10 Bahasa Gaul Viral di Medsos, Ada yang Sering Kamu Gunakan?

Tomoyo Rin

bahasa gaul yang viral di media sosial 2023

Seiring tingginya pengguna media sosial membuat bahasa gaul banyak bermunculan. Terutama istilah-istilah yang banyak digunakan oleh kalangan generasi Z. Bahkan tidak sedikit istilah baru yang bermunculan masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sebut saja istilah ”Alay” yang umum digunakan sebagai sindiran terhadap seseoang yang menunjukan gaya hidup berlebihan dan mencari perhatian. Kata ”Ambyar” yang memiliki arti bercerai-berai, berpisah-pisah, atau tidak terkonsentrasi termasuk bahasa gaul yang masuk KBBI.

Tapi, tahukah kamu bahwa saat ini banyak bahasa gaul viral yang bisa dengan mudah kamu temukan di medsos. Entah itu, memiliki makna positif atau negatif istilah gaul memiliki kesan tersendiri bagi yang menggunakannya.

Untuk itu, artikel kali ini aku mau berbagi mengenai 10 istilah gaul yang sering orang gunakan di media sosial. Bisa jadi, kamu sering menggunakan juga, nih. Cek!

Baca Juga: 7 Rahasia Sukses Generasi Milenial

Contents

Daftar Bahasa Gaul Ala Generasi Z

daftar bahasa gaul viral di medsos

Bahasa adalah salah satu alat komunikasi dalam bentuk aksara, simbol bunyi atau isyarat gerakan sebagai sarana dalam melakukan interaksi. Bahasa memiliki keunikan tersendiri, seperti penggunaan bahasa gaul yang cukup populer dikalangan anak muda.

Terutama di media sosial penyebaran bahasa gaul sangat cepat dan tidak hanya istilah dari bahasa Indonesia saja, ada bahasa lokal dan serapan dari bahasa luar yang banyak digunakan sebagai inspirasi dalam menciptakan bahasa kekinian.

Berikut daftar istilah bahasa gaul yang populer dan viral di media sosial.

1. Chuaks

Istilah chuaks cukup populer di medsos. Kata Chuaks digunakan untuk menyindir seseorang dengan konotasi negatif.

2. Skena

Skena istilah yang sudah lama ada, namun kembali viral di medsos ketika Gen Z banyak memakai istilah ini yang mengacu kepada identitas suatu kelompok yang berhubungan dengan musik. Seperti Anak Skena Rock atau Skena Indie.

Berdasarkan informasi yang aku dapat dari Beranda.co.id sebagai situs berita terlengkap dan terupdate, anak skena adalah golongan atau sekelompok anak sebagai penggemar suatu musik. Namun perlu kamu ketahui Skena sendiri gabungan dari kata Sua, cengkerama, dan kelana.

3. Slebew

Tentu tidak asing lagi dengan istilah slebew. Banyak gen z menggunakan kata ini untuk menekankan pada istilah yang mesum atau vulgar. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa arti slebew adalah tidur nyenyak.

4. Red Flag

Menurutku istilah yang viral di medsos ini cukup unik. Yang mana pengguna sosmed biasanya menggunakan istilah Red Flag yang ditujukan kepada seseorang yang berbahaya dan memiliki sifat buruk sehingga tidak cocok dijadikan pasangan.

5. Fomo

Bahasa gaul Fomo merupakan singkatan dari fear of missing out. Istilah ini menggambarkan seseorang yang takut ketinggalan berita atau suatu hal yang tengah viral, sehingga tidak pernah absen mengikuti tren.

6. CMIIW

Sama halnya seperti Fomo, CMIIW singkatan Correct Me If I’m Wrong yang mengacu pada hal dalam meminta saran ketika melakukan kesalahan.

7. RL

RL adalah Real Life atau yang artinya kehidupan nyata. Penggunaan RL untuk membandingkan situasi antara kehidupan sebenarnya dengan yang terjadi di medsos. 

8. FYP 

Pengguna TikTok tentunya tidak asing istilah FYP ini. FYP atau For Your Page mengacu kepada konten viral yang terjadi di beranda TikTok. FYP sering juga dimanfaatkan untuk meningkatkan follower. 

9. Ngab

Coba deh bacanya dari belakang maka jadi “Bang”. Ya, ini merupakan kata sapaan di medsos untuk abang atau bro alias brother. 

10. Gunawan

Lagi ramai kan drama King The Land, banyak fans Junho yang memanggilnya Gunawan. Nah, Gunawan ini sebetulnya singkatan dari Gundul Namun Menawan. Akan tetapi kalau Junho bukan karena gundul namun menawan ya, itu plesetan dari nama pemerannya yaitu Goo Won. 

Demikian 10 bahasa gaul yang viral di medsos. Walau begitu masih banyak lagi istilah gaul yang populer di kalangan Gen Z. Ada yang berupa singkatan, sindiran, plesetan lucu, hingga penggunaan simbol angka. 

Btw, dari daftar diatas ada yang sering kamu gunakan juga? Kalau ada istilah lain share di kolom komentar, ya. 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.