Random

Ayam Kampung Bertelur Mini, Ini Fakta Bukan Hoaxs!

Siapa yang pernah menemukan ayam kampung bertelur mini alias kecil? Aku pernah dan rasanya wow banget. Ternyata telur ayam tidak selamanya besar.
Di samping rumah, ibuku mendapati 7 butir telur ayam kampung. 5 butir berukuran kecil. Dari yang berukuran 1 cm hingga 3 cm. Dari ke 5 butir telur mini yang empatnya berwarna coklat seperti telur ayam negeri. Ini adalah fenomena yang jarang sekali ditemukan karena biasanya telur yang berukuran mini bisa didapati dari ayam jantan. Sebelumnya ade saya juga menemukan satu butir telur mini berwarna putih, karena ketidaktahuannya diapun menyimpan telur di pot bunga sehingga dipatuk oleh ayam yang lainnya karena dia kira itu telur burung.
Hal ini dimungkinkan karena adanya kelainan gen yang berbeda dari ayam tersebut. Berdasarkan pengetahuan yang saya pelajari ketika SMA tentang Reproduksi (perkawinan). Sudah biasa adanya kelainan gen yang terjadi dari perkawinan tersebut. Dimungkinkan adanya hormon – hormon yang saling beradu atau kurangnya hormon dalam pembuahan sel telur tersebut.
Sebagai kenang-kenangan aku masih menyimpan satu telur yang berukuran mini tersebut. 😀

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.