Menghabiskan Libur Akhir Tahun di Jepang? Ke Shirakawa Go, saja!

libur akhir tahun shirakawa go

Menghabiskan libur akhir tahun di Jepang adalah mimpi yang tengah direncanakan. Ada satu tempat yang harus aku kunjungi. Tempat yang membuatku memutuskan kuliah Sastra Jepang. Di mana lokasinya menyuguhkan perpaduan antara rumah tradisional dengan alam. Tempat yang terkenal di Jepang itu sendiri hingga ke seluruh dunia, Shirakawa Go. Karenanya waktu Sacho tanya kalau ke Jepang mau ke mana, ya langsung aku jawab ingin ke salah satu Warisan Dunia UNESCO ini.

Berada di Prefektur Gifu, Shirakawa Go akan sangat indah pada saat musim fuyu. Atap rumah yang tertutup salju seperti tengah menonton film kartun. Rumah yang ada di sana merupakan rumah tua dan tradisional. Atapnya terbuat dari jerami. Sekilas mirip rumah tradisional Suku Baduy.  Oleh sebab itulah desa ini menjadi salah satu cagar budaya yang akan membuatmu betah saat menghabiskan libur akhir tahun di Jepang.

Libur Akhir Tahun di Shirakawa Go

Rumah-rumah yang dibangun oleh warga Shirakwa berkonsep Gassho-zukuri – memiliki arti tangan yang berdoa. Di mana atap rumah di desa tradisional ini berbentuk lancip. Jika memerhatikan dengan seksama memang seperti posisi tangan yang tengah berdoa. Desain atap yang berbentuk lancip ternyata sangat berguna saat turun salju. Salju akan langsung turun ke tanah, tanpa menumpuk tebal di atap.

Arsitekturnya yang unik, saat musim salju rumah-rumah di sana semakin kentara mungilnya. Maklum saja karena Shirakawa Go merupakan salah satu tempat yang paling banyak saljunya di Jepang. Juga, terkenal sebagai hutan bersalju terbesar di dunia.

Yang membuat Shirakawa Go semakin unik adalah sebuah desa yang dikelilingi oleh gunung dan bukit-bukit. Karennaya saat musim salju pemandangan di sini akan semakin indah. Melihat dari sudut mana pun ada keseimbangan antara alam dengan rumah-rumah yang berada di desa. Keindahan alamnya begitu alami. Rumah-rumah nampak cantik di musim fuyu dan tiga musim lainnya di Jepang.

shirakawa go

Wisata di Shirakwa Go

Saat di Shirakawa Go, selain menikmati pemandangan alam, sebaiknya pergi ke sebelah utara. Di sana ada daerah yang disebut dengan Ogamachi. Ada bebrapa tempat yang tidak boleh terlewatkan:

  1. Shiroyama Viewpoint, di sini tempat yang tepat untuk melihat pemandangan desa. Untuk bisa ke sini kita harus ke sebelah utara Ogamachi terlebih dahulu, dari sana dapat berjalan kaki selama 20 menit atau dengan naik bus.
  2. Rumah Wada-ke, rumah ini milik pemimpin desa yang sangat megah dan paling besar. Jangan lupa untuk mengunjungi rumah Wada-ke, ya.
  3. Rumah Kanda-ke, rumah ini merupakan museum di Ogamachi. Terletak di tengah desa, sehingga saat kamu ke bagian atas rumah akan melihat pemandangan rumah lainnya yang mengelilingi rumah Kanda ini. Jangan terlewatkan untuk tidak ke sini.
  4. Rumah Nagase-ke, dulunya rumah ini adalah milik seorang dokter. Oleh karena itu saat berkunjung ke sini, akan menemukan banyak peralatan medis. Nagase seperti rumah sakit untuk warga setempat.
  5. Shirakaw-go no yu, di sini terdapat pemandian lokal yang tidak boleh terlewatkan juga untuk dikunjungi.
  6. Kuil Myozenji, di Shirakawa juga terdapat sebuah kuil yang bersebelahan dengan rumah penjaga kuil.

