Cek Penyebab dan Cara Mengobati Lidah Gatal di SehatQ

cara mengobati gejala lidah gatal

Ada berbagai cara mengobati lidah gatal karena makan sesuatu maupun faktor lainnya. Penanganan terbaik adalah dengan mengetahui terlebih dahulu pemicunya. Sehingga jika ada alergi misalnya bisa kita cegah lebih awal agar gejala lidah gatal tidak mengganggu. 

Penyebab Lidah Gatal 

Bisa dibilang aku paling hati-hati sebelum makan buah nanas karena sering mengalami lidah gatal. Ternyata dalam nanas terdapat enzim bromelain yang sedang memecah protein di mulut. Sehingga rasa gatal hanya terjadi di lidah saja. 

Dari kejadian tersebut aku mencoba cara dengan membaluri nanas yang baru dikupas dengan garam dapur. Rasanya memang ada asin-asinnya. Akan tetapi rasa manis nanas tetap terasa dan terpenting tidak mengalami gejala lidah gatal. 

Selain nanas, lidah gatal saat makan ikan asin juga pernah aku alami. Ternyata penyebab lidah gatal tidak hanya disebabkan oleh makanan saja. Ada juga faktor lain yang menjadi penyebab ujung lidah terasa gatal karena alergi obat-obatan. 

Tidak hanya itu, saat aku cek direktori penyakit SehatQ bakteri dan kuman juga dapat mempengaruhi penyebab lidah menjadi gatal. Bahkan alergi parah yang mengakibatkan anafilaksis bisa membuat lidah menjadi gatal. 

Lidah gatal biasanya hanya sementara, namun tetap membuat tidak nyaman. Nah, kalo kamu mengalami gejala tersebut berikut ini cara mengobatinya. 

Cara Mudah Mengobati Lidah Gatal 

Penyebab ujung lidah terasa gatal membuat mulut merasa tidak nyaman. Bahkan terkadang muncul rasa pahit. 

1. Hindari Makanan Tertentu

Jika kamu punya pengalaman yang sama denganku saat makan nanas, maka cara mengobati lidah gatal karena makan nanas dengan berhenti mengkonsumsinya untuk sementara waktu. Biasanya rasa gatal hanya sementara saja. 

2. Konsumsi Obat Antihistamin 

Saat gatal di lidah tak kunjung hilang bisa konsumsi obat dari jenis antihistamin yaitu loratadine. Akan tetapi jika gejala semakin parah segera konsultasikan dengan dokter. 

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Saat lidah terasa gatal maka bisa atasi dengan asupan vitamin, protein dan mineral yang cukup. Hal ini karena kekurangan vitamin B12. 

4. Minum Air Putih Sesuai Takaran Per Harinya 

Minum air putih yang tepat adalah 8 gelas setiap harinya. Seperti yang sudah aku tuliskan di atas asupan mineral juga penting, lho. So, saat asupan mineral terpenuhi maka gejala lidah gatal bisa kita hindari. 

5. Gunakan Gel Anti Jamur 

Jika lidah terasa gatal disebabkan oleh jamur, maka bisa menggunakan gel anti jamur dan jangan lupa untuk rutin sikat gigi. Mulut yang kotor menjadi sarang terbaik bakteri dan jamur. 

Penutup 

Jika mengalami gejala lidah gatal segera cek penyebabnya agar dapat diatasi dengan tepat. Serta, saat kondisi menjadi buruk konsultasi dengan dokter adalah cara tepat mengobati lidah gatal. 

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.