Tips Membeli Mobil Pertama Bagi pemula

Tomoyo Rin

Updated on:

membeli mobil pertama bagi pemula

Bagi banyak orang membeli mobil pertama, apalagi mobil impian memberikan semangat tersendiri. Semangat menabung dan mencari berbagai informasi untuk memiliki mobil pertama.

Walau begitu, tidak sedikit orang yang salah langkah ketika pertama kali membeli kendaraan roda empat ini. Tergiur promo tetapi tidak baca syarat dan ketentuan, mobil tidak sesuai kebutuhan, hingga harga mobil tidak sesuai budget.

Padahal dengan kalkulator kredit mobil bisa menentukan budget yang bisa kamu kondisikan dengan kemampuan finansial. Oleh sebab itu, untuk kamu yang berencana beli mobil baik baru atau bekas ikuti beberapa tips yang akan dibahas pada artikel ini.

Contents

6 Tips Membeli Mobil Pertama

tips jitu beli mobil pertama sesuai budget

Sebelum beli mobil, kamu bisa tanyakan kepada diri sendiri, untuk apa membeli mobil? Mobil apa yang sesuai? Apakah beli baru atau bekas? Beli cash atau kredit?

Dari pertanyaan tersebut maka dapat memudahkan kamu untuk bisa memiliki mobil pertama yang hanya tidak sekedar keinginan, tetapi sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, kamu juga bisa beli mobil sesuai budget yang ada.

Adapun tips membeli mobil pertama,  yaitu:

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Hal penting saat pertama kali beli mobil maka sebaiknya sesuai kebutuhan kamu. Untuk mobilitas sehari-hari bekerja, mengantar anak sekolah, atau khusus untuk bekerja. Dengan begitu, akan mudah untuk mencari mobil yang sesuai kebutuhan dan mudah dalam menentukan budget.

2. Pilih Jenis Mobil

Setiap mobil memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Untuk itu, pilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika membutuhkan mobil keluarga maka bisa memilih mobil dengan kabin yang luas.

Berbeda jika membutuhkan mobil untuk mobilitas tinggi dengan penggunaan jarak jauh, hingga antar kota atau provinsi. Kamu bisa memilih mobil yang memiliki performa mesin yang gahar.

3. Menentukan Budget

Tentukan budget untuk membeli mobil setelah mencari informasi harga mobil yang akan kamu beli. Lalu, pertimbangkan apakah akan beli cash atau kredit.

Jika memutuskan membeli kredit maka kamu bisa cek biaya angsuran menggunakan kalkulator kredit mobil. Kalkulator tersebut merupakan simulasi untuk membantu Anda menentukan budget, sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial.

4. Pilih Dealer Terpercaya

Kamu sudah punya budget dan tahu mau beli mobil tipe apa? Saatnya menentukan dealer. Pilihlah dealer terpercaya dan bisa membantu kesulitan kamu saat beli mobil.

5. Cek Kondisi Mobil

Beli mobil baru, apalagi bekas selalu cek kondisi mobil. Dari bagian interior, sistem rem, kaki-kaki, dan bagian lainnya. Pastikan tidak ada yang kurang apalagi cacat produk yang merugikan kamu. 

6. Perhatikan Harga Jual Kembali 

Memiliki rencana beli mobil pertama bagi pemula tentu akan menghadapi tantangan tersendiri. Terkadang harus mengesampingkan ego untuk mengutamakan beli mobil berdasarkan kebutuhan, bukan untuk ajang pamer belaka. 

Mobil pertama memang berkesan, tetapi suatu hari mungkin kamu perlu membeli yang baru karena kebutuhan yang bertambah. Untuk itu, saat beli mobil pastikan memiliki harga jual yang tidak terjun bebas agar tidak perlu menambah budget lebih banyak ketika membeli mobil yang baru. 

Akan lebih baik juga mempertimbangkan warna mobil yang akan kamu beli. Ini juga bertujuan agar mobil mudah terjual dan perlu kamu catat bahwa warna mobil dapat mempengaruhi harga jual. Warna mobil tersebut yaitu Silver, Putih, hitam, metalik, dan abu-abu. 

Penutup

Selain enam hal di atas, kamu juga harus cek kelengkapan dokumen, seperti STNK, BPKB, dan nota pembelian. Selalu cek dan pastikan bahwa dokumen yang kamu terima itu sah. 

Ikuti tips beli mobil pertama bagi pemula agar bisa menyesuaikan dengan budget dan kemampuan finansial kamu. Sebagai rekomendasi sebaiknya mobil pertama kamu sesuai kebutuhan yang bermanfaat. 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.