cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan alami
Kesehatan

Cara Menghilangkan Ketombe dengan 5 Bahan Alami dan Menghindari Stres. Tidak Perlu Khawatir Ketombe Datang Lagi!

Pernah tidak sih walau rutin keramas dengan sampo yang bagus sekalipun, ketombe datang terus? Sebetulnya ada berbagai penyebab yang membuat kamu semakin resah bagaimana cara menghilangkan ketombe agar tidak balik lagi-balik lagi. *korban iklan-tsah. Perkara kulit kepala ternyata kompleks, loh. Ada penyebab alami yang tidak bisa dihindari seperti takdir, bahwasanya ketombe pasti akan muncul.

Penyebab rambut dipenuhi dengan serpihan putih atau yang disebut ketombe ini biasanya disebabkan karena adanya jamur yang tumbuh di kulit kepala. Kulit kepala berminyak pun mempengaruhi akan kehadiran ketombe yang terkadang nih, tahu-tahu sudah memenuhi bahu dan membuat penampilan tidak nyaman, terutama saat mengenakan pakaian berwarna hitam. Sedangkan penyebab lainnya bisa dari jarang keramas dan salah menggunakan sampo.

Lalu kenapa si ketombe harus dibasmi?

Efek yang ditimbulkan jika kepala dipenuhi ketombe membuat kepala tidak nyaman karena biasanya akan terasa gatal. Sedangkan jika munculnya ketombe dalam jumlah yang tidak wajar ditambah gatal-gatal yang tidak terkendali kemungkinan besar adalah penyakit. Oleh sebab itu harus lebih waspada apakah ketombe yang muncul memang sewajaranya atau tidak. Jangan lupa langsung konsultasi ke dokter untuk memastikannya.

Jika menggunakan bahan kimia seperti sampo tidak mengalami perubahan atau semakin menjadi tidak ada salahnya jika menggunakan cara lain. Bisa dengan menggunakan bahan alami sebagai salah satu cara mudah menghilangka ketombe yang membandel. Siapa tahu bahan alami membuat ketombe enggan balik lagi. Bahan yang digunakan juga ada disekeliling kita sehingga akan mudah dalam memperaktikannya.

Baca Juga: Galau Karena Jerawat? Derma Angel, Saja!

Cara Menghilangkan Ketombe dengan 5 Bahan Alami

1. Minyak Zaitun

Siapa sih, yang tidak kenal minyak zaitun. Khasiatnya memang tidak diragukan bagi kesehatan baik tubuh bagian luar atau dalam. Kandungan vitamin E ternyata ampuh untuk menghilangkan ketombe, loh. Penggunaannya sangat mudah.

Tuang satu sendok minyak zaitun ke telapak tangan, lalu usapkan ke kepala. Pijat dengab perlahan. Jika sudah merata, tutup rambut dengan handuk atau kain lainnya selama 20-30 menit. Dibagian akhir jika proses steam sudah selesai, rambut bilas dengan air dan keramaslah.

2. Lemon

Jamur adalah salah satu penyebab munculnya ketombe dan rasa asam pada lemon mampu menyeimbangkan PH kulit kepala sehingga bisa menangkal jamur dan juga sebagai anti bakteri. Cara penggunaannya sangat mudah.

Peras lemon untuk mengambil sarinya, campur air. Lalu basuh pada rambut dan diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dan keramas dengan sampo.

3. Baking Soda

Seperti lemon, baking soda juga mampu menghilangkan jamur di kulit kepala. Menghilangkan ketombe dengan baking soda dengan mengambil sedikit saja lalu bilas ke kepala sambil dipijat. Diamkan selama dua menit sebelum dibersihkan.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya memang sering digunakan untuk perawatan rambut seperti untuk melembabkan dan membuat halus. Namun lidah buaya juga mampu menghilangkan ketombe, loh. Sensasin dingin yang dihasilkan lidah buaya juga mampu membuat kepala adem.

Penggunaannya, ambil gelnya dan oleskan pada kulit kepala. Pijat pelan dan diamkan selama 45 menit.

5. Cuka Apel

Cuka yang teruat dari sari apel bisa, digunakan untuk membasmi jamur yang menyebabkan ketombe menghiasi kepala. Cuka apel juga mampu menyeimbangkan PH kulit dan menghilangkan sel yang mati. Cara penggunaannya bisa dicampurkan ke sampo yang akan digunakan atau menggabungkannya dengan essential oil.

Hindari Stres agar Tubuh Tetap Fit

Selain lima bahan alami di atas hal yang bisa dilakukan agar ketombe tidak menganggu aktivitas dengan menjauhi stres. Stres memang pemicu kesehatan menjadi drop karena sel-sel dalam tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satunya dapat menyebabkan ketombe akibat sel atau jaringa kulit kepala bermasalah. Ole sebab itu hindarilah stres berlebih. Jika merasa lelah, beristirahatlah. Jangan sampai stres menguasai.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.