. Misalnya minggu ini lagi doyan Ebi, minggu depannya pengen makan lain, dan begitu seterusnya.

Kecuali salah satu menu yang setiap hari bahannya harus ada yaitu Roti Bakar. Untuk sarapan atau cemilan dia sering minta secara dadakan, jadi stok roti setiap hari. Karena, kalau roti bakar beli di luar malah tidak doyan.

Adapun cara aku mengenalkan dunia masak pada anak, yaitu:

masak seru bareng ibu sebagai kegiatan positif di rumah

1. Mulai dari Makanan Favorit

Agar aktivitas masak seru bareng ibu menjadi momen yang tidak terlupakan maka aku mulai dari makanan favorit anak atau makanan yang memang lagi anak inginkan. Hal ini juga akan memberi sugesti pada anak untuk menghabiskan makanannya.

Hal tersebut karena anak akan merasa senang atas hasil masakannya, walau dalam prosesnya hanya mengerjakan hal-hal kecil. Jadi, membiarkan anak membantu di dapur tidak ada kata “TIDAK”.

2. Mulai dari Mengerjakan Hal Sederhana

Anak pasti senang membantu ibu di dapur walau sekedar mengumpulkan bahan masakan. Apalagi saat pertama kali terjun ke dapur aku menghindari Si Bule melakukan hal rumit. Biarkan anak mengamati terlebih dahulu, kalau si anak ingin ikut membantu dipersilahkan dengan senang hati.

Tidak apa-apa walau berantakan dalam proses belajarnya. Karena, dari sinilah aku bisa memberikan pemahaman untuk selalu menjaga kebersihan.

3. Biarkan Anak Bereksperimen

Saat bikin sesuatu terkadang anak pengin ditambah ini dan itu. Selama bahannya memang ada aku tidak pernah melarang, biarkan saja anak melakukan eksperimen dan menuntaskan rasa ingin tahunya.

Baca Juga: Liburan Seru di Rumah Bersama Buah Hati

Masak Seru Bareng Ibu dan Rinnai

Dalam proses memasak tentunya membutuhkan peralatan seperti kompor. Jika dulu menggunakan tungku dengan kayu, semenjak ada kompor gas banyak yang beralih dari cara tradisional ke modern.

Aku masih ingat kompor gas yang pertama kali digunakan yaitu kompor Rinnai. Hingga saat ini pun masih setia dengan produk asli Jepang ini. Yang mana memiliki kualitas terbaik.

Tidak heran jika Rinnai menyandang gelar dan mempertahankan posisi sebagai market leader produk gas berkualitas dan awet. Serta mendapatkan banyak penghargaan setiap tahunnya.

Rinnai sendiri mampu berinovasi dan mengikuti trend yang berkembang dengan menghadirkan produk selain kompor gas. Ada kompor listrik, pemanas air dan oven.

Berbicara mengenai Rinnai, saat ini sedang berlangsung kompetisi foto Miyako x Rinnai di instagram. Kolaborasi ini sebagai bentuk agar ibu dan si kecil dapat membagikan momen seru di dapur. Info lebih lanjut mengenai kompetisi foto bisa cek di situs https://bit.ly/Miyakoxrinnai1

Tujuan dari kompetisi foto ini dalam merayakan hari ibu, natal dan tahun baru 2023. Tema yang diangkat yaitu ”Masak Seru Bareng Ibu”. Tujuan lainnya sebagai bentuk kegiatan dan edukasi positif terhadap buah hati bahwa memasak merupakan aktivitas positif yang seru dan menyenangkan.

Bahkan mengenai kompetisi foto ”Masak Seru Bareng Ibu” ini Marketing Communication Miyako Maurine Mawardi menyampaikan bahwa Miyako dan Rinnai fokus mengajak ibu untuk semangat menjalankan peran sebagai ”Super Mom” yang selalu memberikan segala yang terbaik.

Sedangkan dibalik kolaborasi Miyako x Rinnai ini karena Miyako yang berada di bawah naungan PT. Bhakti Idola Tama memiliki misi dalam memenuhi kebutuhan peralatan rumah tangga dengan kualitas tinggi, estetik dan harga terjangkau.

Pastinya tidak asing lagi dengan Rice Cooker Miyako. Selain itu, sejalan dengan Rinnai yang terus mengeluarkan inovasi terbaru dalam setiap produknya, Miyako memiliki produk peralatan rumah tangga lain seperti Kompor Gas, Kipas Angin, Blender, Mixer, Dispenser, dan lainnya.

Cocok banget deh kompor Rinnai dan Rice Cooker Miyako menjadi teman wajib Anda dalam menggunakan peralatan dapur berkualitas. Karena produk berkualitas mempengaruhi kualitas masakan ibu.

Keseruan Membuat Cireng Mini Isi Ayam

Cireng menjadi salah satu cemilan yang cukup sering Si Bule minta buatkan. Dalam proses pembuatannya pun cukup simple dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur.

Berikut ini proses membuat cireng mini isi ayam kesukaan Si Bule. Ya, anaknya gak suka makan banyak jadi aku lebih suka buat porsi kecil.

