Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Tomoyo Rin

mendapatkan beassiwa kuliah gratis

Bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis merupakan langkah tepat untuk membiayai pendidikan. Sudah menjadi rahasia umum jika biaya pendidikan setiap tahunnya terus naik, sehingga beasiswa menjadi jalan ninja banyak untuk agar biaya sekolah lebih ringan dan bisa menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Beasiswa pendidikan pun tidak hanya tersedia untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri saja, karena banyak beasiswa kuliah luar negeri baik dari pemerintah maupun swasta. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan membahas sedikit mencari dan mendapatkan beasiswa kuliah. 

Contents

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis 

Cara mendapatkan beasiswa untuk bisa kuliah gratis umumnya terbagi atas beberapa kategori dari prestasi dan nilai akademik sesuai standar penyelenggara beasiswa. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami, yaitu:

cara mendapatkan beasiswa kuliah Indonesia dan luar negeri

1. Teliti Mencari Informasi Beasiswa 

Hal pertama yang dapat kamu lakukan yaitu mencari informasi sebanyak mungkin. Perhatikan dan gali informasi dengan teliti, seperti syarat dan ketentuan untuk mengajukan beasiswa, tes apa saja yang akan dilakukan, hingga fasilitas beasiswa. 

Ada beasiswa yang hanya untuk gratis biaya kuliah saja. Ada juga beasiswa dengan benefit gratis biaya kuliah, uang tunjangan, dan sebagainya tergantung penyedia beasiswa. 

Sebagai rekomendasi kamu bisa cek beasiswa BCA, Sampoerna Foundation, beasiswa LPDP, beasiswa KIP Kuliah, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari lebih banyak di internet atau media sosial. 

2. Tingkatkan Prestasi Akademik

Setelah mencari beasiswa yang tersedia maka kamu harus rajin dan tekun untuk meningkatkan prestasi akademik. Sebagian besar beasiswa memiliki persyaratan khusus terkait program studi yang mana kamu harus mendapatkan nilai tinggi untuk pelajaran tertentu. 

Jika perlu ikuti kursus offline maupun online untuk meningkatkan nilai akademis maupun non akademis. Ada juga beasiswa kuliah dengan mengajukan prestasi non akademis.  

3. Menguasai Bahasa Inggris

Sebagian besar beasiswa memiliki syarat tes Toefl, sehingga mau tidak mau kamu harus menguasai bahasa Inggris dengan baik. Bahkan syarat ini tidak hanya berlaku untuk beasiswa luar negeri saja, beasiswa kuliah dalam negeri pun memasukkan tes toefl sebagai syarat beasiswa. 

4. Pilih Program Studi yang Sesuai

Penyedia atau penyelenggara beasiswa akan menentukan program studi apa saja untuk dipilih calon penerima beasiswa. Kamu harus memilih program studi yang tepat dan sesuai dengan nilai akademis. 

Akan lebih baik jika memilih program studi yang sesuai dengan minat atau tujuan kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini karena kamu pastinya akan berjuang sebaik mungkin untuk mencapai mimpi-mimpi dan harapan. 

5. Persiapkan Aplikasi Beasiswa dengan Baik 

Saat anda mengajukan aplikasi beasiswa maka siapkan sebaik mungkin. Pastikan semua persyaratan dokumen dan formulir sudah sesuai dan lengkap. Jangan salah karena satu saja ada kekurangan bisa mengurangi penilaian.

Perlu kamu ingat juga mengenai batas waktu pengiriman, jangan sampai terlambat mengirimkan aplikasi sehingga kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah gratis semakin jauh dari depan mata. 

6. Buat Esai yang Kuat

Tentu kamu sudah mendengar kalau esai atau surat pengantar sering menjadi salah satu syarat dalam mengajukan beasiswa. Buatlah esai yang kuat dengan menyampaikan motivasi, tujuan, dan alasan kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. 

7. Dapatkan Rekomendasi

Mendapatkan surat rekomendasi dari pihak yang mengenal potensi dan kemampuan kamu dalam hal akademis atau non akademis bisa menjadi salah satu langkah mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Misalnya dari guru atau dosen. 

8. Ikuti Kegiatan Non Akademis

Memiliki nilai akademis tinggi untuk mendaftar beasiswa memang penting, tetapi kamu juga perlu mendapatkan nilai tambahan dari non akademis. Oleh karena itu, aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler untuk mendapatkan nilai tambahan.

9. Cari Beasiswa Luar Negeri

Tidak ada salahnya mencari informasi dan mengajukan aplikasi untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri. Hal ini penting untuk mendapatkan pengalaman dan tantangan belajar secara global. 

10. Mempersiapkan Wawancara dengan Baik

Tahap wawancara menjadi hal yang bisa sebagai syarat layak atau tidaknya sebagai penerima beasiswa. Wawancara mungkin terkesan mudah, akan tetapi harus dipersiapkan dengan matang, caranya dengan berlatih wawancara secara rutin. 

Demikian tips jitu mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Perlu diingat bahwa persaingan cukup ketat karena tidak hanya kamu yang ingin kuliah gratis, di luar sana banyak calon penerima beasiswa yang bisa saja lebih unggul. 

Oleh sebab itu, persiapkan segalanya dengan baik, dari meningkatkan nilai akademis dan non akademis, tidak lelah mencari informasi beasiswa untuk mendapatkan peluang yang lebih besar, hingga pantang menyerah. Berusahalah semaksimal mungkin dan percaya akan kemampuan serta potensi yang kamu miliki.  

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.