Liburan Musim Dingin di Jepang

Pada akhir tahun, di Jepang sedang musim fuyu dan suhu memang sedang dingin-dinginnya. Suhu di sana dapat mencapai -2 derajat. Tapi tidak perlu khawatir untuk menghalau suhu dingin dapat melakukan tips berikut ini :

  1. Gunakaian pakaian tebal yang akan membuat tubuh tetap hangat seperti jaket khusus musim dingin.
  2. Sarung tangan,
  3. ย Kaos kaki dan sepatu musim dingin.
  4. ย Penutup kepala seperti kerudung atau topi rajut.
  5. Celana polar agar kaki juga tetap dingin. Karena ilmu yang aku dapat dari anak-anak mapala adalah bagian telapak kaki, tangan, dan kepala paling retan merasakan dinginnya suhu.
  6. Heat Charger, ini akan membantu tetap hangat di cuaca dingin selama beberapa jam, ada produk yang dapat bertahan hingga 10 jam. Bisa letakan pada saku jaket atau simpan di dalam sepatu.
  7. Syal
  8. Obat-obatan pribadi. Ini wajib ya, jangan sampai lupa. Karena lebih baik sedia paying sebelum hujan.

Jangan lupa untuk menyediakan perlengkapan musim dingin di atas, ya. Agar liburan tetap nyaman walau diterjang suhu sedingin apapun.

Btw, buatku, Shirakawa-Go salah satu destinasi terbaik untuk menghabiskan libur akhir tahun di Jepang. Kalau kamu, ada rekomendasi tempat lainnya untuk liburan akhir tahun?

_____________________

Sumber : fun-japan.jp

Postingan Ini Diikutsertakan Dalam One Day One Post Bersama Estrilook Community

Previous Post Next Post

65 Comments

  1. Reply B Oktober 25, 2018 at 08:03

    Mupeng ke Jepang deh. sepupuku masih stay work di sana

    • Reply Erin F Oktober 25, 2018 at 11:03

      Sama mba. Aku juga belum kesampaian nih.

  2. Reply Haeriah Oktober 25, 2018 at 09:08

    Wow, Jepang. Destinasi impian banyak orang. Saya suka banget baca-baca pengalaman traveling dan dalam hati berharap agar suatu saat bisa ke sana. Semoga bisa ke jepang juga dan mengunjungi Shirakawa Go juga.

    • Reply Erin F Oktober 25, 2018 at 11:04

      Amin mba. Aku pun.

  3. Reply Risma Mualifa Oktober 25, 2018 at 11:59

    semoga ya, semoga suatu saat bisa ke Jepang

  4. Reply Kanianingsih Oktober 25, 2018 at 12:34

    Duh, kapan ya kesampaian ke Jepang. Kemarin2 baca di Halo Jepang, Jepang udah mulai menggiatkan wisata halal buat wisatawan muslim. nice!

    • Reply Erin F Oktober 25, 2018 at 16:40

      Betul mba, sekarang mau liburan ke Jepang tidak perlu khawatir untuk muslim.

  5. Reply Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Oktober 25, 2018 at 17:55

    Liburan ke Jepang jadi salah satu keinginanku juga, kadang suka mupeng lihat beberapa teman yang liburan ke Jepang. Tapi apa beh buat, suamiku masih susah cuti yang agak.panjang jadi disimpen dulu rasa penasarannya.

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 05:54

      Hehe… di tahan dulu ya, mba. Sampai suami dapat cuti.

  6. Reply sulis ummu omar Oktober 25, 2018 at 18:03

    Jepang…. tunggu aku.

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:01

      hehe…ditunggu mba.

  7. Reply Sary Melati Oktober 25, 2018 at 18:58

    Fotonya aja udah bagus banget, kebayang aslinya. Semoga suatu hari bisa ke sana …

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:02

      aminn… mba. DI sana memang keren.

  8. Reply Lina W. Sasmita Oktober 25, 2018 at 21:44

    Sering banget lihat foto-foto Shirakawa Go ini di kalender-kalender di tempat kerja. Indah banget di sana, cuma bisa memandangnya doang sih sekarang-sekarang ini. Semoga tahun depan bisa ke sana.

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:03

      amin… mba. Semoga tercapai untuk menikmati indahnya Desa Shirakawa

  9. Reply Farida Oktober 25, 2018 at 23:11

    Wow, bikin mupeng aja deh. Bayanginnya pasti dingin banget ya

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:04

      Pasti mba karena di sana Saljunya paling banyak turun di Jepang.

