Alasan Switching Reksadana Saham Penting bagi Investor

Tomoyo Rin

Updated on:

apa itu switching reksadana

Reksadana Saham merupakan pilihan instrumen investasi dengan prospek imbal hasil yang menjanjikan. Jika Anda menjalankan strategi yang tepat, instrumen ini bisa mendatangkan cukup banyak keuntungan. 

Dalam proses investasi dan transaksi Reksadana, Anda akan mengenal istilah switching. Switching ini menjadi salah satu strategi yang para investor lakukan demi mencapai tujuan finansial mereka tepat pada waktunya. 

Contents

Apa Itu Switching Reksadana Saham?

Mari berkenalan dulu dengan apa itu switching Reksadana. Ini merupakan sebuah pengalihan unit Reksadana ke Reksadana yang lain. Dalam hal ini investor secara otomatis akan mengubah portofolio mereka. 

Secara mudahnya, switching merupakan kegiatan mengganti unit Reksadana jenis Saham yang dimiliki investor. Investor akan mengganti unit Reksadana tersebut dengan unit lain berdasarkan tujuan tertentu yang dalam memberikan potensi keuntungan lebih tinggi. 

Switching dapat dimulai dengan menjual unit Reksadana yang sudah investor miliki. Setelah itu investor bisa menunggu sampai dana investasi cair ke rekening pribadi agar bisa membeli unit Reksadana yang lain. 

Namun, tahukah Anda bahwa mekanisme switching seperti ini terlalu lama dan tidak praktis? Ada jeda waktu yang cukup lama karena investor harus menunggu unit Reksadana terjual untu pencairan dana. 

Saat ini sudah ada proses switching yang jauh lebih praktis. Transaksi jual dan beli bisa Anda lakukan secara instan di hari yang sama. Investor bisa memperoleh harga NAB jual dan beli di hari yang sama jadi jauh lebih efektif. 

Mengapa Switching Penting untuk Dilakukan?

Switching penting untuk dilakukan oleh para investor Reksadana. Berikut adalah beberapa manfaat pentingnya melakukan switching:

1. Memperkecil Risiko

Bentuk transaksi ini akan membantu menurunkan risiko investasi Anda. Anda bisa menukar unit Reksadana yang kurang potensial dengan unit Reksadana lain yang prospeknya jauh lebih baik. 

Misalnya saat terjadi situasi yang kurang menguntungkan seperti pandemi COVID-19 lalu. Anda bisa melakukan switching untuk menukar unit Reksadana yang berisiko tinggi ke unit Reksadana yang risikonya jauh lebih rendah. 

2. Mengoptimalkan Keuntungan

alasan mengapa switching reksadana penting bagi investor

Tentunya switching juga dapat membantu mengoptimalkan keuntungan yang bisa Anda peroleh dari investasi Reksadana. Transaksi ini memungkinan Anda beralih ke unit Reksadana yang memiliki potensi lebih besar. 

Switching bisa jadi salah satu langkah strategi yang Anda ambil dalam kondisi tertentu. Misalnya saat Anda ingin mencapai target finansial lebih cepat. Tentu hal ini harus Anda lakukan dengan analisis dan pertimbangan yang matang. 

3. Mengatur Ulang Alokasi Aset

Setiap investor pasti punya rencana investasi yang berbeda-beda. Secara umum mereka punya tujuan investasi dan alokasi aset yang tidak sama. Namun rencana ini bisa saja berubah di tengah perjalanan investasi masing-masing. 

Saat ada perubahan tersebut, bisa jadi Anda harus mengatur ulang alokasi aset sehingga profit yang akan Anda peroleh bisa optimal. Dalam kondisi seperti ini membutuhkan switching dengan analisis yang matang. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Switching?

Sebagai investor Reksadana Saham atau mungkin Reksadana lainnya, kapan kira-kira waktu yang tepat untuk melakukan switching? Switching memang terlihat sederhana, namun tetap membutuhkan strategi dan pemilihan waktu yang tepat. 

Pada dasarnya tidak ada teori pasti mengenai waktu yang tepat untuk melakukan transaksi switching Reksadana. Setiap investor memiliki pertimbangan masing-masing kapan harus melakukan switching

Sebagai salah satu strategi untuk menyeimbangkan aset dalam portofolio Anda, sebaiknya melakukan switching tiap 3 bulan atau 6 bulan sekali. Bahkan tidak masalah jika dilakukan setahun sekali. 

Kunci pentingnya adalah lakukan switching karena dasar analisis yang tepat. Jangan pernah melakukan switching hanya karena ada pengaruh dari luar atau efek FOMO (fear of missing out). 

Selain itu Anda harus benar-benar paham unit Reksadana mana yang ingin diganti. Pilihan unit Reksadana yang akan Anda masukkan ke portofolio juga harus dipertimbangkan sebaik mungkin. 

Mulai Berinvestasi Reksadana Bersama DBS Treasures

Transaksi switching Reksadana dapat menjadi lebih mudah saat Anda berinvestasi di DBS Treasures. Berikut beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika berinvestasi Reksadana Saham maupun instrumen Reksadana lainnya di DBS Treasures:

1. Pengelolaan Dana oleh Manajer Investasi

Ada Manajer Investasi yang akan mengelola dana investasi Anda secara langsung. Manajer Investasi ini bermitra dengan DBS Treasures dan siap bekerja mengoptimalkan performa Reksadana Anda. 

2. Tersedia Dukungan Wawasan Investasi

Ada tim ahli finansial yang akan memberi dukungan wawasan investasi kepada Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap mengenai peluang pasar saat ini. 

3. Diversifikasi Lebih Mudah

Anda dapat mulai diversifikasi dengan mudah supaya manfaat Reksadana Saham maupun jenis lainnya lebih optimal. Diversifikasi terasa jauh lebih praktis untuk dilakukan. 

4. Ada Aplikasi untuk Transaksi Lebih Praktis

Tersedia Aplikasi digibank by DBS yang akan mempermudah transaksi investasi. Di sini Anda bisa melakukan registrasi SID (Single Investor Identification) sekaligus melakukan jual, beli, serta switch Reksadana. 

Lewat aplikasi ini Anda juga bisa terhubung dengan aneka jenis Reksadana. Baik itu Reksadana dari Manajer Investasi maupun Reksadana sesuai kategori produknya. 

Anda berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan juga insight mengenai peluang terkini yang sudah Anda sesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi. 

Investasi dalam bentuk Reksadana Saham maupun Reksadana lain akan jadi lebih mudah dan aman bersama DBS Treasures. Transaksi investasi lebih mudah termasuk switching Reksadana. Langsung klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.