Bukan Nasi Padang, Ini 5 Opsi Kuliner Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Sumatera Barat

Tomoyo Rin

Updated on:

nasi padang sumatera barat

Nasi Padang sering disebut sebagai kuliner khas Padang yang telah begitu mudah dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Namun, di tempat aslinya, kamu bisa menemukan varian kuliner yang jauh lebih kaya. Tidak hanya menu berupa rendang, sate khas Padang, ataupun beragam lauk yang kerap hadir dalam sajian menu di restoran Padang.

kuliner sumatera barat
(sumber : blog.ivanza.co)

Contents

5 Kuliner Khas Sumatera Barat Selain Nasi Padang

Nah, sebagai bahan informasi untuk aktivitas wisata kuliner selama di Padang, teman-teman bisa mencoba untuk mencicipi makanan khas yang juga menggugah selera berikut:

  • Gulai itiak

Gulai itiak jadi pilihan tepat kalau teman-teman mengaku sebagai pencinta olahan daging bebek. Gulai itiak dikenal sebagai kuliner khas daerah Koto Gadang Agam. Makanan ini dibuat dengan bahan utama bebek muda yang kemudian dicampur dengan berbagai bumbu seperti cabe kriting hijau, laos, jahe, daun salam, jahe, daun jeruk, dan lain-lain. Rasanya cukup pedas dengan bumbu yang berwarna hijau.

  • Gulai banak

Gulai banak jadi sajian khusus dengan bahan utama berupa otak sapi. Makanan yang satu ini memiliki ciri khas berupa daun berkuah santan yang begitu kental dan pedas. Terkadang, dalam penyajiannya gulai banak disertai dengan irisan daun mangkok yang memberikan cita rasa tambahan yang khas.

  • Teh talua

Kalau ingin mencari minuman khas Padang, pilihannya adalah teh talua. Minuman ini dibuat dengan mencampurkan 3 bahan, yakni teh, gula, serta telur ayam kampung. Terkadang, campuran tersebut disertai dengan sedikit perasan jeruk nipis.

  • Soto padang

Masyarakat Padang juga punya kuliner berupa soto, dibuat dengan kaldu sapi yang disertai dengan irisan daging sapi goreng kering. Sebagai tambahan, kuliner ini biasanya disertai dengan perkedel kentang dan disajikan dalam kondisi panas.

  • Gulai paku

Gulai paku bisa jadi makanan enak yang perlu  diburu selama berada di Sumatera Barat. Kuliner ini dikenal sebagai makanan khas wilayah pesisir barat. Gulai ini dibuat dengan bahan utama daun pakis yang dicampur dengan cabe rawit hijau, asam kandis, laos, kunyit, serta bumbu santan. Dalam penyajiannya, gulai paku biasanya disertai dengan ketupat.

Tips Berburu Kuliner Khas Padang Sepuasnya

Berburu kuliner khas Padang memang asyik. Namun, teman-teman juga harus memperhatikan kondisi bujet selama liburan. Agar aktivitas wisata kuliner di sana bisa dilakukan sampai puas, perlu menghemat pengeluaran di sektor lain, sebagai contoh dengan memilih penginapan yang murah di lokasi strategis.

Teman-teman bisa dengan mudah menemukan hotel di Padang yang menawarkan tempat menginap nyaman dan lokasi strategis. Tempat tidur yang nyaman, memastikan kita bisa beristirahat dengan puas selama di hotel. Sementara itu, lokasi strategis pun memastikan kita bisa menelusuri deretan tempat wisata di Padang yang terkenal dan menarik.

Solusi penginapan murah dengan kriteria seperti itu, bisa teman-teman temukan di Airy Rooms yang dikenal sebagai jaringan hotel murah terbesar yang ada di Indonesia. Setiap kamar yang mereka sediakan, menjanjikan rasa nyaman kepada para tamunya. Kamu akan mendapati setiap kamar dalam kondisi yang bersih dengan disertai pendingin AC di dalamnya.

Kamar-kamar tersebut juga dilengkapi dengan kamar mandi shower dengan opsi air hangat. Tak lupa, pihak hotel juga telah menyediakan perlengkapan mandi komplet yang siap digunakan. Fasilitas lainnya, tersedia pula TV layar datar, air minum gratis, serta akses internet WiFi yang dapat digunakan sepuasnya. Deretan fasilitas tersebut, membuat tawaran menginap di hotel ini tidak kalah dibandingkan dengan hotel dengan tarif yang lebih mahal.

Dengan pemangkasan biaya menginap, kamu dapat mencoba beragam kuliner khas yang dijumpai selama di Padang selain Nasi Padang itu sendiri. Dijamin, nggak bakal rugi kalau kamu liburan ke sini!

41 pemikiran pada “Bukan Nasi Padang, Ini 5 Opsi Kuliner Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Sumatera Barat”

  1. Wah banyak juga ya kuliner di Padang, namanya juga unik-unik. Aku taunya cuma nasi padang aja hehe πŸ˜€
    Jadi penasaran dengan rasa dari gulai paku.

    Balas
  2. Bebrapa hari terakhir kemarin, saya makan Nasi Padang enak banget sampai habis, mungkin karena saya minta semua kuah dimasukkan ke dalam nasi bungkus yang kubeli. Waaah, berarti kalau ke sana, jangan mencari warung nasi padang yaaa, gulai paku nich udah ngebayangin gimana rasanyaaa, pasti enak banget ya

    Balas
  3. Akutu aslinya nggak begitu suka nasi Padang. Tapi waktu diajak jalan-jalan ke Pekanbaru, Bukittinggi, dan Payakumbuh, waktu diajakin makan di RM Nasi Padang, kok aku jadi suka yaa. Rasanya beda sih sama yang di Semarang, hahhaa

    Balas
  4. Baru tau ada gulai Itiak sampe gulai paku tp so far yg berbau Padang aku suka semuanya (kayaknya) hahaha masakan padang nasi padang aja aku doyan bangets soalna semoga bisa ke Sumbar icip semua heehee

    Balas
  5. Teh talua, ngebayangin raaanya kayak gimana ya teh dikasih telur ayam mentah ya?

    Kalau jamu dengan menelan telur mentah sih sering lihat, tapi kalau dicampur dalam minuman teh, can’t imagine, funtastic kali ya

    Balas
  6. coba satu lagi mba…
    baluik goreng atau goreng belut..
    love sumatera barat food dan menikmati did aerah asalnya selalu nyoba kuliner khas mrk yg barus etiap kali ke apadang dan selalu jayuh cinta sm otentiknya masakan mrk

    Balas
  7. Di Padang sendiri katanya emang gak ada Nasi Padang yaaaa hahah
    Pengen banget deh nyobain semua kuliner padang itu. Moga2 kelak ada kesempatan ke sana, makan2 sampai kenyang. Sbg org Jawa, makanan Padang (yg selama ini kucoba) cocok di lidahku sih πŸ˜€

    Balas
  8. Gulai pakunya sungguh menarik minat nih. Kebanyakan makanan di sana memang bersantan ya mba? Aku suka banget sih semua masakan bersantan. Hanya saja kalau kebanyakan ya rada was2 juga ya πŸ˜‰

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.