  10. Reply Ruli retno Oktober 25, 2018 at 23:42

    Jepang memang tidak ada habisnya untuk di explore ya. Yang satu ini termasuk yang sangat menarik, semoga nanti bisa kesana pas musim dingin juga jadi ikut merasakan pake baju musim dingin hehehe

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:04

      Amin.. mba. Wisata Jepang memang unik dari yang tradisional hingga modern. Sama lah kaya Indonesia. ๐Ÿ˜€

  11. Reply Ety Abdoel Oktober 26, 2018 at 04:25

    Jepang salah satu favorit saya. Budaya masih amat kental. Shirakawa Go termasuk yang menarik buat saya. Pengon nheradai tinggal di rumah adat mereka.

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:05

      Iyah mba, walau negara maju budayanya tetap masih kental.

  12. Reply Mollyta Oktober 26, 2018 at 08:53

    Jepang terus memanggil-manggil dan aku belum nyampe ke sana, Mba. Pingin banget, asli! Apalagi destinasi kayak Shirakawa Go begini yang pas kalau dikunjungi pas musim dingin. Tapi aku rada kapok siy sama dinginnya winter. Udah pernah winter di Turki…. hiiiiii dingin banget!

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:06

      di musim biasanya juga asyik kok mba kalau tidak tahan cuaca dingin. Shirakawa Go di musim lainnya tidak kalah indahnya dengan musim dingin.

  13. Reply Hidayah Sulistyowati Oktober 26, 2018 at 09:21

    Jaket dan celana polar udah ada, tinggal siapin budget aja yang maksimal, hahahaa. Jepang emang kece ya pemandangannya. Iparku sekeluarga abis pulang dari Jepang nemeni anak sulungnya wisuda. Oleh2nya nggak hanya kaos, tapi juga foto2 yang kece. Kan aku jadi mupeng ke Jepang

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:07

      Yes, mba. Hayu berangkat… hehe Biar bisa pamer foto2 juga ke iparnya.

  14. Reply Tian lustiana Oktober 26, 2018 at 09:24

    Jadi mupeng pengen ke Jepang, duh harus banyak berdoa dan nabung nih biar bisa ke Jepang.

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:07

      Hayu… mba nabung.

  15. Reply Ophi Ziadah Oktober 26, 2018 at 09:59

    awal tahun lalu ke sana, sayangnya saljunya sudah cair
    kebayang syahdunya saat sedang dilingkupi salju

    • Reply Erin F Oktober 28, 2018 at 06:08

      Hehe…. kurang greget ya, mba karena saljunya sudah cair.

  16. Reply Wiwid Nurwidayati Oktober 26, 2018 at 12:48

    Ya Alloh, bagus banget…
    Kapan bisa ke sana?
    Berapa budgetnya kira-kira?

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:20

      Coba cek di His Travel mba.

  17. Reply Nia K. Haryanto Oktober 26, 2018 at 14:31

    Wuidih iya, pemandangannya cakep-cakep banget, ya. Semoga kesampaian bisa nginjekin kaki di Jepang. ๐Ÿ™‚

  18. Reply Ida Raihan Oktober 26, 2018 at 16:13

    Jepang, salah satu kota impian yang belum kesampaian untuk dikunjungi.

  19. Reply Fanny F Nila Oktober 26, 2018 at 16:16

    Thn lalu aku ke jepang, tp gagal ke shirakawa krn keabisan tiket bus. Thn depan akhir january bakal ke jepang lg dan kali ini aku bakal beli online tiket busnya ๐Ÿ™‚ . Hrs bisa kesana. Kalo bisapun mau sekalian ke Gokayama juga ๐Ÿ™‚ .

  20. Reply Dewi Mae Oktober 26, 2018 at 18:51

    Bikin mupeng. Jadi pengen traveling ke jepang.

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:21

      Hayu.. mba traveling bareng.

  21. Reply Witri Prasetyo Aji Oktober 26, 2018 at 19:58

    Rumahnya unik,,aku jadi penasaran pengen ke sana…

  22. Reply Sofia Yuliani Oktober 26, 2018 at 20:20

    Waaah, kereeen. Smg suatu saat nanti bisa sampai Jepang. Siip mbak…

  23. Reply Dedew Oktober 26, 2018 at 22:47

    Ah cantik banget, semoga ada rezeki bisa ke Jepang dan negara lainnya aamiin

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:21

      amin mba…. keliling dunia impian banget ya, mba.

