Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Tomoyo Rin

tips menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal itu sangat penting, karena ginjal adalah organ tubuh yang memiliki fungsi dalam menyaring zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, lalu dibuang melalui urine. Selain itu, memiliki peran penting lainnya dalam mengatur kadar pH, garam, kalium, dan tekanan darah dari hormone yang dihasilkan.

Ginjal juga berperan dalam mengontrol sel darah merah, sehingga jika tidak dijaga dengan baik maka akan mengidap penyakit ginjal. Seperti, gagal ginjal akut yang membuat penderita harus melakukan cuci darah secara rutin. Bahkan bisa mengalami komplikasi yang memicu munculnya berbagai masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, penting dalam menjaga kesehatan ginjal agar dapat bekerja sesuai fungsinya. Dari menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga: Hindari 5 Penyakit Tidak Menular dengan GERMAS

Contents

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal sebagai salah satu organ penting tubuh manusia terdiri atas dua pasang. Ketika salah satu bagian mengalami kerusakan maka sistem kerja ginjal dalam menyaring zat-zat berbahaya akan bermasalah, lalu memicu penyakit ginjal.

Ciri ginjal bermasalah ditandai dengan produksi urin lebih sedikit, dehidrasi, nyeri punggung dan lain-lain. Akan tetapi, kita tetap harus waspada karena terkadang gejala awal sulit terdeteksi selain dengan melakukan uji laboratorium.

Sebelum ginjal bermasalah alangkah baiknya menjaga kesehatan ginjal dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

cara menjaga kesehatan ginjal dengan mudah

1. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia berisi cairan. Untuk itu kebutuhan akan air harus terpenuhi dengan baik. Orang dewasa minimal minum air putih 8 gelas setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi dan membuat organ tubuh seperti ginjal bekerja sesuai fungsinya.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Dalam menjaga kesehatan tubuh cara terbaik memang konsumsi makanan sehat yang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Seperti konsumsi buah dan sayur, serta biji-bijian. Dalam menjaga kesehatan ginjal sebaiknya hindari makanan dengan lemak berlebih dan asin.

3. Menjaga Berat Badan

Siapa pun tahu jika obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti jantung, diabetes, termasuk ginjal. Hal ini karena saat berat badan melebihi dari standar ideal maka dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan begitu fungsi ginjal yang juga untuk mengontrol peredaran darah akan terganggu.

4. Cek Tekanan Darah Secara Rutin

Tekanan darah tinggi sulit untuk diketahui selain dengan melakukan pengecekan secara rutin. Dengan mengetahui tekanan darah tinggi atau tidaknya kita bisa terhindar dari penyakit jantung dan ginjal. Karena, pada dasarnya saat tekanan darah menjadi tinggi mau tidak mau harus menjaga gaya hidup yang lebih baik.

5. Tidak Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika merokok tidak baik untuk kesehatan. Yang mana dapat menyebabkan berbagai penyakit tidak menular yang mematikan. Jantung, stroke, dan ginjal karena adanya peningkatan tekanan darah.

6. Olahraga Secara Rutin

Mengontrol tekanan darah bisa juga dengan melakukan olahraga rutin, karena olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Itulah mengapa selain konsumsi makanan sehat, menjalankan gaya hidup sehat, olahraga pun sangat penting dan sebaiknya kita lakukan secara rutin.

Dalam olahraga tidak harus melakukan kegiatan yang berat dan dilakukan di outdoor. Karena, banyak juga jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik walau hanya di rumah.

7. Diet Rendah Protein

Konsumsi garam berlebih tidak baik untuk kesehatan ginjal, namun perlu juga memerhatikan konsumsi protein berlebih pun akan berakibat buruk bagi ginjal karena, protein akan dipecah menjadi asam amino dengan enzim. Lalu, sisanya akan ginjal proses untuk dibuang melalui urine.

Sehingga saat jumlah protein berlebih maka ginjal akan bekerja lebih keras dan mengalami kerusakan. Dalam mengontrol kadar protein ini dengan melakukan diet rendah protein.

Ginjal memiliki fungsi dan peran penting besar seperti organ tubuh lainnya. Sehingga, saat mengalami kerusakan maka akan mengganggu sistem kerja organ tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan ginjal agar bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

3 pemikiran pada “Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal”

  1. Dulu, saat saya masih bekerja di lapangan, selalu diingat banyak minum air putih, agar tidak sakit ginjal. Dan ternyata untuk mencegah penyakit ginjal itu, banyak hal yang bisa kita lakukan ya, Mbak. termasuk menjaga pola makan, makan makanan sehat, dan rajin olahraga.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.