Promo Belanja Online Membuat Kantong Kering? Ikuti Tips ini, yuk!

Tomoyo Rin

Updated on:

tips memanfaatkan promo belanja online agar kantong tetap tebal2

Di bulan ramadhan ini banyak bertebaran mengenai promo belanja online. Tidak tanggung-tanggung ada yang memberikan promo hingga 70%. Bagaimana tidak tergoda, kan? Melihat angka sale yang begitu besar tangan langsung gatel pengin klik-klik barang yang menjadi promo. Apalagi barang tersebut sudah menjadi incaran sejak jauh hari.

Sayangnya tanpa kontrol diri kita sering lupa bahwa promo tersebut bisa menjadi boomerang buat diri sendiri. Seperti kehabisan dana. Padahal menuju gajian masih lama, atau biaya hidup sehari-hari menjadi kekurangan. Cara terbaik akhirnya harus pinjam sana-sini. Apalagi marakanya pinjaman online membuat semakin tergoda. Tetapi, pinjam uang pun bukan cara terbaik karena bisa saja malah jadi gali lubang tutup lubang.

Agar dapat memanfaatkan promo dan sale besar di e-commerce, teman-teman bisa mengikuti tips berikut ini agar kantong tetap tebal.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah untuk Berlibur ke Jepang

Tips Memanfaatkan Promo Belanja Online

  1. Sediakan Budget
    Menyiapkan budget untuk belanja online suatu hal yang bisa kita lakukan dalam mengerem pembelian. Budget ini bisa menjadi senjata saat melakukan transaksi pembayaran. Sekiranya melebihi budget, hapus barang yang tidak begitu kita butuhkan.
  2. Buat list barang yang Penting
    Buatlah daftar barang belanjaan yang memang sangat penting. Jangan yang hanya sekedar keinginan belaka namun sama sekali sedang tidak teman-teman perlukan. Cek terlebih dahulu kebutuhan yang sekiranya urgent atau memang sudah habis.
  3. Beli barang-barang yang ada dalam list terlebih dahulu.
    Saat membuka e-commerce dan menemukan diskonan yang menggoda, cek terlebih dahulu barang yang di diskon ada di list atau tidak. Jika tidak harus kesampingkan dulu. Pokonya yang di daftar yang utama. Jika ada budget lebih baru bisa beli yang lain.
  4. Jangan terpaku pada satu e-commerce
    Setiap toko online memiliki kebijakan khusus mengenai diskon. Ada yang super besar dan ada yang standar. Sebelum benar-benar membeli barang yang dibutuhkan bisa cek di toko online lainnya. Apakah ada diskon atau bisa cek harga sebelum diskon lebih mahal atau tinggi. Lalu cek juga s & k. Yes, mengecekan syarat dan ketentuan itu penting. Ada diskon yang khusus menggunakan debit/credit card saja. Ada diskon yang memilki masa waktunya. So, harus teliti ya teman-teman.
  5. Menahan diri dari segala godaan
    Tidak hanya puasa, saat belanjan online kita harus menahan diri. Jangan terlalu tergoda dengan diskonan. Ingat poin 1 dan 2 di atas.

5 tips dalam memanfaatkan promo belanja online di atas semoga bermanfaat. Harus lebih bijak menjadi pembeli agar tidak menyesal kemudian hari. Ada yang punya tips lain. Silahkan share di kolom komentar, ya.

30 pemikiran pada “Promo Belanja Online Membuat Kantong Kering? Ikuti Tips ini, yuk!”

  1. nah ini nih, salah satu ujian Ramadhan yg kerap mnghampiri wanita ya shopping ini apalagi didukung zaman serba instan dan mudah, tinggal klik klik, barang langsung di tangan, tak terasa atm menipis #eh,maap jadi curhat mb xD
    poin terakhir sepertinya yg plg sy butuhkam
    saat ini terima kasih sdh berbagi mb

    Balas
  2. Makasi mbak tipsnya. Alhamdulillah udah uninstall aplikasi e-commerse. Demi kemaslahatan bersama.

    Promo lebaran gini ini suka dimana2, kalau akses nggak dibatasi juga, kadang masih juga nggak mempan.

    Balas
  3. Saya jarang belanja online, malah suami yang sering. Hehe … Iya, sih, malah bisa lebih hemat kalau tahu tipsnya dan memang enggak semua barang bisa dibeli online menurut saya. Kadang saya lebih senang mendatangi tokonya langsung, jadi tahu kualitas barangnya.

    Balas
  4. Kayaknya yang paling penting sih menahan diri dari semua godaan. Padahal itu yang sering gagal. Menurut saya sih nggak semua barang enak dibeli online, kecuali yang dah biasa kita beli. Baju, tas dan sepatu lebih puad beli offline, bisa megang barangnya, lihat bahannya sekalian dicoba.

    Balas
  5. Noted tipsnya nih Mbak. Apalagi yang nomor 5, memang kita harus kuat menahan godaan ya dan bener banget nih saat puasa jiga dituntut untuk bisa lebih menahan diri dalam mengikuti hawa nafsu, bukan cuma nafsu makan dan minum saja tapi dalam hal berbelanja juga

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.