5 Faktor Penyebab Alergi dan Cara Mengobatinya

Tomoyo Rin

Updated on:

faktor penyebab alergi

Banyak faktor penyebab alergi yang harus kamu waspadai. Dari gejala ringan hingga berat, seperti mengalami syok anafilaktik. Bahkan setiap orang memiliki riwayat alergi yang berbeda-beda.

Misalnya alergi karena makanan seafood, alergi dingin, atau alergi pisang yang dialami teman aku. Perlu waspada juga bahwa bisa saja penyebab alergi datang tiba-tiba. Untuk itu, sebelum mengobati alergi kenali terlebih dahulu faktor penyebabnya.

Contents

Faktor Penyebab Alergi yang Perlu Diwaspadai

Alergi disebabkan oleh senyawa alergen. Senyawa ini dapat menginduksi imunoglobulin E lewat paparan injeksi, ingesti, kontak, ataupun pernafasan. Itulah mengapa alergi dapat siapa pun dapat mengalami alergi.

Adapun faktor penyebab dan gejala alergi, yaitu:

gejala alergi pada kulit

1. Alergi Makanan

Makanan, khususnya seafood sering menyebabkan alergi pada sebagian orang. Hal ini karena adanya reaksi tidak normal pada kekebalan tubuh terhadap protein dalam seafood.

Gejala alergi makanan yang umum yaitu gatal, kulit memerah, mual, dan diare. Pada sebagian orang ada yang mengalami pembengkakan pada mulut, wajah, tenggorokan, lidah, dan mata.

2. Alergi Gigitan Serangga

Gigitan serangga dapat menyebabkan alergi dengan munculnya gejala bagian tubuh yang tersengat membengkak, melepuh, gatal, kulit kemerahan, mengalami radang, hingga iritasi. Penyebabnya yaitu asam format yang serangga suntikkan.

3. Alergi Debu atau Partikel Udara

Umumnya gejala alergi karena debu, serbuk sari bunga, dan partikel lain di udara menyebabkan gatal dan kemerahan. Namun, perlu untuk diwaspadai karena gejala alergi bisa menjadi parah yang menyebabkan hidung tersumbat hingga sesak nafas.

4. Alergi Karena Bulu Hewan

Bulu hewan yang mengandung senyawa alergen dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Umumnya ditandai dengan bersin-bersin, gatal, hingga yang paling parah yaitu mengalami sesak nafas.

5. Alergi Obat

Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan alergi yaitu penisilin, amoksisilin, antalgin, obat kemoterapi, dan obat demam atau anti inflamasi. Gejalanya tidak beda jauh dengan penyebab alergi lainnya, seperti pembengkakan sesak nafas, dan anafilaksis.

Dari faktor penyebab alergi di atas akan menimbulkan reaksi yang berbeda. Jika memang memiliki riwayat alergi karena makanan atau hal lainnya, sebaiknya selalu hindari dan atasi alergi dengan tepat.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Alergi dengan Tepat

cara mengatasi alergi dengan tepat

Untuk menghentikan gejala alergi dapat dilakukan dengan pemberian obat dan melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Hindari Makanan Penyebab Alergi

Selalu hindari makanan yang dapat memicu munculnya alergi. Caranya bisa dengan cek kemasan makanan untuk memastikan tidak ada kandungan yang dapat menyebabkan alergi.

2. Tidak Menggaruk Bagian yang Gatal

Hindari menggaruk bagian yang gatal karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada kulit. Jika memang rasa gatal penyebab alergi tidak tertahankan, bisa kompres dengan air dingin atau menggunakan cream yang dapat meredakan gatal.

3. Gunakan Salep Anti Gatal

Salep atau krim anti gatal dapat mengatasi kemerahan maupun gatal-gatal di kulit. Krim ini akan membantu menenangkan kulit dari rasa gatal maupun panas. Serta, dapat meredakan alergi dengan cepat.

4. Konsumsi Obat Alergi

Mengatasi alergi bisa dengan konsumsi obat. Akan tetapi untuk konsumsi obat sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk menghindari alergi tidak semakin parah, karena bisa saja obat yang kamu minum malah memicu alergi.

5.Atasi Pembengkakan dengan Obat Steroid

Ketika mengalami pembengkakan maupun radang akibat alergi maka bisa konsumsi obat steroid. Yang perlu dicatat yaitu tidak konsumsi obat berlebih dan harus sesuai resep dokter.

