Perlukah Kita Berani Mengaku Salah?

harus berani mengaku salah

Jangan takut mengaku salah karena tandanya kamu berani bertanggung jawab terhadap perbuatanmu. Secara lisan maupun tindakan.

Siapa si yang tidak pernah melakukan kesalahan. Pasti semua orang pernah melakukannya. Nabi Adam saja pernah melakukan kesalahan, apalagi aku yang orang biasa. Gak sekedar sekali, tapi berkali-kali, bahkan aku pernah melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Itu karena tidak mudah berani mengaku salah. Terlalu besar kepala untuk mengakuinya.  

Seperti terhantam kiloan batu besar, saat bertemu atasan yang keras dan mencintai kejujuran. Sekarang aku benar-benar paham saat kesalahan ditutupi. Karena sekecil apapun sebuah kesalahan, atasan saya ini bakalan marah besar.

Marahnya itu lebih mengerikan dari Zumi Zola. Bedanya atasan aku gak pernah melampiaskan kebenda-benda mati, cukup dengan ucapannya yang langsung “jleb” di ulu hati. Kalau gak kuat mental yakin akan memilih resaign.

Awalnya karena saking takutnya, kalau habis berbuat salah, tidak berani mengaku. Tapi, ujung-ujungnya ketahuan dan tetap kena semprot jadi mikir deh mendingan jujur diawal.

Toh, dimarahi juga bukan berarti tidak dapat apa-apa kan? Sebaliknya, menjadi pengingat untuk memperbaiki diri. Dan bersyukur karena masiha ada orang yang peduli dengan hidup aku.   

Baca Juga: Untuk Kamu yang Kini terpenjara

Dengan tidak bearni mengaku salah, bisa juga loh menimbulkan penyakit hati lainnya seperti ‘berbohong’. Yupss… untuk menutupi kesalahan tidak ada cara lain selain berbohong dengan seribu alasan.

Setuju gak kalau dari kebohongan itu akan timbul kebohongan lainnya? Bisa juga nih lambat laun malah jadi kebiasaan. Karenanya, aku sendiri sedang memperbaiki diri untuk selalu jujur, apapun itu.

Gak enak juga si menyimpan kesalahan, pasti kepikiran terus. Karenanya saat melakukan kesalahan aku akan teringat dengan wejangan ayahku.  

“Dimanapun Kamu Berada Jadilah Orang yang Jujur.”

Itulah kata penguat untuk menjawab tantangan #KampusFiksi dari pertanyaan: Tulislah Tulisan yang Dapat Membuatmu Merasa Kuat!  

Apa kata penguatmu? Jangan sungkan untuk share di kolom komentar.

___________________

Artikel ini diikutsertakan untuk #10DaysKF @KampusFiksi

Previous Post Next Post

2 Comments

  1. Reply Rin Herlina Januari 25, 2017 at 08:53

    Setuju. baru aja kemarin di kantor ada yang salah kena tegur tapi malah marah balik ga terima.

  2. Reply Ria Nugroho Januari 25, 2017 at 05:06

    apa ya kata penguatku 😀 istighfar saja udah bikin saya kuat jg
    saya paling suka sama orang yg jujur sama kesalahannya, dan paling bete sama orang udah salah bukannya minta maaf malah marah-marah seakan tidak mau disalahkan

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.