10 Perbedaan Saham dan Kripto yang Perlu Kamu Pahami

Tomoyo Rin

perbedaan investasi saham dan kripto

Investasi termasuk hal penting untuk perlindungan keuangan di masa depan. Yang mana ada banyak investasi seperti saham, kripto, obligasi, deposito, dan asuransi.

Saham dan kripto menjadi investasi yang sering banget diperbincangkan. Walau begitu, apakah kamu tahu perbedaan dari kedua instrumen investasi tersebut?

Contents

10 Perbedaan Saham dan Kripto

Belakangan ini investasi menjadi minat khalayak banyak. Hal ini didukung dengan adanya kesadaran akan pentingnya menyiapkan dana untuk masa depan.

Banyak orang semakin peduli akan kesejahteraan di masa mendatang dan bisa bertahan dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu. Entah itu resesi atau hal-hal yang tidak terduga lainnya, menyiapkan keuangan untuk masa depan tidak bisa diabaikan begitu saja.

Persiapan yang bisa dilakukan yaitu dengan investasi. Seperti investasi saham dan kripto yang banyak diminati saat ini.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa saham dan kripto dua hal berbeda. Walau keduanya sama-sama dapat menghasilkan capital gain melalui proses trading. Lalu, apa perbedaan saham dan kripto?

investasi kripto di indodax

1. Tujuan

Baik saham dan kripto memiliki tujuan yang sangat berbeda. Kripto hadir sebagai mata uang digital dan bisa digunakan untuk transaksi secara virtual.

Sedangkan, saham hadir dengan mengumpulkan dana dari publik. Dana tersebut untuk mengembangkan perusahaan. Nantinya investor akan mendapatkan saham atau dividen saat perusahaan untung.

2. Kegunaan

Cryptocurrency dapat digunakan untuk berbagai transaksi layaknya uang fiat. Bahkan disinyalir kelak sebagai pengganti uang fiat. Yang mana lebih mudah dalam penggunaannya dan biaya transaksi lebih murah.

3. Volatilitas

Pada saham terdapat pembatasan volatilitas. Dimana saat harga saham anjlok dan pasar yang tidak terkendali akan ada auto reject. Hal tersebut karena adanya regulasi.

Berbeda dengan kripto yang tidak memiliki volatilitas karena pergerakan kripto berdasarkan supply dan demand. Sehingga harga bisa naik atau turun drastis.

4. Data Analisa

Masing-masing saham maupun kripto menggunakan data analisis yang tidak jauh berbeda. Baik berdasarkan analisa teknikal maupun fundamental.

Hanya saja untuk analisa fundamental, kripto bergantung pada teknologi dan kepercayaan publik. Berbeda dengan saham yang bergantung pada kondisi keuangan perusahaan.

5. Jam Operasional

Terdapat perbedaan jam operasional antara saham dan kripto. Saham memiliki jam buka, jam tutup, bahkan jam istirahat. Kripto tidak dibatasi jam operasional sehingga bisa beli koin kapan saja dalam kurun waktu 24 jam.

6. Tipe Aset

Saat membeli saham artinya membeli sebagian kecil kepemilikan perusahaan. Sedangkan untuk kripto yaitu berinvestasi pada koin kripto itu sendiri tidak pada perusahaan.

7. Regulasi

Saham berada dibawah naungan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan diawasi oleh OJK. Untuk regulasi kripto berada dibawah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

8. Aktivitas Investasi

Aktivitas saham hanya terbatas pada trading dan mendapatkan dividen. Untuk aktivitas Kripto cukup menarik karena dapat digunakan untuk trading, jaminan pinjaman, deposito, investasi untuk mendapatkan koin baru yang akan launching, hingga dapat membeli saham yang terlisting di exchange.

9. Penerbit Aset

Siapa saja dapat menerbitkan token kripto. Tetapi, untuk saham tidak semua perusahaan bisa IPO atau go public. Hal tersebut karena adanya beberapa regulasi yang harus terpenuhi.

10. Keamanan Aset

Dalam hal keamanan aset Saham lebih aman karena tersimpan di Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI. Jadi, saat perusahaan bangkrut saham tidak akan hilang begitu saja.

Aset Kripto cukup berisiko karena berkaitan dengan jaringan internet. Jika ada exchange yang di hack maka exchange tidak akan ganti rugi. Walau begitu, tidak perlu khawatir karena setiap tahun keamanan exchange terus ditingkatkan. Selain itu, pilihlah exchange yang memiliki keamanan tinggi.

Baca Juga: Memilih Kripto Exchange Terbaik

Saatnya Investasi Kripto di Indodax

Berencana investasi kripto langsung saja beli bitcoin di Indodax yang merupakan Indonesia Crypto Exchange pertama di Indonesia sejak tahun 2014. Di Indodax kamu dapat bertransaksi dengan mudah dan tentunya aman.

Indodax sudah terdaftar di BAPPEBTI dan diawasi juga oleh kemkominfo. Dengan begitu investasi kripto terlindungi dengan aman.

Adapun keuntungan beli dan jual aset kripto di layanan Indodax, yaitu:

  • Harga terjangkau dengan biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%.
  • Tersedia 200 lebih koin kripto yang bisa dibeli untuk investasi masa depan.
  • Beli aset kripto dengan deposito dari semua bank. Bisa juga jual kripto dengan mengkonversi secara instan menjadi rupiah.
  • Aktivitas pasar berlangsung 24 jam, sehingga bisa transaksi kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang waktu.

Jadi, yuk investasi kripto di Indodax dengan 3 langkah mudah yaitu deposit, beli dan jual. Jika kamu masih pemula dan awam dengan cryptocurrency bisa belajar dulu di kanal yang disediakan oleh Indodax yaitu Indodax Academy.

Kamu bisa akses Indodax Academy di channel youtube resmi Indodax. Setelah memahami tentang kripto jangan lupa untuk beli koin di Indodax melalui website atau mobile App.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.