Dengan mengetahui faktor penyebab alergi di atas akan membantu kamu untuk selalu waspada. Perlu waspada juga untuk jangan menyepelekan alergi karena ketika gejala semakin parah dapat menyebabkan sesak nafas.

Oleh sebab itu, jika sedang mengalami alergi segera atasi dengan cepat dan tepat. Jika konsumsi obat sebaiknya sesuai dengan resep dokter atau jika alergi ringan dapat konsumsi obat yang aman dikonsumsi, misalnya Claritin.

Claritin adalah obat tablet yang dapat dikonsumsi setiap hari yang mengandung loratadine sehingga tidak menimbulkan rasa kantuk. Obat Claritin efektif selama 24 jam, jadi cukup konsumsi satu tablet sehari.

Obat tablet Claritin dapat meredakan pilek karena alergi, hidung gatal, bersin-bersin, dan alergi kulit. Untuk itu, kenali terlebih dahulu faktor penyebab alergi kamu dan selalu sedia Claritin agar aktivitas sehari-hari tetap berjalan normal.

20 pemikiran pada “5 Faktor Penyebab Alergi dan Cara Mengobatinya”

  1. kita perlu banget tahu apa penyebab alergi yang dihadapi dan harus tahu menanganinya supaya ngga panik kalau misalnya alergi menyerang. Ini penting banget diketahui bagi yang sering banget terserang alergi

    Balas
  2. Penting nih untuk tau apa penyebab alergi, biar penanganannya tepat! Nama obatnya Claritin! Kalo saya malah kena debu jadi sering bersin-bersin

    Balas
  3. Nah, yang jadi PR ya cari tahu dulu penyebab alerginya. Aku termasu yang suka alergian kalo lagi dingin biasanya gatal. Oh iyaa deh nyoba Claritin ini aja, apalagi ga bikin ngantuk ya.

    Balas
  4. Wah ternyata bulu hewan menjadi penyebab alergi ya, pantesan kalau musim qurban dekat dengan domba seperti atal-gatal di kulit, dan setelah diolesi cream jadi hilang alerginya. Terima kasih pengetahuannya, kak. Jadi tambah ilmu

    Balas
  5. Istri saya termasuk yang punya alergi. Setelah terkena covid dulu, alerginya makin-makin, kata dokter karena imunnya jadi turun, jadi makanan yang dikonsumsinya memang harus hati-hati banget sih

    Balas
  6. Daku kalau udah alergi debu atau dingin bisa bersin² hehe.
    Jadinya memang kudu antisipasi dan menghindari yang menyebabkan alergi tersebut

    Balas
  7. Hal yang remeh sih tapi kalo dibiarin ya bahaya jg ya alergi itu. Mknya kita harus teliti terutama saat di luar rumah. Apalagi soal makanan. Kan ada yg ngasih campuran2 gt. Jd hrs ekstra waspada biar kita ga kena alergi yg kita takutkan.

    Balas
  8. Suamiku alergi seafood :(( suka kasian bangett padahal enak hahaha
    Pengen nyembuhin, tp ga konsisten dianya. Cara2 ini bisa dah dipake, bismillah

    Balas
  9. Kalau sepedaan pas pagi hari gitu.. sambil kena matahari sama getaran pas naik sepeda, kulitku jadi merah-merah gitu.. Itu bukan alergi kalik yaa, kak?
    Dari dulu aku bertanya-tanya, fenomena tersebut.

    Balas
  10. Aku alergi debu dan didingin.dua kondisi inibisa bikin aku batuk bahkan agak sesak nafas.

    Aku pribadi selalu memantau juga kondisi alergi anak. Biar bisa ditangani sejak dini

    Balas
  11. kebetulan aku dan suami sama-sama punya alergi. aku alergi debu dan peralihan cuaca ekstrim sementara suami alergi yang muncul karena faktor yang belum pasti. apakah dari lambung atau bronhitisnya begitu kata dokternya. belum cek lab soalnya. tapi yang pasti, setiap malam pasti gatal-gatal. lelah sih makan obat cenitrizine terus, pengennya sembuh gitu. harus konsul ke dokter di rumah sakit atau spesialis mungkin ya

    Balas
  12. kunci mencegah alergi memang menghindari pemicunya ya.. cuma zonk nya kalau kita pas gak tau apa penyebabnya, terutama buat anak-anak huhu kudu teliti banget

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.