  24. Reply Dedew Oktober 26, 2018 at 22:49

    Ah negara impiankuuu

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:21

      Yuk, jalan-jalan ke jepang mba.

  25. Reply Lia Yuliani Oktober 27, 2018 at 00:29

    Semoga bisa ke sana suatu saat nanti. Aamiin.

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:22

      Amin… semoga disegerakan mba.

  26. Reply Ayaa cahayatheprinces Oktober 27, 2018 at 01:21

    Wah postingan Mbak Erin bikin inget wishlist yang belum kesampean nih. Jepang memang punya daya tarik tersendiri buat dikunjungi ya. Aku juga tertarik sama budaya2 disana. Dapet cerita temen yang sekolah disana kalo budaya disana kental banget. Moga bisa kesana suatu saat *aamiin*

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:22

      Amin mba.. silahkan masukan di wishlist. Jepang memang budayanya sangat dijaga.

  27. Reply Helena Oktober 27, 2018 at 04:40

    Ini pedesaan, kah? Seperti dalam dongeng.
    Keren deh budaya dan daerah di Jepang begini pariwisatanya maju.

  28. Reply indah Juli Oktober 27, 2018 at 05:29

    Salah satu negara di luar negeri yang pengen dikunjungi sama anak-anak adalah Jepang. Liburan impian lah.
    Jadi tambah deh referensi jika suatu saat berkunjung ke Jepang ๐Ÿ™‚

  29. Reply Siti hairul Oktober 27, 2018 at 05:32

    Belum pernah ke Jepang. Mupeng sama bunga sakuranya sebenernya sih kalo aku. Ikonik banget itu bunga

  30. Reply April Hamsa Oktober 27, 2018 at 07:18

    Wah destinasi yg kuimpikan juga.
    Emang adem banget di sana, jd sebagai org tropis persiapannya kudu betul2 banyak ya mbak ๐Ÿ˜€

  31. Reply Ayu Fitri Septina Oktober 27, 2018 at 11:53

    Harus ke sana suatu hari! Thanks infonya, Mbak ๐Ÿ™‚

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:24

      sama2 mba. Amin.. semoga terwujud ya.

  32. Reply Lelly Fitriana Oktober 27, 2018 at 19:11

    Jadi pengen ke Jepang deh.

  33. Reply Sandi Oktober 27, 2018 at 20:06

    waaaaah…. belum pernah nih

  34. Reply Antung apriana Oktober 28, 2018 at 05:06

    Pas baca atapnya seperti posisi berdoa saya pikir seperti berdoa orang islam eh baru ngeh maksudnya berdoa orang jepang. Heu

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:25

      Hehe… iyah mba berdoa orang Jepang seperti agama Budha gitu.

  35. Reply herva yulyanti Oktober 28, 2018 at 06:35

    Shirakawa Go termasuk yang menarik buat aku nih mba. semoga bisa kesana nih bareng keluarga

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:15

      Liburan dengan keluarga tambah asyik nih mba.

  36. Reply Muyassaroh Oktober 28, 2018 at 20:42

    Saya belum pernah ke Jepang. Ada saudara di sana yang sering cerita dan bikin mupeng ๐Ÿ˜€

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:19

      yuk, nyusul mba. ๐Ÿ˜€

  37. Reply miyosi Oktober 28, 2018 at 22:17

    Noted
    Salah satu negara impian y jepang
    Moga2 nanti bisa ke sana

    • Reply Erin F Oktober 29, 2018 at 06:19

      Amin mba, semoga terwujud.

  38. Reply Maria Soraya Oktober 30, 2018 at 00:12

    Tetangga sebelahku pas lulus SMP pindah ke Jepang karena Bapaknya (Deplu) sempat tugas di sana. Begitu bapaknya pulang, anaknya tetap betah sampai sekarang udah kerja dan menikah.

    Yg bikin pangling, mukanya setahun setelah tinggal di Jepang jadi glowing. Katanya, karena makanannya sehat2 hehe.

    Jamannya masih sekolah, aku suka sama hal2 berbau Jepang, termasuk cowok2nya yg wajahnya neduhin hati *eaaa

    • Reply Erin F Oktober 30, 2018 at 07:50

      Teman-temanku mba, yang kerja di Jepang pada glowing wajahnya.
      Makanannya memang sehat karena menunya seimbang.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.