Apa itu Mobile Banking? Kenali Cara Kerja dan Layanannya

Tomoyo Rin

Updated on:

pengertian mobile banking adalah

Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan canggih. Dalam kehidupan sehari-hari, peran teknologi bisa kita jumpai hampir di seluruh lini aktivitas manusia. Termasuk transaksi perbankan yang kini dapat diselesaikan secara praktis dengan mobile banking.

Masih ada sebagian orang yang belum memahami apa itu m Banking dan kegunaannya. Mobile banking atau m-Banking merupakan sebuah layanan transaksi perbankan berbentuk aplikasi yang bisa diunduh pada ponsel atau tablet. Istilah m-Banking sendiri lebih merujuk pada layanan keuangan dalam bentuk transaksi online.

Dengan berbekal smartphone atau tablet, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan layaknya di mesin ATM, seperti melakukan pembayaran, transfer, pengecekan saldo, pembayaran tagihan, maupun transaksi keuangan lainnya.

Sekarang, pengguna m-Banking semakin meningkat, alasan utama tentu soal kemudahan. Artikel kali ini akan menyajikan informasi tentang bagaimana cara kerja mobile banking, perbedaannya dengan internet banking, serta apa saja layanannya yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Contents

Cara Kerja Mobile Banking

Mungkin sebagian orang masih kebingungan tentang bagaimana cara kerja m-Banking. Pada dasarnya, cara kerjanya sama seperti melakukan transaksi layaknya di mesin ATM. Namun m-Banking disediakan kepada nasabah dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu dapat diakses menggunakan smartphone. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Play Store dan App Store.

Manfaat mobile banking yang paling mudah dirasakan adalah Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor bank atau mesin ATM ketika akan melakukan transaksi. Anda bisa melakukannya di mana dan kapan saja, hanya memakai smartphone atau tablet. Dengan kelebihan ini, semua kegiatan transaksi bisa lebih efisien, menghemat tenaga dan waktu.

Sebelum itu, pastikan Anda sudah memiliki rekening bank dan mendaftar akun m-Banking. Jika sudah punya akun, Anda tinggal login dengan memasukkan user ID dan password atau PIN. Anda dapat memilih layanan keuangan yang tersedia dan akan diminta memasukkan OTP dan PIN ketika menjalankan dan menyelesaikan transaksi.

Layanan m-Banking

apa saja layanan mobile banking
Sumber gambar: pexels.com

Seiring berjalannya waktu, fitur atau layanan yang dihadirkan dalam mobile banking semakin bertambah menyesuaikan perkembangan di era digital. Anda tidak hanya bisa melakukan cek saldo dan transfer, namun juga memakainya untuk kebutuhan keuangan yang lebih luas.

Biasanya setiap bank akan melakukan inovasi terbaru dalam menghadirkan layanan keuangan. Secara umum layanan yang diberikan dalam tiap m-Banking memiliki kesamaan, yaitu sama-sama terdapat fitur transfer seperti fasilitas mesin ATM namun dalam bentuk yang lebih praktis.

Namun fitur dalam m-Banking lebih beragam dan mendukung kebutuhan transaksi digital. Berikut beberapa fitur yang umumnya langsung bisa dimanfaatkan dalam m-Banking:

  • Melakukan transfer antar bank, membayar tagihan kartu kredit, membayar premi BPJS Kesehatan, pembayaran kebutuhan rumah, seperti listrik, PDAM, hingga internet.
  • Melakukan investasi: deposito, reksadana, saham, obligasi, dan lainnya
  • Top up dompet digital, seperti OVO, Gopay, dan LinkAja, dan sejenisnya.
  • Belanja online
  • Membayar dana pendidikan
  • Mencetak rekening koran, penggantian PIN ATM, dan layanan lainnya.

Itulah beberapa fitur yang bisa langsung Anda rasakan ketika menggunakan m-Banking. Dengan adanya m-Banking, melakukan transaksi online bukan menjadi hal yang merepotkan. Anda jadi lebih hemat dalam hal waktu dan tenaga dibandingkan transaksi menggunakan rekening konvensional.

Berkat adanya m-Banking semua transaksi keuangan bisa dilakukan dalam satu genggaman dan layanan yang tersedia selama 24 jam. Namun ada layanan yang tidak dimiliki oleh m-Banking sebagaimana ada dalam mesin ATM, yaitu penarikan dan setor uang.

Perbedaan Mobile Banking dengan Internet Banking

Selama ini, m-Banking kerap disebut sama dengan internet banking. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang jelas dalam sarana penggunaannya. Mobile banking berupa aplikasi yang digunakan di perangkat smartphone, sedangkan internet banking harus melalui situs resmi bank yang diakses menggunakan browser.

Meski begitu, jika dilihat dari layanan atau fiturnya, keduanya memang hampir sama. Hanya saja, fitur pada laman internet banking sangat terbatas dan tentu tidak semudah dan sebanyak fitur di m-Banking. Jadi, jangan sampai salah memahami perbedaan m-Banking dengan internet banking.

Perihal keamanan, keduanya sama-sama mendapat jaminan keamanan dari pihak bank. Dalam melakukan transaksi menggunakan m-Banking diperlukan nomor PIN untuk memproses transaksi.

Itulah informasi singkat mengenai mobile banking, cara kerja, serta layanannya. Yang jelas penggunaan platform keuangan digital ini sangat mempermudah kegiatan transaksi.

Mobile Banking PermataMobile X

Salah satu m-Banking yang memberikan kemudahan transaksi online adalah PermataMobile X. Platform keuangan digital dari PermataBank ini memiliki keamanan, desain dan sistem aplikasi yang mumpuni, serta mementingkan kepuasan nasabahnya. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna Apple).

Ada ratusan fitur yang tersedia di dalam PermataMobile X, di antaranya layanan seperti cek saldo tanpa harus login, fitur Face ID dan Finger ID, transfer uang lebih cepat dan mudah hanya dengan nomor telepon, mobile cash, kartu kredit, whatsapp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, serta tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM.

Tidak hanya itu, PermataMobile X juga menawarkan keunggulan lainnya berupa gratis biaya transfer. Menariknya lagi, ada sejumlah kelebihan yang bisa Anda nikmati, seperti program cashback, promo belanja, autodebet, dan sebagainya.

Semua transaksi perbankan Anda sudah tersedia dalam satu mobile banking PermataMobile X. Berbagai urusan transaksi online pun menjadi lebih cepat dan lebih praktis. Informasi lebih lengkap mengenai syarat dan cara menggunakannya silakan baca di laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.