Siapkan Bahan

Bahan Kulit Cireng:

  • Tepung Tapioka 100 gram
  • Terigu 250 gram
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam
  • Air hangat

Bahan Isi Cireng:

  • 250 gr Daging Ayam yang sudah direbus dan suwir (Aku buat banyak untuk stok makan)
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Kaldu secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 sdt saus tiram
  • 1/2 air
  • Minyak untuk menumis

Cara Masak

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit dengan memasukkan 1/2 air lalu blender.
  2. Tumis bumbu halus hingga matang dan jangan lupa untuk masukkan daun salam.
  3. Jika bumbu sudah matang masukkan daging ayam dan aduk rata.
  4. Selanjutnya masukkan kaldu, gula pasir, garam serta saus tiram. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Angkat isi cireng jika semua bahan sudah tercampur rata dan sisihkan hingga dingin.
  6. Selanjutnya membuat kulit cireng dengan campurkan tepung tapioka dan terigu, royko dan garam. Aduk sampai tercampur rata.
  7. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis.
  8. Ambil sedikit adonan dan tipiskan dengan rolling pin. Setelahnya buat cireng dengan cetakan khusus atau secara manual. Jangan lupa masukkan isian cireng sebelum membentuknya.
  9. Goreng cireng hingga kuning keemasan dan sajikan.

Proses membuat cireng isi ayam bareng Si Bule menjadi momen seru dan menyenangkan. Apalagi karena si kecil paling senang jika sudah masuk proses mencetak adonan.

Bahkan dia membentuk adonan menjadi karakter yang terlintas di pikirannya. Seperti boneka salju yang mengingatkannya pada karakter Olaf di film Frozen.

masak seru bersama rinnai

Bahkan imajinasinya tidak bisa ditebak, saat tiba-tiba dia berkata bahwa adonannya mirip telur dadar. Jadi, momen masak seru bareng ibu di dapur memang memberikan sisi positif yang luar biasa bagi tumbuh kembang anak.

Penutup

Memasak bersama tentunya menjadi aktivitas menyenangkan di rumah. Bahwa ada banyak hal positif yang bisa dilakukan walau hanya di rumah saja dan bisa menjadi salah satu tips menjauhkan anak dari kecanduan gadget.

Buat Mom di rumah yuk ikuti kompetisi foto Miyako x Rinnai. Mari sama-sama menunjukkan kreativitas ibu bersama buah hati dari hasil aktivitas seru memasak di dapur dimulai dari Rinnai.

Selain itu bisa dapatkan hadiah produk Rinnai dan Miyako serta merchandise lainnya dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Siapa tahu Mom yang beruntung dapat produk Rinnai dan Miyako yang lagi diincar.

27 pemikiran pada “Ajak Anak Masak Seru Bareng Ibu dan Rinnai”

  1. cireng itu fave banget haha… btw rinnai ku itu ada sejak Ezio lahir sampe sekarang lom ganti2 loh mba 🙂 syuper awt binggoo

    Balas
  2. Waw…cireng isi…nyam-nyam. Auto ngiler nih…Anakku suka banget cireng. Tapi jarang ya yg jual cireng isi. Kalau ada juga, isinya dikiiit…hehe…
    Mau ngajakin ah bikin cireng. Selain memupuk kehangatan ibu-anak, juga melatih ketrampilan…

    Balas
  3. aku kalau bikin cireng sering gagal mba, biasa salah takar adonan jadi pas di goreng sering meletup. jadi aku bikin cireng sendiri aja, takut kena anak minyak panasnya. tapi aku ajak anakku masak nasi goreng, lebih aman dan mudah untuk anak belajar masak. hehehe

    Balas
  4. Seru banget sih bebikinan Cireng Isi. Etapi mana foto cireng-nya? Penasaran.

    Ternyata Cireng itu ngadonnya pakai air hangat ya? Pantasan aja kapan hari aku bikinnya gagal.

    Balas
  5. serunya ngajak anak masak yaaamba. saya juga kadang ajak anak saya masak, kdg masakan pilihan saya kadang dia sendiri yg pilih menunya dan saya tinggal bantuin

    Balas
  6. Momen quality time dan bonding yg seru banget bisa masak bareng anak yaa mba. Bisa sekaligus ngajarin anak life skill sejak dini

    Balas
  7. Cireng ini juga favorit saya. Apalagi dicocol dengan sambal gula, jadilah rujak cireng yang nikmat. Pastinya memasak cireng bersama buah hati memberikan kepuasan tersendiri. Anak bisa mencoba bereksperimen di dapur, sehingga membuatnya percaya diri bahwa memasak itu menyenangkan.

    Balas
  8. Enak nih bikin cireng, boleh deh tar nyoba ama anak-anak. Aku juga mulai membiasakan masak bareng anak sih mba. Selain nambah bonding juga bikin mereka lebih mandiri.

    Balas
  9. Asik bisa ngikutin resep bikin cirengnya nih, kayaknya simple.
    Btw masak bareng memang antara anak dan ibu seru juga ya, bisa dapat manfaat oke khususnya buat si anak

    Balas
  10. Memasak bersama anak2 itu menyenangkab ya bun…aku juga suka gitu…nah Rinnai sama miyako peralatan dapur sejuta umat di Indonesia. Alias banyak yg punya brand itu krn emang awet harganya standart ga mahal banget

    Balas
  11. Dengan membebaskan ananda untuk bereksplorasi sebenarnya kita membiasakan anak untuk mencoba banyak hal banyak rasa dan pengalaman. Karena di dapur tidak hanya menggunakan ketekunan, tapi juga intuisi.

    Kegiata memasak bersama Ibu ini sangat menginspirasi sekali.. Kolaborasi Rinnai dan Miyako yang seru banget.

    Balas
  12. Ah sayangnya saya di mertua jadinya enggak masak pakai kompor Rinnai
    Andai aku di Surabaya pasti seru karena anak anak dengan mudah ikut belajar masak tanpa ada teriakan ga boleh

    Balas
  13. Dua merek produk yang sudah kukenal sejak kecil nih, karena dari dulu di rumah mama pakai miyako dan rinnai. Dan sekarang, aku juga malah pakai produk yang sama di rumahku… hahaha. Mungkin karena sudah familiar dan terbiasa kali ya, jadi keterusan.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.