Gunung,  Wonderfull Indonesia

Katak Merah Si Hewan Langka yang Terdapat di Gunung Ciremai

Kalian pernah tahu tentang Katak Merah gak si? Katak yang merupakan hewan endemik langka ini, populasinya hanya ada di Gunung Pangrango dan Gunung Halimun-Salak. Tapi, di Kuningan sendiri tepatnya di Curug Cisurian yang berada di kawasan Bumi Perkemahan Lembah Cisurian yang masuk ke dalam kawasan TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai), juga ditemukan populasi Katak Merah.
Katak langka ini memiliki bahasa latin Leptophryne cruentata. Secara kasat mata tidak begitu jauh dengan katak pada umumnya. Orang awam seperti aku, masa bodo amat dengan katak. Namun mengetahui katak ini merupakan hewan langka, menimbulkan rasa peduli yang mendalam. Ternyata, untuk seekor katak saja ada yang termasuk di kategori hewan langka. Menarik, bukan?
 

 

Adapun ciri-ciri katak merah adalah:
1. berukuran kecil dan ramping
2. wana kulitnya yang dipenuhi bintik-bintik berwarna merah darah. 
3. Kulit katak merah berwarna hitam dengan bintik-bintik merah atau kuning atau putih marmer. 
So, buat temen-temen jika berkunjung ke Curug Cisurian dan menemukan hewan endemik yang tergolong langka ini, jangan sampe ngebunuhnya ya. Biarkan mereka hidup bebas, agar populasinya tidak menurun dan punah. Membunuh hewan yang tidak mengganggu dan tidak bersalah sama sekali bukan perbuatan yang bijak.
Biarkan mereka hidup sesuai mata rantai yang sudah menjadi hukum alam.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.